Creativepreneur and Career

6 Langkah Sukses Sebelum Membuka Cabang Usaha Baru

Cabang usaha baru

Setelah berhasil menjalankan bisni pertama, pasti kamu berkeinginan untuk ekspansi. Melebarkan sayap usaha dengan membuka cabang usaha baru. Wajar saja hanya dengan bisnis pertama sudah berkembang dengan cukup baik. Bukan hanya itu saja, kamu juga sudah memiliki sejumblah pengalaman dan juga modal dalam mewujudkan keinginan tersebut di kota lain.

Sebelum kamu membuka cabang baru di suatu wilayah atau kota, kamu tidak bisa melakukannya dengan sembarangan. Semua harus dapat diperhitungkan dengan matang dan cermat, serta didasari dengan beberapa faktor, seperti meningkatnya jumlah pelanggan, tinggi permintaan produk dalam satu kawasan, menemukan rekan bisnis terpercaya untuk membuka cabang baru, dan lain sbegainya.

Hal ini dilakukan supaya target dan tujuan membuka cabang baru bisa tercapai dan berjalan dengan lancar. Perlu kamu menghindari pengembangan bisnis yang tersendat akibat salah dalam mengelola.

Pilih lokasi cabang baru yang potensial

Sumber Gambar : atenda.id

Carlahi terlebih dahulu lokasi cabang usaha baru yang menurut kamu strategis dan juga potensial. Pastinya, hal ini memiliki prospek yang cukup bagus untuk menjual produk yang akan kamu tawarkan. Alangkah baiknya sebelum memulai usaha baru ada baiknya kamu melakukan riset atau survei kecil-kecilan, agar dapat memiliki lokasi cabang yang tepat.

Bukan hanya itu, lokasi cabang usaha baru juga jangan terlalu jauh jaraknya dengan cabang pertama. Agar dapat memudahkan kamu dalam mengawasi serta melihat perkembangan cabang bisnis baru disetiap waktu.

Rekrut tenaga Kerja yang terampil dan bertanggung jawab

Sumber Gambar : bisnis.com

Alangkah baiknya di cabang pertama, kedua, atau seterusnya, pastikan kamu bisa merekrut karyawan yang lumayan terampil dan bisa bertanggung jawab. Terampil berarti kompeten atau memiliki kemampuan untuk mengerjakan pekerjaan dalam bidangnya.

Misalnya, dalam bisnis minuman kopi kekinian. Pastikan karyawannya punya keahlian dalam bidang food and beverages, terutama kopi, seperti bagian barista, pelayan kedai, dan pekerjaan lainnya.

Jika bisnismu sudah memiliki beberapa cabang, itu artinya kamu harus bisa memilih seorang pimpinan, misalnya manajer atau supervisor sebagai orang yang dapat dipercaya dalam mengelola cabang. Pimpinan tersebut juga harus orang yang memiliki kompeten dalam bidangnya.

Siapkan Dengan Cermat Sistem Kerja Yang Jelas

Cabang usaha baru

Sumber Gambar : Bisnia.com

Kamu juga perlu menyiapkan sistem kerja yang jelas. Supaya setiap karyawan dapat memahami tugas dan tanggung jawabnya dalam menjalankan operasional usaha dalam cabang.

Misalnya, saat melayani pelanggan, aturan atau standarnya harus sopan, senyum, dan sapa. Jadi, sistem kerja ini menjadi pedoman atau panduan kerja yang memudahkan pelaksanaan tugas atau pekerjaan karyawan.

Tujuannya, agar pelaksanaan operasional cabang dapat berjalan dengan lancar, dan karyawan mendapatkan hasil kerja yang baik. Karena pekerjaan dilakukan sejalan dengan standar atau sistem kerja yang sudah dibuat.

Atur Terlebih Dahulu Strategi Bisnis Yang Baru

Cabang usaha baru

Sumber Gambar : proxsisgroup.com

Dalam membuka cabang baru dapat menjadi momen yang tepat untuk kamu dapat melakukan gebrakan bisnis, seperti saat merilis produk baru, perbaikan layanan atau lainnya. Pastikan kamu sudah mempersiapkan strategi maupun inovasi bisnis yang baru, sehingga, disaat kehadiran cabang baru dapat menjawab kebutuhan dan juga bisa memberikan kepuasan untuk semua pelanggan.

Pertahankan kualitas produk dan layanan saat kamu mulai membuka cabang usaha baru, dan pastikan tidak akan mengubah kualitas produk dan layanan nya. Misalnya bisnis kuliner, kualitas rasa makanan dan minuman yang ada di cabang tersebut harus sama dengan di cabang pertama.

Jika tidak, pelanggan kamu dipastikan akan merasa kecewa. Apalagi jika pelanggan sering makan di cabang pertama, lalu merasakan kualitas yang berbeda di cabang kedua. Ini akan menunjukkan bahwa kamu tidak bisa konsisten dalam menjaga kualitas produk.

Gunakan Teknologi Dalam Meningkatkan Pelayanan

Cabang usaha baru

Sumber Gambar : okezone.com

Saat-saat ini, jikalau kamu hanya dengan mengandalkan cara offline saja, dipastikan akan sulit bagi kamu dalam mngembangkan bisnismmu. Gunakan kecanggihan teknologi untuk mempromosikan produk yang dijual melalui media sosial, sistem penjualan lewat aplikasi pesan antar online, maupun situs belanja online atau e-commerce.

Jadi, target pasarnya akan terbilang lebih luas. Buakan hanya orang-orang dalam lingkungan sekitar lokasi cabang saja, tetapi juga merambah dari daerah lain berkat penjualan daring. Bisnis kamu pun dipstikan akan maju pesat.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Creativepreneur and Career

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Bantu Kamu Kelola Finansial Setiap Bulannya

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Datangkan Cuan yang Dapat Kamu Coba di Bulan Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published.