GenK LIFE

7 Hal Yang Perlu Diketahui Soal Menstruasi! Para Wanita Wajib Tau!

Menstruasi merupakan hal normal yang dialami oleh para wanita, menstruasi sendiri ditandai dengan keluarnya darah dari dalam Miss-v yang diakibatkan siklus bulanan yang terjadi oleh para wanita. Hal ini disebabkan oleh reproduksi pada organ tubuh sebelum kehamilan dengan penebalan dinding rahim yang berisi pembuluh darah. Endometrium inilah yang akan mengalami peluruhan atau keluar bersama darah melalui Miss-V. Siklus haid seperti ini mulai sekitar 4 mingguan di hari pertama menstruasi sampai ke menstruasi berikutnya. Ada banyak sekali mitos dan fakta yang beredar di masyarakat mengenai menstruasi ini. Makanya dari pada salah kaprah mengartikan, Yuk simak mitos dan fakta apa saja yang perlu diketahui soal menstruasi, para wanita wajib tahu!

Tidak boleh Minum Es

Sumber Gambar : fitsugar.com

Nah, pasti ini sering kamu dengar nih, padahal dilansir dari Buku Saku Red Journal Betadine bahwa sebenarnya es atau air dingin tidak mempengaruhi apapun. Apalagi berkaitan dengan menghambat keluarnya darah. Apabila tidak sakit perut, tidak apa-apa untuk minum air dingin.

Tidak Boleh Makan Daging atau Ikan, Nanti Darahnya Akan Berbau Amis

Sumber Gambar : suara.com

Kalian pernah dengar gak, kalau saat menstruasi, kalian gak boleh makan ikan atau daging-dagingan untuk mencegah darahnya berbau amis? Ternyata, ini hanya sebuah mitos! Faktanya adalah saat makan ikan ataupun daging-dagingan yang mengandung protein dan lemak bisa membantu pembentukan sel darah merah. Jadi, malah bagus buat kamu yang menstruasi lagi keluar banyak-banyaknya.

Berenang 

Sumber Gambar : republika.co.id

Kenyataanya berenang saat menstruasi diperbolehkan karena aliran air menghambat keluarnya darah untuk sementara tapi harus tetap menjaga area kewanitaan agar tetap bersih, apalagi saat menstruasi banyak bakteri dan kemungkinan infeksi lebih tinggi jika tidak dijaga dengan bersih. Makannya harus rajin membersihkan!

Keramas Saat Menstruasi

soal menstruasi

Sumber Gambar : Alodokter

Banyak juga yang bilang tidak boleh keramas saat menstruasi, mitosnya dapat menghambat keluarnya aliran darah haid. Padahal faktanya mandi dan keramas justru dianjurkan untuk menghindari bau dan juga menjaga kebersihan. Yang terpenting adalah menjaga kebersihan ya!

Membersihkan area V

soal menstruasi

Sumber Gambar : Tirto.id

Dengan membersihkan Miss-V sebenarnya tidak hanya dengan air saja, namun dengan sabun yang sesuai pH wanita karena pH pada air sebenarnya berbeda dengan pH Miss-V (3,5-4,5) Kemudian saat beraktivitas diluar ruangan disarankan untuk memakai pakaian dalam yang menyerap keringat dan tidak lembab. Karena itu sangat sulit untuk tahu kualitas air yang aman untuk area Miss-V. Jadi pastikan untuk menggunakan air yang bersih.

Kegiatan Selama Menstruasi

soal menstruasi

Sumber Gambar : amazonaws.com

Banyak yang mengatakan bahwa perempuan saat menstruasi dilarang untuk melakukan aktivitas yang berlebihan selama menstruasi. Padahal faktanya boleh tapi dengan kondisi yang normal, sediakan pembalut cadangan agar sewaktu-waktu bisa melindungi kamu dan tetap aman.

Tidak boleh Minum Soda

soal menstruasi

Sumber Gambar : sharingdisana.com

Sama seperti air dingin, soda juga jadi pantangan buat kamu yang sedang menstruasi. Jadi, mitos soal minum soda bisa memperlancar itu secara ilmiah belum bisa dibuktikan kebenarannya. Karena pada dasarnya minuman – minuman soda tersebut, minuman dan makanan tidak mempengaruhi jalannya menstruasi jadi lebih cepat atau lambat. 

Nah, itu tadi beberapa fakta dan mitos soal menstruasi. Jadi, bagi kamu yang masih khawatir, bisa baca artikel ini ya. Supaya kamu lebih yakin, mana yang benar dan mana yang nggak seharusnya dilakukan!

About author

Related posts
GenK LIFE

Tren Influencer Fatigue Meningkat, Kenapa Konsumen Mulai Bosan dengan Influencer?

GenK LIFE

Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Mulai WFO!

GenK LIFE

Ini Dia Beberapa Tips Untuk Mengecilkan Lengan!

GenK LIFE

Orang Tua Wajib Tau! Ini Dampak Dari Berteriak Pada Anak!

Leave a Reply

Your email address will not be published.