GenK LIFE

7 Cara Agar Tidak Mudah Baper, Kamu Wajib Tahu!

cara-agar-tidak-mudah-baper

Beberapa tahun belakangan istilah baper banyak digunakan, terutama oleh kawula muda. Orang yang gampang marah, dikatain baper. Lalu orang yang gampang sedih juga dikatain baper. Sebenarnya apa itu baper? Baper adalah salah satu istilah gaul yang merupakan singkatan dari ‘bawa perasaan’. Apakah kamu sering merasakan baper? Nih, kami punya cara agar tidak mudah baper. Yuk,  disimak!

1. Menjadi Diri Sendiri 

cara-agar-tidak-mudah-baper

Jadilah diri sendiri (Sumber: pexels.com)

Kunci paling utama supaya tidak gampang baper adalah dengan menjadi diri sendiri. Ketahuilah bahwa apa pun yang terjadi jangan sampai meninggalkan identitasmu. Beberapa orang sengaja mengubah sifat diri sendiri hanya karena ingin diterima di sebuah kelompok pertemanan atau ingin dekat dengan seseorang yang spesial. Ini sama saja dengan membohongi diri sendiri, loh. Meskipun banyak orang yang tak suka, tetapi kamu adalah individu yang berharga.

2. Pintar Menyaring Komentar

cara-agar-tidak-mudah-baper

Jangan telan bulat-bulat komentar dari orang lain (Sumber: pexels.com)

Tidak semua komentar dari orang lain itu harus kamu ambil ke hati, loh. Bisa-bisa kamu jadi baper karena ada komentar yang menyakitkan. Salah satu cara agar tidak mudah baper adalah pintar-pintar menyaring komentar yang diberikan orang lain. Bagi komentar tersebut menjadi dua tipe, yaitu positif dan negatif. Jika komentar negatif yang disampaikan ternyata bertujuan untuk mengubahmu menjadi lebih baik bisa dijadikan refleksi diri. Kalau yang tidak penting? Langsung buang jauh-jauh dari pikiranmu deh.

3. Jangan Pikirkan Kata Orang

cara-agar-tidak-mudah-baper

Fokus pada komentar positif dan jauhi kata-kata negatif (Sumber: pexels.com)

“Kenapa kamu tidak pakai baju warna merah? Padahal lebih cocok loh”. Apakah kamu pernah mendapat komentar yang mirip dengan ilustrasi tersebut? Orang lain memang berhak menyampaikan pendapat, tapi kalau kamu memang suka warna merah, ya apa boleh buat? Kamu adalah orang yang paling kenal dengan dirimu sendiri dan orang yang paling tahu apa yang kamu inginkan. Jadi, jangan sering-sering memikirkan perkataan orang lain, yah.

4. Fokus Pada Tujuan Hidup

fokus-pada-karier-dan-pencapaian

Fokus pada hal yang ingin kamu capai (Sumber: pexels.com)

Cara agar tidak mudah baper yang berikutnya adalah dengan terus fokus pada tujuan hidup. Setiap individu harus memiliki tujuan hidup supaya kamu tahu jalan mana yang harus kamu pilih di masa depan. Pasang target yang tinggi dan teruslah berusaha untuk meraihnya. Buat orang-orang yang iri padamu terdiam karena prestasi yang kamu torehkan.

5. Masalah yang Berlalu, Biarkan Berlalu

tidak-terjebak-masa-lalu

Masa lalu adalah pembelajaran (Sumber: pexels.com)

Memiliki masalah di masa lalu bukanlah sebuah kesalahan. Jadikan itu sebagai pelajaran supaya kamu tidak berputar-putar di lingkaran yang sama. Namun, melupakan masalah yang sempat terjadi di masa lalu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan waktu untuk proses pemulihan. Yakinkan dirimu bahwa kamu adalah pribadi yang baik, hari ini dan seterusnya. Terus melangkah maju supaya tidak baperan.

6. Tidak Mudah Membuat Kesimpulan

berpikir-sebelum-mengambil-kesimpulan

Jangan buru-buru ambil kesimpulan (Sumber: pexels.com)

Ayo ngaku… Apakah kamu orang yang gampang menyimpulkan sesuatu? Misalnya di hari itu temanmu tiba-tiba menjadi pendiam dan tidak mau berbicara denganmu. Lalu kamu menyimpulkan bahwa dia sedang marah kepadamu. Padahal belum tentu. Bisa jadi dia sedang ada masalah pribadi yang tidak bisa dia ceritakan kepadamu dan masih banyak kemungkinan lainnya. Mudah menyimpulkan sesuatu bisa menjadi pemicu gampang baperan, loh. Jadi, cara agar tidak mudah baper ya, jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan.

7. Berpikir Pakai Logika, Bukan Emosi

gunakan-logika-berpikir

Gunakan logika, jangan selalu emosi (Sumber: unsplash.com)

Individu terbagi menjadi dua tipe, yaitu tipe yang bertindak pakai logika dan tipe yang bertindak pakai emosi sesuai tes MBTI. Cara agar tidak mudah baper sekaligus kamu mengatur emosi dan mengambil keputusan merupakan aspek yang penting. Kamu harus tahu, apakah kamu orang yang cenderung menggunakan logika atau emosi saat bertindak. Orang yang bertindak pakai emosi, cenderung gampang baper. Tidak ada salahnya lebih mengutamakan emosi, namun di saat-saat tertentu, kamu harus berpikir jernih supaya tidak mudah sakit hati.

Itu dia beberapa cara agar tidak mudah baper yang bisa kamu lakukan. Semoga tips di atas bisa membantumu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi yah. Tetap semangat!

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya