GenK LIFE

7 Cara Untuk Jaga Suara Agar Tetap Bagus Saat Bernyanyi

Memiliki suara yang merdu tentu menjadi impian bagi setiap orang. Banyak darimu yang mungkin berpikiran hanya orang yang bergelut atau bekerja yang dituntut memerlukan kualitas suara saja yang harus memerhatikan kualitas suara mereka. Padahal, kamu sendiripun tetap harus bisa menjaga kesehatan dan suara demi dapat berkomunikasi dengan orang lain. Berikut beberapa cara atau tips menjaga suara yang bisa kamu ikuti.

1. Penuhi kebutuhan cairan

Ilustrasi air minum. (Sumber: pexels)

Cara menjaga suara yang pertama adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh salah satunya adalah dengan minum air putih yang cukup. Bukan hanya mengatasi dehidrasi, air putih juga dipercaya dapat menjaga kesehatan pita suara.

Air putih ini juga berfungsi sebagai pelumas karena pita suara yang bekerja dengan getaran yang sangat cepat hingga membutuhkan keseimbangan air. Kamu disarankan untuk minum sebanyak 6 hingga 8 gelas air putih sehari agar asupan cairanmu terjaga.

2. Gunakan suara dengan bijak

Ilustrasi bersuara. (Sumber: shutterstock)

Dalam menjaga kesehatan suara, kamu juga harus belajar bijak dalam menggunakan suara. Apabila kamu sering bicara dalam jangka waktu yang lama, kamu juga membutuhkan waktu untuk mengistirahatkan suaramu.

Selain itu, hindari juga untuk tidak teriak atau berbicara dengan volume yang terlalu keras. Bernyanyi dengan cara dipaksakan juga tidak baik bagi kesehatan pita suara karena akan menyebabkan pita suara bengkak dan berpotensi munculnya nodul pita suara.

About author

Related posts
GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

GenK LIFE

Penting, Kenali Macam-Macam Istilah dalam Aplikasi Beasiswa

GenK LIFE

Cara Merespon Kritik dalam Kehidupan Bisnis dan Pribadi dengan Positif