Creativepreneur and Career

7 Ide Usaha saat Ramadhan yang Perlu Kamu Coba

Tak terasa, kini kita telah memasuki bulan Ramadhan. Walau bulan Ramadhan kali ini sedikit berbeda karena adanya pandemi COVID-19 yang semakin meluas, kamu pasti tidak kehilangan semangatmu. Ada banyak kegiatan yang masih bisa kamu lakukan walau saat ini harus terhalang pandemi dan peraturan PSBB.

Walau beberapa daerah telah menerapkan PSBB, jangan jadikan alasan tersebut buatmu tak menjalani bulan yang penuh berkah ini dengan lancar. Salah satunya, kamu juga masih memiliki peluang untuk membuka usaha dan mendapatkan rejeki. Ada banyak ide bisnis yang bisa kamu coba selama bulan Ramadhan ini yang tentu dapat disesuaikan dengan modal usaha dan juga peraturan yang berlaku.

1. Minuman Es

Es buah. (Sumber: Kinciakincia)

Salah satu bisnis kuliner yang menjanjikan di bulan Ramadhan adalah bisnis minuman segar seperti es buah ataupun es campur. Buka puasa biasanya identik dengan yang segar ataupun manis sehingga menu ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk memulai usaha.

Selain itu, bisnis minuman juga tak harus mengeluarkan modal yang besar. Kamu tidak diharuskan menyewa tempat besar seperti toko ataupun ruko besar. Kamu bisa memanfaatkan gerobak atau meja seadanya saja, lagipula saat PSBB pun ada peraturan pelanggan untuk tak makan di tempat sehingga jadi sangat praktis.

2. Aneka Kolak

Kolak pisang. (Sumber: cookpad)

Tak hanya aneka minuman segar, kolak juga menjadi makanan pembuka atau menu takjil yang bisa kamu jadikan ide usaha. Kolak juga terdiri dari berbagai jenis seperti kolak pisang, kolang-kaling, kolak ubi, kolak singkong, biji salak dan lainnya yang bisa kamu variasikan.

Kolak menjadi salah satu menu buka puasa yang praktis dan juga cukup mengeyangkan perut. Selain itu, kamu juga tak membutuhkan banyak bahan dan sangat mudah ditemukan. Kamu pun bisa dengan mudah membuat aneka kolak ini.

Baca Juga :   Buka Puasa Bersama: Hal yang Selalu Dirindukan di Bulan Ramadhan

3. Buah Kurma

Buah kurma. (Sumber: shutterstock)

Memasuki bulan Ramadhan, kamu tentu tak akan asing dan sering melihat keberadaan buah kurma ini. Buah kurma menjadi makanan sunnah para Nabi untuk berbuka puasa sehingga buah ini juga bisa kamu jadikan sebagai bisnis di bulan Ramadhan ini.

Kurma sendiri memiliki berbagai jenis, seperti kurma Ajwa, Medjool, Sukari, Halawi, Zaghloul, Mazafati, Sekki dan lainnya. Tak hanya dijadikan sebagai menu berbuka, kurma juga sering dijadukan sebagai camilan. Hal ini tentu menjadi ide bisnis yang baik yang bisa kamu lakukan saat menyambut Ramadhan.

4. Katering buka dan sahur

Katering. (Sumber: Rempah Catering)

Di saat pandemi seperti sekarang, tentu kamu akan merasakan kesulitan juga dalam membeli makanan. Padahal kamu juga akan membutuhkan makanan saat buka dan juga sahur. Peluang ini tentu menjadi pilihan yang tepat yang bisa kamu realisasikan selama bulan Ramadhan.

Jika kamu berniat ingin mecoba bisnis ini, kamu pun bisa melakukannya dari rumah seperti melakukan pemasaran hanya dengan modal akun sosial media. Kamu bisa menyediakan beberapa lauk pauk yang beragam yang sudah siap santap. Kamu juga bisa menawarkan jasa pesan-antar ataupun mendaftarkan usahamu ke beberapa aplikasi jasa pengantaran online.

Baca Juga :   5 Makanan yang Baik Dimakan Saat Buka Puasa dan Sahur untuk Ibu Hamil

5. Frozen Food

Frozen food. (Sumber: Resep Koki)

Tak hanya katering lauk pauk yang sudah jadi, kamu juga bisa mencoba ide bisnis menjual frozen food atau makanan beku. Sebenarnya, sebelum memasuki bulan Ramadhan, makanan beku ini kerap menjadi barang yang banyak dibeli atau dicari oleh pelanggan. Hal ini karena peraturan PSBB yang mengharuskan kita untuk self quarantine di rumah dengan membatasi kegiatan di luar.

Makanan beku banyak dijadikan pilihan orang-orang karena mudah disimpan dan dapat bertahan lama. Makanan ini juga bisa dimasak sesuai kebutuhan seperti saat berbuka puasa maupun ketika sahur. Selain itu, penyajiannya juga sangat praktis dibalik jenisnya yang beragam. Misalnya dimsum, otak-otak, donat, kebab, risol, nugget, sosis dan lainnya.

6. Aneka kue

Aneka kue. (Sumber: Faktual News)

Ide bisnis lain yang bisa kamu coba saat bulan Ramadhan ini adalah bisnis kue. Jika kamu punya ketertarikan dan kesukaan untuk membuat aneka ragam kue, ini merupakan salah satu peluang bisnis yang bagus. Kue pun bisa beragam tergantung dengan keterampilan yang kamu miliki, misalnya aneka kue basah maupun kue kering.

Kamu juga bisa memulai usaha ini dari yang sederhana, seperti merealisasikan resep warisan kue yang kamu miliki dan mulai berjualan kepada kerabat ataupun teman terdekat.

7. Parsel atau bingkisan Lebaran

Parsel Lebaran. (Sumber: Okezone)

Lebaran biasanya identik dengan bulan berbagi kebaikan. Tak jarang, di bulan suci ini ada banyak orang yang memberikan aneka bingkisan atau parcel Lebaran kepada kerabat, teman ataupun saudara terdekat. Dengan itu, kamu bisa mengambil peluang terhadap bisnis ini. Apalagi jika kamu memiliki keterampilan merangkai, kamu hanya perlu membeli bahan-bahan untuk parsel, sehingga kamu tinggal menyusun saja untuk dijadikan sebuah parsel

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Kamu Hobi Bertani? Ini Dia Rekomendasi Channel Youtube Untuk Bertani

Creativepreneur and Career

Kenalan dengan Model Bisnis D2C Yuk, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Creativepreneur and Career

Gampang! Ini Cara Membuat Linktree di Instagram untuk Meningkatkan Traffic

Creativepreneur and Career

Tips Membuat CTA / Call to Action Paling Ampuh