Seni Rupa & Desain

6 Ide Bunk Bed Untuk Kamar Tidur

Kamar tidur merupakan salah satu area yang berhubungan erat dengan penggunanya. Tidak hanya untuk beristirahat, banyak yang menggunakan kamar tidur untuk kegiatan lain. Misalnya kamar tidur dengan meja belajar atau meja kerja, area santai di dekat jendela, hingga area bermain untuk kamar anak-anak. Salah satu jenis tempat tidur adalah Bunk bed.

Bunk bed adalah tempat tidur susun yang memungkinkan untuk ditempati oleh dua atau lebih tempat tidur.  Bunk bed (tempat tidur bertingkat/susun) memiliki banyak jenis dengan fungsi menghemat ruang atau menambah kapasitas pengguna dalam satu kamar tidur. Penggunaan bunk bed di kamar tidur dapat membantu membuat area kamar menjadi lebih besar dan dapat digunakan untuk hal lainnya.

Dalam artikel ini ada 6 ide bunk bed yang unik dan menarik untuk diterapkan di kamar tidur anda! Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

1. Bunk Bed 1 Tingkat

Sumber Gambar : Pinterest.com

Bunk bed jenis ini menempatkan kasur di area atas (tingkat 2) dan memanfaatkan area bawah untuk kegiatan lain. Selain menghemat tempat, bunk bed untuk satu orang ini dapat memberikan area tambahan untuk penggunaannya. Space dibawah bunk bed dapat dijadikan area belajar, area santai, hingga tempat penyimpanan seperti lemari. Jika memiliki ukuran kamar yang kecil namun ingin tetap memiliki space untuk area lain, desain bunk bed seperti ini sangat cocok untuk digunakan.

2. Bunk Bed dengan Area Penyimpanan

Sumber Gambar : Pinterest.com

Kamar anda sempit dan tidak memiliki space untuk penyimpanan? Bunk bed seperti ini dapat menjadi solusi. Bunk bed ini memiliki area penyimpanan berupa laci di bagian bawah kasur dan tangga.

Jika akan digunakan pada kamar anak-anak, sebaiknya perhatikan ketinggian dan lebar anak tangga agar nyaman digunakan. Tak hanya menarik, penggunaan bunk bed seperti ini lebih menarik secara visual karena penataannya tidak kaku, dapat ditempati oleh 2-3 orang dan dapat menambah kesan homey di kamar tidur anda.

3. Bunk Bed dengan Lemari

Sumber Gambar : Pinterest.com

Desain bunk bed yang satu ini menggabungkan lemari dan bunk bed 2 tingkat dan cukup efisien untuk menghasilkan suasana ruang yang lebih bersih namun tetap unik dan tidak membosankan. Jika ingin menggunakan model bunk bed ini, disarankan untuk memperhatikan ketinggian dari bunk bed tingkat 2 dengan tinggi pengguna.

Hal ini dikarenakan jika bunk bed tingkat 2 terlalu tinggi pengguna akan kesulitan menggunakan lemari pakaian yang diatasnya. Jika menggunakan tempat tidur jenis ini untuk kamar anak dengan usia 14 tahun kebawah disarankan memiliki maksimal ketinggian 140cm (rata-rata tinggi anak 14 tahun adalah 140cm).

Selalu perhatikan tinggi pengguna sebelum membuat bunk bed jenis ini ya! Jangan lupa untuk menggunakan warna terang atau netral agar menonjolkan kesan bersih dari bunk bed ini.

4. Bunk Bed dengan Kasur Tambahan

Ide Bunk Bed

Sumber Gambar : Pinterest.com

Bunk bed yang satu ini terdiri dari 3 kasur yang disusun menjadi 1 dan dapat digunakan untuk 3-4 orang. Jika tertarik untuk menerapkan desain bunk bed seperti ini disarankan untuk memperhatikan ukuran kamar tidur terlebih dahulu.

Agar saat kasur tambahan dikeluarkan, tetap ada area sirkulasi untuk pengguna kamar tersebut. Bagian tangga juga dapat dimanfaatkan sebagai rak penyimpanan dengan memanfaatkan space di bawah anak tangga, atau bisa juga dijadikan laci-laci kecil.

5. Bunk Bed Untuk 3 Orang

Ide Bunk Bed

Sumber Gambar : Pinterest.com

Jenis bunk bed seperti ini merupakan alternatif lain pengganti bunk bed dengan kasur tambahan (poin nomor 4). Pada bagian bawah terdapat laci yang dapat dimanfaatkan sebagai penyimpanan baju.

6. Bunk Bed Built In

Ide Bunk Bed

Sumber Gambar : Pinterest.com

Bunk bed built in merupakan bunk bed yang letaknya paten atau tidak dapat dipindahkan lagi karena di desain menyatu dengan dinding ruangan. Desain bunk bed seperti ini cocok digunakan di kamar tidur hingga penginapan untuk 4 orang.

Dapat lebih menghemat ruang, namun tetap memiliki area privasi untuk penggunanya. Terdapat laci yang cukup besar dibawah kasur dan dapat dimanfaatkan sebagai penyimpanan baju ataupun barang lainnya.

Nah itu dia 6 ide bunk bed yang dapat diterapkan di kamar tidur.. Semoga artikel ini membantu anda menambah referensi dalam memilih jenis bunk bed yaa!!

Jangan lupa sebelum memutuskan ingin menggunakan desain bunk bed yang mana, sebaiknya perhatikan kembali kebutuhan pengguna dan fungsi yang diinginkan..!

Penulis: Tresiyani Mettasari (Mahasiswa Interior, UKP)
About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ide Konten Digital Marketing Untuk Promosi Media Sosial Perusahaan Desain Interior

Seni Rupa & Desain

Beberapa Peluang Usaha dari Pemanfaatan Limbah Kayu Sisa Industri

Seni Rupa & Desain

Inovasi Produk Daur Ulang Plastik, Penting Gak sih?

Seni Rupa & Desain

Penerapan Coastal Style Pada Hunian

Leave a Reply

Your email address will not be published.