Creativepreneur and Career

6 Ide Green Business yang jadi Tren Tahun 2022, Coba Yuk!

Akhir-akhir ini masyarakat luas semakin peduli pada kelestarian lingkungan. Untuk menggaet target pasar seperti mereka atau menarik calon konsumen yang mulai care pada lingkungan hidup, eco-friendly business patinya butuh satu strategi khusus untuk mengurangi jejak karbon demi terciptanya lingkungan yang lebih sehat bagi anak-cucu kita, Genks. Gimana caranya? Kalau kamu tertarik memulai bisnis, tapi ragu harus mengawali dari mana, coba deh, ide green business yang diperkirakan akan populer tahun 2022 berikut ini, yuk!

#1: Jualan Menu-Menu Makanan Organik

Sumber Gambar : justenergy.com

Permintaan pasar akan makanan sehat yang dibuat dari bahan-bahan organik terus mengalami kenaikan. Alasannya karena produk organik nggak mengandung bahan kimia berbahaya yang merusak tanah. Produk lokal juga membantu mengurangi jejak karbon bisnismu, GenKs.

Sedangkan makanan vegan atau menu khusus untuk kaum vegetarian menghasilkan lebih sedikit polusi dan bisa membantu mengurangi dampak buruk bagi lingkungan ketimbang kalau kamu mengolah produk daging-dagingan.

#2: Buka Usaha Produk Organik Handmade Buatan Sendiri

Sumber Gambar : timeout.com

Untuk kamu yang demen bikin-bikin produk kecantikan sendiri, memulai bisnis kecantikan alami bisa menjadi ide bagus, nih. Kamu bisa menjual segala sesuatu, mulai dari makeup atau soy candles hingga essential oils yang kamu buat sendiri, guys.

Pastikan kamu mengklaim produk buatanmu itu organik, ya?

#3: Coba Ikut Jualan di Pasar Lokal di Daerah Kamu

Sumber Gambar : dailybruin.com

Pasar lokal, seperti pasar minggu atau membuka lapak di CFD di kotamu, bisa menjadi tempat yang tepat untuk berinteraksi dengan calon pelanggan baru. Dan ini mengubah hobimu ini menjadi pekerjaan sampingan yang menjanjikan atau bukan nggak mungkin jadi sumber penghasilanmu seterusnya, guys.

Coba pertimbangkan untuk mendaftarkan tokomu ke pasar di mana nggak ada orang lain yang menjual produk sama seperti yang kamu jual. Misalnya, kalau kamu adalah pengrajin anting-anting clay polymer, orang lain yang punya bisnis serupa tapi lebih mapan bisa mengambil alih target pasarmu.

#4: Daur Ulang Furnitur Bekas untuk Dijual Kembali

Green Business

Sumber Gambar : ironmountaindailynews.com

Upcycling sepertinya sudah menjadi bagian dari hidup kaum urban yang semakin mencintai lingkungan hidup, nih, GenKs. Ini adalah cara kreatif untuk mengubah furnitur lama dan usang yang udah nggak punya daya tarik lagi menjadi produk yang bisa dijual kembali.

Dengan melakukannya kamu sudah membantu mengurangi jumlah sampah gara-gara furnitur bekas yang nggak terpakai lagi. Kamu bisa memulai dengan memoles perabot yang terbengkalai sesuai dengan gaya pribadimu. Seiring waktu skill-mu akan meningkat untuk kemudian menghasilkan keuntungan dari jualan perabot daur ulang.

#5: Buka Butik Fashion dan Pakaian yang Eco-Friendly

Green Business

Sumber Gambar : retailconsumerproductslaw.com

Apa kamu ingin memulai bisnis pakaian eco-friendly, agar kamu bisa memproduksi barang-barang unik berkualitas tinggi yang nggak cuma kece dipakai tapi juga memberi manfaat besar bagi keberlangsungan planet ini? Bisnis fashion seperti ini lagi booming banget lho di kalangan masyarakat kekinian.

Kamu hanya perlu fokus pada sumber bahan daur ulangmu. Selain itu, jangan lupa memastikan produksimu menerapkan praktik manufaktur yang bisa membantumu mengurangi jejak karbon.

#6: Menjual Filter dan Penjernih Air

Green Business

Sumber Gambar : toiimg.com

Alat pemurni air bisa membuat air minum dari air yang sebelumnya terkontaminasi, sehingga aman untuk dikonsumsi. Nah, kalau tertarik bekerja di bisnis penyaringan air, ada beberapa ide green business yang bisa kamu jalani.

Kamu bisa mengembangkan produk rumah tanggamu sendiri, menjadi dealer produk untuk perusahaan penyaringan air yang sudah besar dan terkenal di kotamu, atau melakukan proses pemurnian air agar air bersih hasil pemurniannya dapat dijual ke distributor.

Well, sebenarnya ada cukup banyak ide green business yang bisa kamu terapkan untuk ladang bisnis yang lebih menjanjikan, lho, GenKs. Tapi selama kamu punya ide-ide bisnis menarik yang ramah lingkungan, jangan ragu untuk memulai, ya.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Membuat Portofolio Desain Interior yang Menarik

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis, Pahami Dulu Perbedaan Paten, Merek dan Hak Cipta

Creativepreneur and Career

6 Point Penentu Keberhasilan Bisnis Kuliner Yang Wajib Dioptimalkan!

Creativepreneur and Career

Manfaat Optimasi E-Commerce Buat Jangka Panjang Bisnis Online