Creativepreneur and Career

7 Soft Skill Ini Wajib Dimiliki Mahasiswa Untuk Mengembangkan Karier!

javier-trueba-iQPr1XkF5F0-unsplash (1)-a1dc12da

Soft skill adalah kemampuan yang dimiliki oleh seorang individu secara alami seperti kecerdasan, emosional intelektual, komunikasi dan sosialisasi dengan individu lain. Dengan kata lain, Individu akan menunjukan kemampuannya dalam berinteraksi dengan lingkungan disekitarnya. Dalam dunia kerja profesional, hal ini sangat penting karena setiap perusahaan biasanya akan melihat apakah kandidat suatu individu memiliki soft skill yang relevan atau tidak. Nah pada artikel ini, Kreativv akan memberikan daftar 7 soft skill yang wajib teman – teman miliki untuk membantu kalian dalam mengembangkan karier.

1. Soft Skill Komunikasi

Soft Skill Komunikasi

Sumber Gambar : unsplash.com

Soft Skill pertama yang perlu kamu miliki adalah kemampuan komunikasi. Kemampuan ini sangat wajib sekali untuk kamu miliki, baik di dunia kerja profesional atau kehidupan sehari-hari. Untuk melatih skill ini, kamu perlu memulainya dengan menjadi pendengar yang baik. Jika seseorang sedang mengajakmu berbicara, simaklah dengan saksama.

Selain mendengarkan, kemampuan menyampaikan pesan juga tidak kalah pentingnya. Suatu pekerjaan pasti dilakukan secara bekerja sama dan berdiskusi. Untuk itu, kemampuan menerima dan menyampaikan pesan sangat penting untuk kamu miliki.

2. Soft Skill Kreatif dan Inovatif

Soft Skill Kreatif dan Inovatif

Sumber Gambar : unsplash.com

Kemampuan ini sangat erat berkaitan dan wajib untuk kamu miliki di dunia kerja profesional. Rasa ingin tahu adalah awal dari datangnya sebuah ide kreataif dan sebuah inovasi. Untuk itu, ketiga soft skill ini sangat berguna dalam menyelesaikan sebuah masalah.

Ketika kamu menghadapi masalah dalam pekerjaan, rasa ingin tahu akan membuat kamu tidak berhenti mencari sumber masalah tersebut sehingga ketika kamu mengetahui sumber asalahnya, kamu harus memikirkan solusi yang tepat dan efisien untuk menyelesaikan masalah tersebut.

3. Soft Skill Berpikir Kritis

Soft Skill Berpikir Kritis

Sumber Gambar : unsplash.com

Kemampuan Berpikir Kritis adalah kemampuan yang digambarkan sebagai proses mengevaluasi informasi untuk membuat keputusan atau solusi yang tepat. Kamu bisa mengasah kemampuan ini dengan berbagai cara, seperti membaca buku atau mengikuti diskusi dan debat. Dengan cara tersebut, akan sangat mengembangkan cara pola berpikir kritismu.

Skill ini sangat penting dalam karier dunia kerja profesional, sebab dalam dunia kerja kamu akan mengalami perdebatan dan diskusi untuk mengambil keputusan. Dengan memiliki skill berpikir kritis, kamu bisa menjadi penengah dengan menghasilkan keputusan yang lebih baik dan terukur.

4. Soft Skill Leadership (Kepemimpinan)

Soft Skill Leadership

Sumber Gambar : unsplash.com

Kemampuan kepemimpinan wajib kamu miliki untuk mengembangkan karier dunia kerja profesional. Sebab ketika kamu bekerja tentu kamu ingin menjabat setinggi – tingginya seperti menjadi pemimpin guna mendapat kesempatan yang lebih baik. Maka dari itu, latihlah kemampuan ini dari sekarang.

5. Soft Skill Public Speaking

Soft Skill Public Speaking

Sumber Gambar : unsplash.com

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa skill public speaking adalah sesuatu yang sangat sulit. Mereka merasa tidak mampu ketika harus berbicara di depan banyak orang. Namun, jika kamu ingin sukses dalam mengembangkan karier, kemampuan ini sangat penting. Cara untuk mengembangkan skill ini adalah “Berani” contohnya ketika kamu sedang presentasi pastikan memberanikan diri secara terus-menerus sampai terbiasa.

6. Soft Skill Kerja Sama dan Kolaborasi

Soft Skill Kerja Sama / Kolaborasi

Sumber Gambar : unsplash.com

Kemampuan selanjutnya yang sangat wajib kamu miliki yaitu kemampuan bekerja sama dan berkolaborasi. Sebab dalam dunia kerja kamu tidak hanya bekerja seorang diri, tetapi bekerja di dalam tim.

Karena dengan adanya kerja sama dan kolaborasi tersebut, dapat mempemudah kamu dan bisa menyatukan ide ide baru dengan rekan kerja lainnya dengan tujuan untuk menghasilkan “big idea” yang bisa meningkatkan nilai mutu perusahaan tempat kamu bekerja.

7. Soft Skill Manajemen Waktu

Soft Skill Manajemen Waktu

Sumber Gambar : unsplash.com

 

Soft skill yang terakhir ini sangat wajib dimiliki semua orang. Seseorang yang ingin sukses dalam dunia karir kerja profesional harus memiliki Kemampuan Manajemen Waktu ini. Sebab, masalah waktu menjadi hal yang krusial dalam dunia profesional. Kamu perlu tepat waktu dalam segala melakukan sesuatu, baik datang ke kantor ataupun ketika menyelesaikan banyak pekerjaan.

Nah, itu dia daftar 7 soft skill yang wajib dimiliki mahasiswa untuk mengembangkan karier. Kemampuan – kemampuan tersebut tentunya harus dilatih secara terus – menerus agar semakin baik.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Hal Penting Buat Diperhatikan Saat Career Shifting ke Digital Marketing

Creativepreneur and Career

Apa Itu 1:1 Meeting Serta Manfaatnya untuk Hubungan dalam Pekerjaan

Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Leave a Reply

Your email address will not be published.