Creativepreneur and Career

7 Pekerjaan Part Time Bidang Musik yang Cocok untuk Mahasiswa atau Pegawai Kantoran

Lowongan part time biasanya, sih, sering dicari kalangan mahasiswa yang butuh uang saku tambahan agar bisa bertahan hidup di rantau. Tapi faktanya, nggak jarang juga para pekerja kantoran berburu kerjaan sampingan gara-gara pemasukan bulanan dirasa kurang, guys. Mungkin kamu termasuk salah satu yang lagi pusing cari-cari penghasilan untuk membayar semua kebutuhan yang makin bertambah, tapi kalau bisa pekerjaan part time itu ada kaitannya dengan dunia musik. Nah, kebetulan banget, nih, kami punya bocoran rekomendasi pekerjaan part time bidang musik yang dijamin cocok buat kamu-kamu mahasiswa baru atau tingkat akhir, maupun pegawai kantoran.

  1. Wedding DJ

Sumber Gambar : hampshireeventdjs.co.uk

Berbekal pengetahuan yang luas tentang dunia musik, ditambah kemampuanmu reading a crowd, coba pertimbangkan menjadi wedding DJ, deh, guys. Peralatan DJ harganya cukup terjangkau, kok, sekarang ini. Dan sebagai musician yang kerja sendirian, kamu punya keunggulan untuk mendampingi kebanyakan acara pernikahan.

  1. Piano Tuner

Sumber Gambar : squarespace.com

Kamu punya telinga yang baik dan pemahaman mendalam tentang instrumen, seperti piano? Nggak perlu jadi pianis, kamu bisa bekerja sebagai penyetem piano untuk mengisi waktu luang di akhir pekan. Tapi jika ingin dapat banyak klien potensial, kamu harus ikut beberapa kali training dulu, guys. Sebagian besar piano tuner biasanya adalah self-employed yang punya fleksibilitas dalam waktu.

  1. Sound Technician

Sumber Gambar : myperfectresume.com

Untuk kamu-kamu yang udah punya pengalaman manggung, kamu mungkin tahu sedikit banyak tentang live sound. Selain harus punya pendengaran yang baik dan pengetahuan soal  berbagai program yang dibutuhkan, pastikan kamu juga mengasah skill-mu agar bisa menjadi sound technician andal. Kamu bisa berburu kerjaan di tempat venue musik lokal atau kalau kamu ingin berkelana, cari tahu apa ada band kenalanmu yang lagi buka lowongan sebagai teknisi suara.

  1. Music Teacher/Mentor

part time bidang musik

Sumber Gambar : BestColleges.com

Mengajar musik di tempat-tempat kursus juga jadi pilihan pekerjaan part time bidang musik yang cukup populer, lho. Orang rela membayar mahal untuk mendapat pelajaran musik yang bagus dari guru berkualitas. Dan keuntungannya, kamu punya kendali penuh atas jadwalmu serta berapa jumlah siswa yang diinginkan. Kamu juga bisa membuka kelas les privat di rumah muridmu atau rumahmu.

Jika kamu sering bepergian atau ingin mengajari siswa dalam jumlah yang lebih banyak, coba buka kelas belajar musik online. Ada banyak situs web yang menyediakan ruang untuk guru musik yang ingin mengajar instrumen, seperti gitar, piano, biola hingga nyanyi, lho.

  1. Music Store Salesperson

part time bidang musik

Sumber Gambar : careersinmusic.com

Bekerja di toko musik atau toko kaset juga nggak kalah populer di kalangan pekerja harian tingkat pemula, tapi memberikan pengalaman yang cukup menyenangkan kalau kamu suka berada di sekeliling alat-alat musik atau alunan lagu sepanjang hari. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan kepuasan tersendiri ketika berhasil membantu orang lain mendapatkan sesuatu yang mereka cari, guys.

Meski gajinya nggak terlalu besar, tapi sisi positifnya adalah, kamu akan dikelilingi rekan kerja yang sealiran. Kalau beruntung, kamu mungkin bisa mencoba beberapa alat musik keluaran terbaru atau latihan recording.

  1. Bartender di Music Venue

Sumber Gambar : arcpublishing.com

Well, yah, bartending sendiri emang jelas-jelas nggak melibatkan musik secara langsung, sih, GenKs. Tapi jika kamu melakukannya di tempat keren yang kamu sukai, itu akan jadi cara terbaik untuk menjaga musik tetap mengalir di seluruh denyut nadimu. Dan kabar baiknya, selain tip yang cukup menggoda, pintu peluangmu untuk memperluas koneksi di kalangan musisi lain juga semakin besar.

  1. Cruise Ship Performer

part time bidang musik

Sumber Gambar : Youtube.com

Jika ingin menghasilkan banyak uang sekaligus, menjadi music performer di kapal pesiar bisa jadi pilihan yang menarik. Kekurangannya, jadwalmu bakalan rigid banget, guys. Tapi setelah pertunjukan, kamu akan dapat waktu istirahat yang lumayan, kok. Apalagi selama ikut berlayar kamu nggak perlu lagi mencemaskan soal tagihan-tagihan yang menumpuk.

So, mana, nih, dari rekomendasi pekerjaan part time bidang musik di daftar di atas yang kamu banget, GenKs? Udah siap mendedikasikan sebagian waktumu untuk musik dan menerima bayaran yang lumayan, kan?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Mau Bikin Customer Lebih Suka Produkmu? Pakai Aja Strategi Visual Marketing

Creativepreneur and Career

3 Teknik Menyajikan Story Telling yang Apik Agar Audiens Tenggelam

Creativepreneur and Career

Strategi yang Wajib Kamu Tau, Supaya Bisnis Bisa Berkembang dan Eksis di Pasar Global!

Creativepreneur and Career

Freelance Website untuk Mahasiswa Jurusan Arsitek