Creativepreneur and Career

6 Penerbit yang Menerima Naskah Penulis Pemula dari Seluruh Indonesia

GenKs, GenKs, kamu suka nulis, tapi semua cuma jadi koleksi pribadi doang tanpa ada seorang pun yang bisa menikmatinya? Apa nggak sayang karya-karyamu itu berakhir di tumpukan barang-barang di kolong ranjang yang gelap atau bahkan pojokan gudang yang penuh debu? Kenapa nggak coba peruntunganmu dengan mengirimkan hasil tulisanmu ke penerbit agar banyak orang yang tahu sehebat apa karyamu itu? Karena sebenarnya jumlah penerbit yang menerima naskah penulis pemula di Indonesia itu bejibun banget, lho, guys. Yuk, cek ulasannya di bawah!

Penerbit di Indonesia yang Bersedia Menerima Karya Penulis Pemula

Naskah Penulis Pemula

Sumber Gambar : penerbitdeepublish.com

Nah, ini dia daftar lengkap penerbit Indonesia yang mau menerima naskah penulis newbie. Apa aja?

  1. Gramedia Pustaka Utama

Sumber Gambar : promediateknologi.com

Siapa nggak kenal dengan penerbit yang satu ini? Buku-buku terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, baik fiksi maupun non fiksi, ramai banget mewarnai blantikan buku nusantara. Meski nggak gampang untuk menembus pintu seleksi Gramedia, bahkan bagi penulis ternama sekali pun, tapi bukan hal mustahil, kok. Karena nyatanya cukup banyak penulis pemula yang sukses menerbitkan karya pertamanya di Gramedia.

  1. Elex Media Komputindo

Sumber Gambar : kaorinusantara.or.id

Well, kalau Elex Media Komputindo, sih, dikenal sebagai penerbitnya buku-buku komik. Tapi penerbit yang rupanya masih saudaraan sama Gramedia ini sekarang juga nerbitin novel serta buku-buku Islami pada lini Quanta, lho. Salah satu judul novel terbitan Elex Media Komputindo adalah Sepasang Kaos Kaki Hitam (SK2H) karya Ariadi Ginting yang kisahnya sempat heboh di Kaskus. Tertarik mengirimkan karyamu di sini, GenKs?

  1. Grasindo

Sumber Gambar : sintiaastarina.com

Masih satu bagian dari Kompas Gramedia Group, Grasindo Publisher sebenarnya banyak menelurkan buku-buku pelajaran. Tapi rupanya ada banyak karya fiksi yang diterbitkan Grasindo, lho. Mulai dari K-fiction alias Korean fiction, komedi, Islami, Wattpad fiction hingga novel-novel lokal. Kalau ingin bukumu diterbitkan Grasindo, kamu bisa menghubungi mereka lewat website atau akun Twitter resminya, kok, guys.

  1. Mizan Publishing

Naskah Penulis Pemula

Sumber Gambar : mizanpublishing.com

Nggak kalah dengan Gramedia, ada satu penerbit mayor yang namanya udah terkenal banget, nih, di dunia pernovelan. Sebagai penerbit yang udah berdiri sejak 1983, Mizan Publishing punya banyak lini untuk menerbitkan berbagai naskah yang masuk ke redaksi sesuai dengan genre-nya. Karya-karya Pidi Baiq, yang berjudul Dilan Dia Dilanku (1990), Dilan Dia adalah Dilanku (1991) dan Milea Suara dari Dilan, yang diterbitkan atas kerja sama DAR Mizan bersama dengan Pastel Books.

  1. Gagas Media

Naskah Penulis Pemula

Sumber Gambar : blogspot.com

Di luar buku-buku non fiksi, penerbit Gagas Media juga menerima naskah berupa novel-novel romantis remaja maupun dewasa muda. Jadi, jangan ragu untuk mengirimkan karyamu ke penerbit lokal ini, ya. Perlu diingat, kalau mengirimkan naskah karyamu ke Gagas Media, syaratnya naskah udah rampung berbentuk jilidan rapi. Kamu akan mendengar keputusan apa karyamu diterima atau enggak dalam jangka waktu 3 – 4 bulan. Harap bersabar, ya.

  1. Bukune

Naskah Penulis Pemula

Sumber Gambar : bukune.com

Nah, kalau kamu hobi bikin tulisan berupa komedi atau kisah-kisah nyata yang berdasarkan pengalaman hidup nan kocak, langsung aja kirimin naskahmu ke penerbit Bukune. Syaratnya, tulisanmu haruslah berupa komedi yang berkualitas, menginspirasi dan nggak basi. Beberapa selebtwit dan blogger banyak yang karyanya udah diterbitkan oleh Bukune. Kamu bisa coba baca-baca buku keren dari Ferdiriva Hamzah, Roy Saputra, Agung Satriawan atau Alit Susanto.

Gimana, GenKs, nyala api semangatmu udah makin berkobar untuk menerbitkan buku karyamu sendiri? Coba, deh, hubungi penerbit yang menerima naskah penulis pemula di atas. Siapa tahu bukumu langsung jadi viral.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Mau Bikin Customer Lebih Suka Produkmu? Pakai Aja Strategi Visual Marketing

Creativepreneur and Career

3 Teknik Menyajikan Story Telling yang Apik Agar Audiens Tenggelam

Creativepreneur and Career

Strategi yang Wajib Kamu Tau, Supaya Bisnis Bisa Berkembang dan Eksis di Pasar Global!

Creativepreneur and Career

Freelance Website untuk Mahasiswa Jurusan Arsitek