GenK LIFE

7 Cara Mengatasi Serangan Panik dan Cemas yang Berlebihan

cara mengatasi serangan panik

Pada situasi tertentu, sangat mungkin kamu akan mengalami serangan panik yang berlebihan. Misalnya saat kamu kehilangan ponsel di kendaraan umum atau saat kamu tiba-tiba dipanggil ke ruangan HRD tanpa tahu alasan yang jelas. Ini sangat wajar, karena rasa panik dan cemas merupakan respon pertama yang muncul dari tubuhmu.

Namun, sebaiknya rasa panik dan cemas yang berlebihan ini dikurangi supaya tidak mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Pas banget, karena di artikel kali ini kami akan membahas tips dan cara mengatasi serangan panik yang berlebihan. Yuk langsung saja kita simak di bawah ini!

1. Memahami Gejalanya

cara mengatasi serangan panik

Tanda-tanda panik (sumber: today.com)

Langkah pencegahan pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan memahami gejala serangan panik itu sendiri. Misalnya faktor genetik, stres parah akibat kehilangan orang yang kamu sayang, gula darah rendah, ada masalah jantung, terlalu banyak mengonsumsi kafein, dan penggunaan obat-obatan tertentu. Dari beberapa gejala yang kami sebutkan barusan, apakah ada yang serupa dengan yang kamu alami? Dengan mengetahui gejalanya kamu jadi lebih bisa menghindar dari serangan panik deh.

2. Tidur yang Cukup

Tidur cukup (sumber: unsplash.com)

Manusia normal idealnya memiliki waktu istirahat sekitar 7-9 jam per hari. Sekarang coba kamu hitung jam tidurmu, apakah sudah ideal? Tidur yang cukup merupakan salah satu cara mengatasi serangan panik sekaligus menstabilkan emosi, karena kurang tidur di malam hari merupakan salah satu faktor yang membuat kamu jadi mudah merasa panik berlebihan. Tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk tidur sedikit lebih lama meskipun kamu tengah sibuk mengejar deadline pekerjaan. 

3. Mengatur Pola Makan 

cara mengatasi serangan panik

Memakan makanan sehat (sumber: unsplash.com)

Cara mengatasi serangan panik yang berikutnya adalah dengan mengatur pola makan sehari-hari. Perhatikan apa saja makanan yang akan kamu santap. Kalau bisa, pilih makanan yang memang mengandung vitamin B dan Omega 3, seperti wortel, telur, buah apel, dan lain sebagainya. Makanan yang kami sebutkan barusan ternyata memiliki kandungan yang sangat bagus untuk mengatasi serangan panik dan cemas. Selain itu, makanan sehat bisa bikin kamu bahagia loh. Kalau pikiran tenang dan tubuh bugar, pastinya kamu akan lebih mudah merasa bahagia.

4. Mencium Wewangian

Parfum (sumber: unsplash.com)

Rupanya mencium aroma wewangian tertentu bisa menjadi salah satu cara tidak panik. Coba ingat-ingat aroma wewangian apa yang paling kamu suka. Apakah pinus, jeruk, atau bedak bayi? Apa pun itu, simpan wewangian andalan kamu supaya kamu bisa menghirupnya kapan pun dan di mana pun ketika kamu mulai merasa panik. Kamu bisa menggunakan botol kecil yang mudah dibawa dan dimasukkan ke dalam tas.

5. Kurangi Minum Kafein

cara mengatasi serangan panik

Secangkir latte art (sumber: unsplash.com)

Tidak hanya sekadar minuman, tetapi kopi juga menjadi gaya hidup. Tak ayal minuman yang satu ini masuk ke dalam daftar jajanan kekinian. Tapi sepertinya kamu harus mulai mengurangi minum kopi deh. Terutama buat kamu yang mudah merasa cemas setelah minum kopi, karena kopi mengandung kafein yang merangsang sensasi detak jantung lebih cepat, tubuh memanas, dan laju pernapasan meningkat.

6. Melakukan Meditasi

cara mengatasi serangan panik

Melakukan meditasi (sumber: unsplash.com)

Sebenarnya melakukan meditasi tidak serumit yang kamu bayangkan kok, karena kamu tidak perlu jauh-jauh ke pegunungan untuk duduk bersila di sana. Meditasi di kamar pun sah-sah saja. Secara pengertian, meditasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk melatih fokus pikiran supaya tetap tenang. Makanya melakukan meditasi dapat menjadi salah satu cara mengatasi serangan panik dan cemas. Lakukan dengan duduk tenang sambil mengatur laju pernapasan selama 15-20 menit.

7. Meminta Bantuan Psikoterapi

Datang ke psikoterapi (sumber: rwapsych.com.au)

Apabila cara tidak panik yang kami bagikan di atas tak kunjung berhasil, kami menyarankan kamu untuk meminta bantuan psikoterapi. Datang ke psikoterapi dapat membantu kamu belajar lewat pengalamannya sendiri bahwa gejala panik tidak berbahaya. Mereka akan membantu kamu secara bertahap untuk menciptakan gejala panik dan cemas dengan cara yang aman. Dengan begitu, ketika gejala panik datang mengganggumu, kamu tidak lagi merasa terancam.

Nah, itu dia beberapa cara mengatasi serangan panik yang berlebihan. Semoga dapat membantu dan dapat kamu terapkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Selain cara tidak panik, kami juga pernah membahas tentang cara agar tidak gampang baper di artikel sebelumnya. Yuk lanjut baca!

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya