Kuliner

6 Takjil Ala Korea yang Halal dan Dapat Kamu Santap di Kala Berbuka Puasa

Salah satu ciri khas yang selalu hadir dan ada di bulan Ramadan adalah takjil atau kudapan, jajan, makanan ringan yang digunakan sebagai pengganjal perut kala azan maghrib telah dikumandangkan. Kalau di Indonesia sih, kamu dapat menjumpai dan membeli makanan-makanan takjil yang tentunya halal di mana saja, tapi bagaimana dengan yang ada di negara lain? Tentunya menjadi satu hal yang cukup berat untuk mendapatkan takjil di negara yang mayoritas non-muslim, bukan? Tapi bukan berarti nggak ada lho. Di Korea Selatan sendiri ada banyak makanan ringan atau street food yang halal dan dapat dijadikan takjil ala korea saat berbuka puasa kala kamu ada di negara tersebut lho. 

Ingin tahu apa saja takjil ala korea yang dapat kamu dapatkan di Korea Selatan sebagai pengganti takjil khas Indonesia, berikut daftarnya.

Tteok-bokki

Sumber Gambar : seriouseats.com

Tteok-bokki dapat dikatakan sebagai cemilan khas Korea Selatan yang cukup populer dan dijual di banyak pedagang kaki lima di negara tersebut. Kamu nggak perlu mencarinya di supermarket atau sejenisnya, karena ada banyak penjual Tteok-bokki di gang-gang kecil di kota-kota besar di Korea Selatan. Camilan satu ini berupa koktail kue beras yang kenyal dan dipadu dengan saus gochujang serta paprika merah.

Pajeon

Sumber Gambar : cpcdn.com

Pajeon adalah makanan jalanan khas Korea Selatan lainnya yang terkenal. Makanan ini adalah penekuk yang terbuat dari adonan telur, tepung terigu serta dicampur dengan batang daun bawang yang kemudian ditaburi dengan irisan-irisan olahan berbahan dasar hewan laut, seperti udang atau cumi-cumi. Kalau kamu nggak suka makanan laut, kamu dapat memesannya secara khusus ke si penjualnya untuk ‘jerohannya’ itu diganti dengan sayur-sayuran.

Kimbap

Sumber Gambar : asianfoodnetwork.com

Bagi yang suka menonton drakor atau drama Korea, tentunya tahu akan makanan khas Korea Selatan satu ini. Ya, Kimbap juga halal dan dapat kamu jadikan sebagai takjil saat waktu berbuka puasa tiba. Bentuk dan bagian dalamnya mirip dengan makanan khas Jepang, sushi.

Pembuatnya akan menggulung nasi ketan yang sudah dicampur dengan acar, makanan berbahan dasar hewan laut, tahu sampai dengan daging di atas lapisan rumput laut yang sudah kering. Kemudian Kimbap ini akan ditambahkan taburan biji wijen serta minyak sayur agar rasanya semakin sedap.

Twigim

Takjil ala Korea

Sumber Gambar : global.cpcdn.com

Makanan jalanan yang halal lainnya adalah Twigim. Makanan satu ini kalau di Indonesia dikenal dengan nama gorengan. Bahan untuk membuatnya pun sama seperti di Tanah Air, yaitu adonan tepung yang diisi dengan potongan cumi-cumi, udang, sayur, potongan ubi jalar dan telur rebus.

Setelah diaduk secara merata, adonan digoreng di minyak yang mendidih lalu ditiriskan sebelum dapat disajikan. Hanya saja, ketika kamu ada di Korea Selatan, kamu harus bertanya terlebih dahulu ke penjualnya apakah Twigim tersebut berisikan sayuran atau daging.

Soalnya, tidak ada garansi yang versi daging itu adalah daging yang layak dikonsumsi umat Muslim.

Donat Chapssal 

Takjil ala Korea

Sumber Gambar : yummytummyaarthi.com

Bagi pencinta makanan manis, nggak ada salahnya membeli donat Chapssal. Makanan satu ini terbuat dari beras ketan yang berisikan pasta kacang merah yang manis. Sedangkan, sisi luarnya dibaluri dengan gula bubuk. Bagian luar dari donat Chapssal ini terasa renyah ketika digigit. Akan tetapi bagian dalamnya terasa lembut dan juga kenyal saat masuk mulut.

Bungeoppang

Takjil ala Korea

Sumber Gambar : mayokorea.com

Kalau di Jepang sih namanya Taiyaki, tapi di Korea Selatan, camilan satu ini disebut dengan nama Bungeoppang. Tidak ada beda antara Taiyaki di Jepang dan Bungeoppang ini. Bahkan bentukannya, desain ikannya sampai dengan isiannya pun sama. Kamu dapat memilih bagian dalam dari Bungeoppang ini diisi dengan kacang merah, krim custard atau keju lumer. Teksturnya yang renyah akan mudah kamu gigit dan langsung kamu rasakan rasa manisnya.

Jikalau pun kamu gak ada kesempatan untuk pergi ke Korea, kamu masih bisa membuat makanan-makanan takjil ala Korea itu di rumah kok. Tentunya dengan bahan yang ada di Indonesia. Resepnya pun udah bejibun banyaknya tersedia di internet untuk dapat kamu tiru ya.

About author

Related posts
Kuliner

Menu Lebaran Bikin Badan Melebar? Tangkis dengan 8 Minuman Peluntur Lemak Ini Yuk!

Kuliner

Resep Ayam Shawarma yang Lagi Viral, Ternyata Gampang Bikinnya!

Kuliner

Kelihatan Gampang Tapi Masak Nasi Goreng Juga ada Triknya

Kuliner

Apa Sih Bedanya Coklat Compound dan Couverture?