Creativepreneur and Career

6 Cara Terbaik Untuk Kamu yang Ingin Memulai Karier Sebagai Jurnalis!

6 Cara Terbaik Untuk Kamu yang Ingin Memulai Karier Sebagai Jurnalis!

Memulai karier sebagai jurnalis tentunya sangat menarik, hal ini dikatakan bahwa seorang jurnalis itu langsung terjun ke lapangan untuk memaparkan sebuah peristiwa terkini. Bagi orang orang yang memiliki jiwa petualang, penulis dan suka membaca, bidang jurnalistik ini sangat cocok untuk mereka.

Pekerjaan sebagai Jurnalis ini tidak hanya menuntut untuk tampil menarik di depan kamera, tetapi juga harus bertanggung jawab atas tulisan, memastikan fakta – fakta yang ada itu benar, dan membina hubungan baik dengan orang – orang di sekitarnya.

Ketika mendengar kata “Jurnalis”, hal yang akan muncul pertama di benak kita adalah Najwa Shihab, Jeremy Teti dan Pangeran Siahaan. Mereka semua adalah Jurnalis besar yang memiliki reputasi yang baik di Indonesia saat ini.

Ketiga nama tersebut berhasil mencapai posisi karier yang gemilang dan sukses tentu bukan tanpa proses, ada berbagai macam faktor dan hal yang mereka sudah jalani dan pelajari selama bertahun – tahun. Nah untuk kalian yang ingin mengikuti jejak mereka, ada 7 cara terbaik yang harus kamu lakukan dengan konsisten! Berikut penjelasan untuk memulai karier sebagai jurnalis.

1. Mengasah Keterampilan Menulis

Mengasah Keterampilan Menulis

Sumber Gambar : Unsplash.com

Ini adalah keterampilan yang wajib dimiki oleh seorang jurnalis. Sebab pekerjaan utama seorang jurnalis yaitu menulis artikel berita. Memang menulis itu bisa dilakukan semua orang dengan mudah, yang membedakannya adalah apakah hasil tulisan tersebut berkualitas atau tidak.

Keterampilan Menulis ini dapat diasah dengan menuliskan hal – hal yang kamu sukai atau menjelaskan kejadian unik dan menarik di sekitar. Kemudian hasil tulisan kamu bisa publikasikan di blog pribadi atau kirimkan tulisanmu ke media – media besar seperti Kreativv Id dan semacamnya. Dengan cara tersebut, selain mengasah skill , kamu dapat melatih rasa percaya diri.

2. Banyak Membaca

Banyak Membaca

Sumber Gambar : Unsplash.com

Seorang Jurnalis perlu untuk melakukan reportase dan riset di berbagai bidang. Untuk itu sebelum terjun di bidang Jurnalistik ini kamu perlu membekali diri dengan berbagai wawasan yang luas.
Cara termudah untuk memperluas wawasan yang luas yaitu dengan membaca buku atau artikel terkait penulisan jurnalistik. Dengan membaca, kamu akan mendapatkan ilmu baru dan membantu dalam memahami tata cara penulisan jurnalistik.

3. Belajar Mewancarai Orang Lain

Belajar Mewawancarai Orang Lain

Sumber Gambar : Unsplash.com

Wawancara terhadap narasumber merupakan salah satu tugas utama bagi seorang Jurnalis. Tentunya kamu harus melatih kemampuan bertanya dan berpikir kritis. Cara untuk mempelajarinya yaitu dengan memperhatikan wawancara dari jurnalis terkenal dalam melakukan wawancara.

4. Membangun Networking Luas

Memulai karier sebagai jurnalis

Sumber Gambar : Unsplash.com

Salah satu bagian terbesar untuk seorang yang ingin berkarier masuk ke industri apapun adalah mengetahui orang yang tepat dan profesional. Untuk itu, mulailah bangun jejaring dengan para penulis, reporter, editor, dan orang – orang yang bekerja di dunia jurnalistik.

Cara membangun networking luas yang paling mudah yaitu dengan mengikuti sosial medianya. Bisa juga dengan cara menghubungi wartawan atau reporter dengan mengajak mereka untuk berdiskusi atau mengobrol, kemudian jika kamu mendapatkan kesempatan tersebut kamu bertanya tentang hal hal yang ingin kamu ketahui tentang pekerjaannya. Dan beri tahu tujuan kariermu dalam bidang jurnalistik. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan serangkaian tips dari seorang wartawan atau reporter.

5. Membangun Portofolio

Memulai karier sebagai jurnalis

Sumber Gambar : Unsplash.com

Mulai membangun portofolio diri baik secara digital dalam bentuk artikel yang pernah ditulis dan wawancara yang sudah pernah dilakukan. Contohnya menjadi Jurnalis pemula dengan menulis di sebuah blog atau platform media seperti Kreativv dan semacamnya.
Dengan melakukan hal tersebut, maka akan mudah bagi calon pemberi kerja untuk mengetahui kredibilitas kamu sebagai Jurnalis.

6. Mencoba Magang Dibidang Jurnalistik

Memulai karier sebagai jurnalis

Sumber Gambar : Unsplash.com

Cara yang satu ini adalah langkah yang paling efektif dalam melatih kemampuan dan membantu membentuk networking untuk kamu. Cobalah magang di perusahaan media, surat kabar atau majalah untuk mendapatkan pengalaman lebih sebagai Jurnalis.

Dengan cara tersebut, kamu bisa melihat langsung bagaimana orang – orang yang bekerja dibidang jurnalistik. Memang magang hanya memberikan sedikit keuntungan untukmu, Namun di luar hal itu ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan selama Magang.

Itulah 6 Cara terbaik untuk memulai karier sebagai seorang Jurnalis. Pekerjaan ini memang profesi yang menarik dan banyak sekali tantangannya. Bagi kamu yang berminat menjadi Jurnalis, pastikan untuk terus berlatih dan belajar ya GenK!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Membuat Portofolio Desain Interior yang Menarik

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis, Pahami Dulu Perbedaan Paten, Merek dan Hak Cipta

Creativepreneur and Career

6 Point Penentu Keberhasilan Bisnis Kuliner Yang Wajib Dioptimalkan!

Creativepreneur and Career

Manfaat Optimasi E-Commerce Buat Jangka Panjang Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *