GenK LIFE

6 Kesalahan Merawat Kulit yang Bisa Menyebabkan Jerawat. Ini Tips Jitu Mengatasinya!

Kesalahan Merawat Kulit

Siapa sih yang gak pengen punya kulit bersih dan sehat? Semua orang pasti pengen dong, termasuk kamu. Seperti yang kita tau, kulit merupakan organ terluar tubuh manusia. Sudah seharusnya buat kita untuk menjaga kesehatannya. Namun, tanpa kita sadari upaya-upaya dalam merawat kesehatan kulit ini terkadang malah gak sesuai harapan. Fatalnya, upaya ini justru bisa menyebabkan munculnya jerawat. Nah, makanya kamu perlu tau 6 kesalahan merawat kulit berikut biar bisa menghindarinya.

Kesalahan dalam Merawat Kulit

1. Terlalu Sering Mencuci Muka

Mencuci muka jadi kunci utama dalam menjaga kebersihan kulit. Tapi perlu hati-hati, GenK! Mencuci muka pakai sabun terlalu sering ternyata bisa membuat kulit kamu jadi kering loh. Gak cuma itu, kandungan kimia dalam sabun juga bisa membunuh bakteri baik yang melindungi kulit. Hal ini bisa membuat bakteri penyebab jerawat lebih mudah menginfeksi kulit kamu.

2. Mencuci Muka Pakai Air Panas

Pernah cuci muka pakai air panas? Ternyata banyak yang menganggap kalau mencuci muka pakai air panas bisa membersihkan pori-pori sampai ke dalam loh. Faktanya, hal ini malah bisa membuat kulit kamu jadi kering bahkan sampai iritasi dan berjerawat.

3. Menggosok Kulit Terlalu Kencang

Apapun jenis kulitmu, jangan pernah menggosok kulit sampai rasanya ketarik! Alih-alih menjadi bersih GenK, menggosok kulit terlalu kencang bisa mengurangi elastisitas kulitmu loh. Hal ini menjadi salah satu faktor penyebab jerawat.

4. Memakai Make Up saat Olahraga

Beberapa produk kosmetik dipercaya bisa menutup pori-pori kulit. Ini bisa kamu anggap hal yang menggembirakan karena bisa bantu kamu menyamarkan pori-pori. Tapi hal ini juga bisa berdampak buruk saat kamu melakukan aktivitas fisik. Bayangkan saja saat kamu berolahraga, pori-pori kamu tertutup make up dan keringat gak bisa keluar. Nah, udah bisa ketebak kan? Pori-pori yang kesumbat ini bisa menyebabkan jerawat.

5. Tidak Memakai Pelembab

Tau gak sih? Kondisi kulit berminyak ternyata masih perlu menggunakan pelembab loh. Karena pelembab berfungsi buat menjaga kelembaban kulit dan berguna untuk melindungi kulit dari radikal bebas.

6. Salah Pilih Produk Skincare

Pakai produk skincare yang salah itu fatal banget, GenK. Terkadang kamu pengen ikut-ikutan pakai skincare yang digunakan orang lain padahal kondisi kulit kamu berbeda. Alhasil kulit kamu jadi berjerawat.

Gak merawat kulit bikin pusing, salah merawat kulit malah tambah pusing. Rasanya kayak serba salah gak sih? Tapi kamu tenang aja, GenK! Berikut ini tips-tips buat menjaga kulit kamu biar tetap bersih dan tetap sehat. Tentunya bisa bikin kamu lebih aware sama kesehatan kulit.

Tips Merawat Kulit agar Tetap Sehat

1. Kurangi Menyentuh Wajah

Tanpa disadari kebiasaan menyentuh wajah jadi hal yang sering banget terjadi. Padahal ini bisa menyebabkan jerawat loh. Pasalnya, tangan yang terlihat bersih bisa saja membawa kuman dan bakteri yang bikin infeksi. Jadi, selalu cuci tangan dulu ya sebelum menyentuh wajah!

2. Perbaiki Pola Makan dan Minum

Untuk menjaga kesehatan kulit kamu bisa mengupayakan pola hidup sehat. Seperti mengonsumsi makanan bernutrisi yang baik buat kulit kayak vitamin C dan E. Gak hanya itu, kamu harus banyak minum air secara rutin dan pastikan kebutuhan air dalam tubuh tercukupi karena hal ini bisa menaikkan kelembaban kulit kamu loh.

3. Lindungi Wajah dari Paparan Matahari

For your information nih, produksi minyak akan meningkat saat terpapar cahaya matahari berlebihan. Nah, hal ini juga bisa menyebabkan komedo dan jerawat. Jadi, pastikan kamu selalu menggunakan sunscreen setiap hari. Gak hanya saat di luar ruangan tapi juga saat di dalam ruangan. Inget ini ya!

4. Bersihkan Make Up

Saat mengantuk jangan langsung nempel molor ya GenK. Karena kamu wajib pake banget buat membersihkan make up. Make up yang masih menempel saat kamu tidur ini bahaya banget, soalnya berpotensi menyebabkan jerawat. 

5. Gunakan Produk Skincare Berbahan Alami

Kesalahan Merawat Kulit

Tips terakhir dan paling penting untuk menghindari kesalahan merawat kulit adalah dengan memastikan buat menggunakan produk skincare yang berbahan alami dan aman. Kayak Lacoco Grape Fruit Acne Fighter Serum dari Lacoco En Nature Indonesia, yang diformulasikan dari bahan alami dan bahan aktif.

Lacoco Grape Fruit Acne Fighter Serum mengandung 3% Grape Extract, 2% Niacinamide, 1% Witch Hazel, 1% Salicylic acid & 0,5% Glycolic Acid. Serum ini bisa membantu kamu mengatasi berbagai kondisi kulit loh, seperti:

  • merawat kulit yang berjerawat
  • menyamarkan bekas jerawat
  • membersihkan permukaan kulit
  • mengurangi kemerahan karena iritasi
  • menyamarkan pori-pori
  • dan menjaga elastisitas kulit.

Kesalahan Merawat Kulit

Recomended banget kan? Dalam satu botol Lacoco Grape Fruit Acne Fighter Serum bisa ngasih benefit yang segitu banyaknya. Nah, buruan rawat kulitmu biar sehat dengan Lacoco Grape Fruit Acne Fighter Serum. Kamu bisa dapetin produk ini di online store https://www.lacoco.co.id/products/. Dan jangan lupa nih buat follow instagram @lacoco.id . Cusss kepoin produk Lacoco lainnya dan dapetin promonya!

About author

Related posts
GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD