Creativepreneur and Career

6 Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pelajar, Pegawai dan Ibu Rumah Tangga!

Memulai bisnis online

Berbisnis menjadi kegiatan yang sulit dilakukan untuk kamu yang memiliki segudang aktivitas. Misalnya kamu berstatus mahasiswa, waktu kamu mungkin terbatas karena jadwal kuliah, organisasi, maupun kepanitiaan. Atau seorang pekerja 9 to 5? Setiap harinya disibukkan dengan pekerjaan kantor sehingga tidak memiliki waktu luang untuk mempersiapkan dan memulai bisnis online. Atau mungkin kamu seorang ibu rumah tangga yang menganggap bisnis online adalah mustahil karena sibuk mengurus rumah dan juga seluruh kebutuhan keluarga. Ini waktunya untukmu menerapkan tips berikut, agar bisnis onlinemu dapat berjalan di tengah kesibukan yang ada!

1. Cek Tren Produk dan Pastikan Produk yang Sebaiknya Kamu Jual

Hal pertama yang dilakukan dalam memulai bisnis online adalah menentukan produk yang akan dijual. Kamu dapat memilih produk dengan melihat kebutuhan orang saat ini, dengan begitu kamu akan mudah mendapatkan konsumen karena mereka memang sedang mencari produk tersebut, atau kamu dapat membuat inovasi lebih agar konsumen semakin tertarik dengan kelebihan produkmu. Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk melihat tren produk yang sedang banyak dibutuhkan, contohnya :

  • Melalui riset di social media
  • Mengamati kompetitor produk sejenis
  • Research di internet
  • Membuat survey kepada orang sekitarmu

Kamu juga bisa membandingkan tren sebelumnya, misal di 2018 (sebelum pandemi) sedang marak-maraknya bisnis tempat kuliner. Sedangkan di tahun 2020 (setelah pandemi) lebih banyak memilih kuliner yang bisa dipesan di aplikasi online, tanpa datang langsung ke tempatnya.

2. Memilih Bisnis yang Dikuasai dengan Modal Kecil

bisnis online

Memilih Bisnis yang Dikuasai dengan Modal Kecil

Kamu bisa memilih bisnis yang memang kamu senangi untuk mengurangi kesulitan saat berbisnis, baik saat persiapan maupun ketika bisnis telah berjalan.  Kamu akan menghemat waktu karena kamu tidak harus belajar ulang, mengetahui tantangan yang dihadapi, dan menjadi penambah semangat karena kamu memang sudah ahli di bidang tersebut. Misalnya, kamu hobi budidaya ikan dan pernah belajar banyak di bidang tersebut.  Nah, jika kamu hendak membuat ide bisnis seputar budidaya ikan, kamu jadi tidak perlu lagi mempelajari ilmunya dari 0 karena telah memiliki basic di bidang ternak ikan sebelumnya.

Ada banyak keuntungan bisnis yang membutuhkan modal yang kecil, seperti:

  • Dapat berinovasi, karena modal yang dikeluarkan kecil maka sisa dana lainnya dapat kamu gunakan untuk melakukan inovasi terhadap produkmu.
  • Menjadi awal yang baik untukmu mengelola keuangan.
  • Kamu tidak akan begitu takut uangmu hilang dalam jumlah besar apabila bisnismu belum berhasil.

Contoh bisnis dengan modal kecil adalah katering sarapan pagi untuk mahasiswa, bisnis baju online dengan sistem dropship, atau membuka jasa pengetikan. 

3. Manajemen Waktu

Manajemen Waktu

Meskipun bisnis online akan terasa sulit dilakukan di tengah padatnya aktivitas. Tetapi kamu dapat berlatih dulu bagaimana cara membagi waktu agar semuanya dapat berjalan sesuai rencana.

Caranya dengan :

  • Membuat to do list dan buat skala prioritas apa saja yang hendak kamu kerjakan.
  • Tentukan deadline
  • Manfaatkan waktu di malam hari.
  • Gunakan hari libur sehingga tidak ada pekerjaan lain yang mengganggu.
  • Fokus pada pekerjaan yang sedang kamu lakukan.
  • Hindari
  • Jangan lupakan waktu beristirahat, agar lebih optimal.

