Arsitektur & Interior

6 Tips dan Trick Menciptakan Hunian & Pencahayaan Yang Baik Dalam Residensial Pasca Pandemi

menciptakan hunian

Menciptakan hunian atau tempat berbagai macam aktivitas dilakukkan dengan sangat nyaman sangatlah penting. Khususnya disaat-saat seperti pandemi ini. Banyak pekerja yang bekerja dari rumah sehingga timbullah pro dan kontra untuk bekerja dari rumah karena beberapa factor diantaranya rumah tinggal yang kurang memadai.

Mulai dari tempat dan pencahayaan yang kurang nyaman, dan kurangnya focus dalam bekerja akibat suasana yang ada, dll. Sehingga, didalam sebuah hunian tentu sangatlah perlu ditata untuk perancangan interior dan perancangan pencahayaan.

Karena ini dapat membantu mewujudkan mood dan kenyamanan penghuni. Pencahayaan adalah prioritas utama dalam sebuah kenyamanan. Pasalnya pencahayaan yang buruk bisa menyebabkan ketegangan mata, kelelahan, sakit kepala, stress, dll. Maka dari itu, untuk menciptakan kenyamanan suasana dan mood yang baru dalam suatu hunian ada beberapa tips dan trick diantaranya adalah :

1. Tentukan Konsep dan Tema Ruangan Terlebih

Sumber Gambar : Pinterest.com

Ada berbagai macam konsep dari sebuah hunian seperti scandinavian (konsep sederhana tetapi menarik), rustic (cenderung bermain warna-warna kayu) , minimalis modern (lebih ke fungsioonal) , klasik (menggunakan banyak ukiran), dll.

2. Memperbanyak Pencahayaan Alami

Sumber Gambar : Pinterest

Pencahayaan alami merupakan pencahayaan yang paling baik karena selain mendapat terangnya sinar matahari, juga dapat menghemat penggunaan energy

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari pencahayaan alami diantaranya membuat ruangan menjadi lebih luas, meningkatkan semangat kerja, menghemat penggunaan energi, baik untuk kesehatan mata pada saat bekerja, dll. Maka dari itu, pencahayan alami sangatlah penting pada setiap ruangan khususnya ruangan untuk bekerja.

3. Gunakan Pencahayaan Buatan Dengan Lampu Semu-Semu Kuning

Sumber Gambar : Pinterest

Selain pencahayaan alami, pencahayaan buatan juga diperlukan dalam sebuah rumah. Pencahayaan yang baik ialah yang tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Standar pencahayaan untuk sebuah ruangan ialah 3000 – 3500K dengan warna soft white (tidak terlalu putih dan tidak terlalu kuning).

Baca Juga :   5 Tips Buat Home Office Jadi Lebih Nyaman, WFH Jadi Lebih Produktif!

4. Berikan Beberapa Jenis Tanaman Didalam Ruangan

Sumber Gambar : Pinterest

Adanya tanaman dapat membantu menaikkan mood seseorang, membantu produktivitas dan juga membuat ruangan menjadi lebih indah,  selain itu tanaman juga dapat menjadi sebuah aksen dalam interior. Kehadiran tanaman dapat mengubah suasana ruangan menjadi lebih hidup.

5. Menggunakan Wallpaper dan Pigura

Sumber Gambar : Pinterest

Menghias sebuah ruangan tidak perlu biaya yang mahal, cukup dinding terlihat bersih dan menggunakan seperti pigura ditata dengan rapi akan menghasilkan desain yang menarik

 

Sumber Gambar : Pinterest

6. Cat Dinding Dengan Menggunakan Warna Terang

Sumber Gambar : Pinterest

Warna terang merupakan warna yang dapat bersinar ketika diberi cahaya buatan dan yang dapat membuat ruangan menjadi lebih bersih dan hidup. Contoh warna terang ialah putih, nude, abu-abu muda, kuning muda, taupe muda, dll. Dengan adanya dinding yang terang, hunian akan terlihat bersih dan luas.

Menurut para desainer interior menentukan konsep dalam sebuah ruangan sangatlah penting karena dengan adanya konsep kita bisa menjawab kebutuhan, keinginan dan juga membantu membentuk ruangan sehingga menjadi sesuatu yang harmonis dan menarik.  Jadi diatas adalah beberapa tips & trick untuk menciptakan hunian & pencahayaan yang baik.

So, Jadikan impian hunianmu tanpa perlu biaya mahal!

Teks Oleh : Levina Athalia Purnama (Mahasiswi Jurusan Desain Interior, Universitas Kristen Petra)
Related posts
Arsitektur & Interior

6 Alasan Serat Daun Nanas Jadi Potensi Besar di Produk Interior Rumah Tinggal

Arsitektur & Interior

Tips Interior Rumah Kekinian Untuk Generasi Muda

Arsitektur & Interior

Neon Room Estetik, Suasana Kamar Instagramable dengan Neon Flex

Arsitektur & Interior

Intip 6 Desain dengan Gaya Eklektik yang Patut Dicoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.