Creativepreneur and Career

7 Cara terbaik untuk Melamar Kerja bagi Fresh Graduate!

Lulus Kuliah sebuah pencapaian awal untuk memulai lembaran baru di dunia kerja. Bagi Fresh Graduate, mengalami masa peralihan dari bangku perkuliahan kemudian masuk ke dunia kerja tentunya bukan hal mudah.  Kebanyakan Fresh Graduate saat ini memiliki pengalaman yang kurang bahkan tidak ada sama sekali. Untuk itu kamu harus pintar dan efektif memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mendapatkan pekerjaan sesuai minat dan skill yang kamu miliki. Untuk itu, Kreativv akan membagikan Cara terbaik untuk Melamar Kerja bagi Fresh Graduate!

1. Kenali Potensi Dirimu

Harus Kenali Potensi Dirimu

Sumber Gambar : unsplash.com

Tidak semua Fresh Graduate mengetahui apa keinginan dan kemampuannya selama 4 tahun duduk dibangku perkuliahan. Maka dari itu, sebelum memasuki dunia kerja. Kamu harus tahu minat dan bidang pekerjaan apa yang kamu inginkan atau impikan.

Bidang tersebut tidak harus satu linier dengan jurusan kuliah kamu, karena kamu bisa meningkatkan skill dengan belajar sendiri atau mengikuti kelas pelatihan kerja profesional. Setelah mengetahui bidang yang kamu minati, tentunya harus kamu pelajari hingga paham, ya GenK!

2. Siapkan CV Terbaikmu yang Sesuai

Sumber Gambar : unsplash.com

Hal paling penting dalam melamar kerja adalah membuat CV. Kenapa CV? Sebab CV merupakan modal yang harus kamu manfaatkan sebaik mungkin.

Kebanyakan Fresh Graduate memasukkan semua pengalaman yang dia punya dari bangku perkuliahan. Mulai dari Pengalaman organisasi, kepanitiaan, lomba, volunteer, apa pun itu yang mungkin menambah nilai di CV-mu.

Memang sah – sah saja mengisi CV kalian dengan banyak pengalaman seperti itu. Tetapi ada hal yang lebih penting, pahami terlebih dahulu bagaimana cara menulis CV yang efektif agar dilirik perekrut.

Hal ini sangat penting mengingat perekrut sangat tidak suka dengan CV yang isinya kurang jelas bahkan kurang menunjukan kemampuan individu kandidat pelamar.

3. Mengecek Relasi yang sudah dipunya

Sumber Gambar : unsplash.com

Cara melamar bagi fresh graduate yang selanjutnya adalah membangun relasi atau networking.Hal tersebut memang sangat penting dan krusial dalam dunia kerja. Setelah lulus kuliah, jangan malu untuk bertanya kepada saudara, teman bahkan senior alumni kampus yang sudah bekerja. Cari tahu seputar informasi lowongan pekerjaan yang mungkin sedang dibuka.

4. Jangan Menjadi Pemilih

Melamar Kerja bagi Fresh Graduate

Sumber Gambar : unsplash.com

Semua orang tentunya ingin memiliki pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan minat, sama hal nya seperti Fresh Graduate. Meskipun begitu, ketika kamu mendapatkan kesempatan, ada baiknya kamu tidak menolaknya. Ada baiknya kamu bisa pertimbangkan terlebih dahulu baik kesempatan yang ada itu bisa kita terima sebagai pengalaman kerja awal di dunia kerja.

Untuk itu, lamarlah pekerjaan di banyak perusahaan sesuai dengan bidang yang kamu minati. Sembari melamar, jangan lupa membuat daftar setiap harinya kamu sudah melamar di beberapa perusahaan dengan tujuan akan selalu kamu ingat kamu sudah melamar di perusahaan mana saja. Lakukan dengan konsisten dan jangan mudah menyerah ya GenK!

5. Sering Latihan Interview

Melamar Kerja bagi Fresh Graduate

Sumber Gambar : unsplash.com

Setelah mengirim dokumen lamaranmu, kamu juga jangan lupa mempersiapkan diri untuk wawancara. Sebab setelah tahap screening CV, kamu akan mendapatkan test wawancara terlebih dahulu. Tahap ini merupakan tahap yang penting dalam proses melamar pekerjaan. Tentu bukan hanya menganalisis dan menjawab pertanyaan saja, kamu juga harus bisa memberikan  gestur tubuh yang baik ketika wawancara.

Maka dari itu, Kamu harus sering berlatih berbicara di depan cermin. Dengan melakukan hal tersebut, kamu bisa meningkatkan percaya diri dan mengetahui modal apa saja yang harus kamu tingkatkan. Jika saat kamu memaparkan Kelebihan dan Kekuranganmu pada HRD nanti, jangan lupa untuk mengkaitkannya dengan cara mengatasi hal tersebut dengan skill yang kamu punya.

6. Manfaatkan Media Sosial Dengan Baik

Melamar Kerja bagi Fresh Graduate

Sumber Gambar : unsplash.com

Di era Digital saat ini, hampir seluruh Perusahaan memanfaatkan Media sosial dan melihat Kandidat Pekerja nya melalui media sosial. Jadi kita tentu harus bersikap bijak dan berhati – hati dalam menggunakan media sosial.

Dengan hal tersebut, menjadi salah satu penilaian di mata perusahaan sebagai bahan pertimbangan. Kemudian, kamu bisa membuat Personal Branding yang kuat dan baik di LinkedIn sebagai nilai tambah kamu saat mencari pekerjaan.

7. Manfaatkan Aplikasi Pencari Pekerjaan

Melamar Kerja bagi Fresh Graduate

Sumber Gambar : unsplash.com

Cara melamar kerja yang terakhir yaitu memanfaatkan Aplikasi Pencari Pekerjaan. Di zaman digital saat ini, mencari pekerjaan sudah banyak menggunakan aplikasi – aplikasi pencari kerja. Contohnya seperti Jobsreet, Glints, Kalibbr, LinkedIn dan masih banyak lagi.

Dengan website resmi dan aplikasi tersebut juga akan memberikan informasi seputar dunia kerja dan tips seputar mengenai karier. Cukup dengan membuat akun, kamu bisa mendapatkan notifikasi apabila ada info lowongan pekerjaan baru dibuka untuk fresh graduate. 

Itulah 7 Cara terbaik untuk Melamar Kerja bagi Fresh Graduate yang diharapkan dapat membantu untuk proses pencarian kerja kamu. Jangan lupa untuk selalu berdoa, berusaha sebaik mungkin, tetap rendah hati dan semoga berhasil ya GenK!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Hal Penting Buat Diperhatikan Saat Career Shifting ke Digital Marketing

Creativepreneur and Career

Apa Itu 1:1 Meeting Serta Manfaatnya untuk Hubungan dalam Pekerjaan

Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Leave a Reply

Your email address will not be published.