Nah, karena mahasiswa, pekerja, maupun ibu rumah tangga punya aktivitas yang berbeda maka akan ada tips khusus pula untuk setiap orangnya:

  • Jika kamu mahasiswa, kamu bisa bekerja sama dengan teman agar modal yang dikeluarkan bisa ditanggung bersama, dan dapat sharing seputar ide bisnis yang memang punya prospek baik di kalangan kalian.
  • Apabila kamu seorang pekerja, kamu tetap harus fokus kepada pekerjaan kantormu ketika ada di jam-jam kantor.saat jam kerjamu selesai, kamu bisa mengalihkan fokus ke bisnis online yang akan atau sedang kamu jalani, memanfaatkan hari libur, jam istirahat kantor, maupun malam hari saat telah pulang kantor.
  • Dan kalau kamu seorang ibu rumah tangga, meskipun kamu berhenti bekerja setelah mempunyai keluarga atau anak, tapi kamu bisa memanfaatkan waktu ketika anggota keluargamu sedang tertidur, saat suami pergi ke kantor, atau anak sedang pergi ke sekolah, sehingga tidak mengganggu aktivitas bersama keluarga. 
Baca Juga :   5 Alasan Penting Harus Punya Website untuk Jalankan Bisnis Online

4.Jangan Mudah Menyerah, Pasti Ada Solusi di Setiap Masalah!

Pasti Ada Solusi di Setiap Masalah

Memulai bisnis online memang susah-susah gampang dan terkadang tidak sesuai atau secepat ekspektasimu di awal. Tapi, kamu tidak boleh menyerah begitu saja karena bisa saja besok atau nanti bisnismu justru memiliki progress yang berkali-kali lipat. Jika kamu ada dalam situasi membingungkan seperti produkmu belum juga laku terjual, kamu dapat mencari solusi dengan mereview kembali apakah cara menjualmu kurang tepat?  Misal kamu menjual produkmu di social media X yang rata-rata pengguna aktifnya berumur 35 tahun ke atas, padahal produk yang kamu jual sebenarnya ditujukan untuk anak muda yang berumur 20-an. Jika begitu, sebaiknya kamu coba sesuaikan kembali social media mana yang sesuai dengan tujuan penjualan produkmu.

Jika setelah kamu perhitungkan kembali hasil yang kamu peroleh, dan kamu merasa bisnis ini mendatangkan kerugian lebih besar, cobalah untuk mempertimbangkan segala plus minusnya sebelum memutuskan untuk berjualan di tempat yang lain. Kamu juga perlu memikirkan kembali secara matang dan mengganti apa yang hendak kamu jual di kemudian hari.

5. Gunakan Aplikasi yang Praktis untuk Foto Produk!

Gunakan Aplikasi yang Praktis untuk Foto Produk

Kamu tidak memiliki waktu senggang untuk menyiapkan dan memotret produk yang hendak dijual? Jika begitu, solusinya adalah gunakan aplikasi foto yang sesuai. Kenapa? supaya tidak membuang banyak waktu dan harus menguasai teknik foto produk yang baik dan benar. Seperti:

  • Jangan mengedit foto produk dengan filter berlebihan yang dapat menyebabkan warna asli sangat berbeda dengan hasil fotomu.
  • Gunakan berbagai sisi ketika memotret, jangan hanya menampilkan foto produk dari sisi depannya saja.
  • Jangan menggunakan background yang terkesan berantakan.
  • Yang terakhir, jangan membuang-buang waktumu memotret produk dengan aplikasi yang tidak jelas, sebaiknya gunakan 1 aplikasi saja yang sudah memuat semua fitur yang dibutuhkan.

Ribet juga ya? Mungkin kamu berfikir bagaimana bisa membuat foto produk layaknya foto profesional. Tapi, tenang saja buat kamu yang tidak punya banyak waktu, atau tidak memiliki modal untuk membeli kamera profesional dan sewa photographer. Karena sekarang yang kamu butuhkan adalah sebuah aplikasi bernama Sellury!

Sellury® merupakan aplikasi foto produk  dengan teknologi AI  untuk meningkatkan penjualan online bagi para seller. Fitur menariknya yaitu product photo guide, removed background dalam sekali sentuhan, serta fitur filter, edit, dan template yang bisa mempercantik foto produk.

Untukmu yang mau foto produk secara profesional tapi praktis, kamu bisa mendownload aplikasi Sellury di Apps Store atau Google Store.

6. Usaha dan Berdoa!

 Percayalah usaha tidak akan mengkhianati hasil, setelah berusaha jangan lupa untuk berdoa. Yakinlah bahwa apa yang sedang kamu usahakan saat ini, akan mendapatkan hasil terbaik di kemudian hari jika kamu bersungguh-sungguh, tulus, dan fokus saat menjalaninya. Semangat terus, ya!

Itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis online di tengah kesibukanmu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tipe Content Marketing yang Wajib Diketahui Para Marketer

Creativepreneur and Career

Mengenal Marketing Mix dan Bagaimana Penerapannya dalam Strategi Pemasaran

Creativepreneur and Career

Udah Ngerti Soal GNP dan GDP? Ini Dia Penjelasannya

Creativepreneur and Career

Yuk Mengenal Lebih Dalam Tentang, Apa Itu Reciprocity Marketing?