Creativepreneur and Career

7 Cara Menawarkan Produk Saat Penjualan

7 Cara Menawarkan Produk Saat Penjualan

Penjualan menjadi hal yang terutama dalam pengembangan bisnis. Namun, disaat penjualan pun Anda harus mempunyai trik agar jumlah penjualan dapat mencapai target yang ditentukan. Salah satu trik yang bisa Anda gunakan yaitu dengan mengetahui bagaimana cara menawarkan produk yang baik agar supaya produk yang Anda tawarkan dapat diterima oleh calon konsumen.

  1. Kenali terlebih dahulu brand yang akan anda ditawarakan

Sumber Gambar : majoo.id

Disaat anda menawarkan produk, Anda akan melewati tahap Brand Awareness. Brand Awareness adalah kemampuan konsumen agar dapat  mengingat Brand yang Anda tawarkan. Brand Anda akan diketahui banyak orang, kemudian konsumen akan mulai mengambil keputusan yang mutlak apakah akan melakukan transaksi jual beli atau tidak.

Sesudah berhasil dalam membangun Brand Awareness, ini akan dapat memudahkan dan meningkatkan potensi beli konsumen terhadap produk Anda.

  1. Tonjolkan Kelebihan Produk Daripada Fitur tersebut

Sumber Gambar : Pawoon.com

Kebanyakan orang sebelum membeli produk, mereka lebih mencari tau kelebihan dari produk tersebut bukan fitur yang anda tawarkan. Jika yang anda tonjolkan adalah fitur, hal itu akan menjadi sesuatu yang biasa bagi calon pembeli.

Contoh saat menawarkan produk memori card untuk menyimpan lagu. Fitur yang di tawarkan dari memori card tersebut “mempunyai ruang penyimpanan sebesar 5GB”, lalu apa kelebihannya “Dapat Menyimpan 1000 Lagu dalam 1 Memori”. Menurut kalian manakah yang akan membuat tertarik calon konsumen?

Daripada banyak menulis fitur-fitur dari brand, alangkah baiknya pamerkan kelebihan dari brand tersebut.

  1. Unggulan Produk Tanpa Harus Merendahkan Kompetitor Lain

Sumber Gambar : JojoBlog

Dalam setiap Brand tentunya mempunyai keunggulan dari tiap produk yang dimiliki. Anda harus benar-benar dapat menjelaskan saat menawarkan produk mengenai keunggulan, dan apa kelebihan yang akan didapat disaat menggunakan produk tersebut.

Inilah yang akan membedakan antara Brand Anda dengan kompetitor disaat anda menjual produk yang sama. Jangan pernah untuk merendahkan kompetitor, justru hal itu akan menjadi masalah bagi Brand dan dapat mempengaruhi reputasi dari produk Anda.

Apabila anda ingin membandingkan brand yang anda jual dengan Brand yang lainnya, tepi alangkah baikanya untuk tidak menyebutkan secara langsung nama/produk secara terang-terangan. Tetaplah fokus kepada keunggulan brand serta nilai-nilai tambahan, sehingga akan membuat banyak orang yang mengenal Brand Anda.

  1. Pahami Terlebih Dahulu Permasalaan Calon Konsumen

Sumber Gambar : kompas.com

Memahami permasalahan calon konsumen sebelum menawarkan produk, akan menjadi peluang bagi bisnis Anda dalam pengembangan bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Konsumen akan merasa apa yang dibutuhkan selalu terpenuhi disaat menggunakan brand Anda.

  1. Berikan Kesan & Pelayanan Terbaik Bagi Konsumen

Menawarkan Produk

Sumber Gambar : kompas.com

Pelayanan yang terbaik sangatlah tidak mudah. Tapi, dengan pelayanan terbaik akan memberikan kesan yang positif bagi brand Anda. Usahakan saat menawarkan produk, Anda dapat memberikan pelayanan yang benar-benar terbaik kepada konsumen.

Dengan demikian, pelayanan tersebut akan membuat konsumen menjadi loyal terhadap produk Anda. Dan secara tidak langsung, konsumen juga akan merekomendasikan brand kepada orang lain untuk ikut serta membeli produk brand Anda.

  1. Lakukan Promosi Beserta Diskon Kepada Konsmen

Menawarkan Produk

Sumber Gambar : koinworks.com

Dalam menerapkan strategi promosi ataupun diskon merupakan salah satu cara yang sangat efektif disaat menawarkan produk. Namun, jika Anda  terlalu sering dalam melakukan promosi, hal itu akan memberikan image jelek untuk bisnis Anda.

Bisnis Anda akan memiliki image “Bisnis Diskonan”, sehingga akan membuat pelanggan sering berdatangan karena adanya Diskonan.

Selain itu, konsumen juga akan ragu dengan kualitas produk Anda. Pastinya, konsumen mempunyai beberapa pertanyataan seperti : “Sebenarnya apa sih yang membuat produk Brand A melakukan diskon secara terus-menerus?”

Oleh karena itu, lakukan promosi diskon saat-saat event tertentu saja.

  1. Lakukan Follow-up Secara Berkala

Menawarkan Produk

Sumber Gambar : markey.id

Aktivitas follow up secara berkala akan membuat Anda lebih mudah dalam menawarkan produk, memastikan kepada konsumen apakah sudah tahu mengenai informasi yang Anda sampaikan mencakup produk pada Brand Anda.

Disaat menawarkan produk gunakanlah kalimat yang sopan dan tidak bertele-tele. Kadang kala banyak konsumen yang tidak mau banyak basa-basi. Ada baiknya, Anda langsung bicarakan intinya.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Creativepreneur and Career

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Bantu Kamu Kelola Finansial Setiap Bulannya

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Datangkan Cuan yang Dapat Kamu Coba di Bulan Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published.