Arsitektur & Interior

7 Tips Agar Ruangan Terbatas Bisa Terlihat Lebih Luas

Saat ini kebutuhan tempat tinggal khususnya di daerah perkotaan padat penduduk semakin meningkat, dan hal ini diiringi dengan harga tanah diperkotaan yang juga semakin tinggi. Maka dari itu banyak penduduk di kota besar, contohnya seperti keluarga kecil maupun individu yang sedang merintis karirnya di kota memiliki tempat tinggal dengan luas yang minim untuk meminimalisir biaya. Dalam menata ruangan terbatas dibutuhkan tips agar ruang tersebut dapat terlihat lebih luas. Dengan menata dan mendesain ruang terbatas, penggunaan ruang dalam interior akan menjadi lebih efisien dan aktivitas penghuni didalamnya juga menjadi lebih maksimal. 

Berikut adalah 7 tips agar ruangan terbatas bisa terlihat lebih luas!

1 . Gunakan warna cerah dalam interior

Sumber Gambar : thespruce.com

Tips pertama agar ruangan sempit terlihat lebih luas adalah dengan menggunakan warna cerah pada interior ruang anda, seperti dinding, plafon, lantai, dan juga furnitur didalamnya. Gunakan warna cerah seperti warna putih dan pastel maka ruangan akan terkesan lebih terang, lega, dan terkesan luas.

Karena penggunaan warna cerah di dalam interior akan membuat cahaya yang masuk kedalam ruangan tersebut dapat terpantul dengan baik. Sebaliknya, jika menggunakan warna gelap maka ruangan dengan luas yang terbatas akan terkesan lebih sempit dan suram.

2 . Gunakan furnitur yang berkonsep space saving

Sumber Gambar : architectureartdesigns.com

Seperti namanya, furnitur space saving adalah furnitur yang bisa digunakan untuk menghemat penggunaan ruang. Furnitur space saving adalah furnitur yang fungsional dan memiliki bentuk yang efisien dalam penggunaan ruang.

Gunakan furnitur dan produk interior yang didesain untuk menghemat ruang seperti rak dinding yang dapat berfungsi menjadi meja kerja. Rak dinding yang memiliki fungsi utama sebagai tempat penyimpanan ini memiliki panel kayu yang dapat dibuka kearah horizontal dan berfungsi menjadi alas meja.

Murphy bed atau ranjang lipat yang bisa dilipat kearah dinding yang dapat digunakan untuk menghemat penggunaan ruang pada kamar tidur.

Dengan menggunakan jenis furnitur space saving ini, penggunaan ruang menjadi lebih hemat dan membuat ruangan anda menjadi lebih luas.  Sehingga aktivitas dan sirkulasi penghuni didalamnya dapat menjadi lebih luas dan maksimal.

3 . Gunakan space ruang vertikal

Sumber Gambar : desertcart.id

Space ruang vertikal adalah suatu bidang vertikal yang memiliki fungsi memisahkan ruang dengan ruang lainnya seperti dinding pada rumah anda. Area dinding bisa anda manfaatkan dengan memasang rak ambalan sebagai tempat penyimpanan.

Atau tempelkan TV dan memasang furnitur seperti floating cabinet pada dinding tersebut sehingga memberikan space ruang terbuka pada lantai. Gunakan juga area dinding untuk memasang beberapa lukisan di dinding sebagai elemen dekorasi dan aksen pada ruangan sehingga ruangan terlihat lebih estetik.

4 . Gunakan Cermin

Sumber Gambar : customglassandmirrornyc.com

Cermin dapat membantu memberi ilusi ruang yang lebih luas pada mata, karena refleksi yang dipantulkan dari cermin tersebut membuat ruangan terkesan dua kali lebih luas.

Cermin juga dapat membantu memantulkan cahaya di dalam ruangan sehingga ruangan bisa terlihat terang dan terkesan lega.

Anda bisa memasang cermin di dinding ruangan sebagai dekorasi, dan semakin besar ukuran cerminnya maka ilusi ruangnya juga akan semakin luas.

5 . Gunakan pintu geser

Sumber Gambar : pchenderson.ie

Gunakan pintu dengan mekanisme geser untuk membuat penggunaan space ruang menjadi lebih efisien. Karena kebutuhan ruang untuk pintu geser lebih minim daripada pintu konvensional biasa yang perlu space ruang untuk berayun saat pintu dibuka maupun ditutup.

Pintu geser juga tidak membatasi sudut pandang sehingga membuat ruangan yang sempit menjadi lebih luas. Gunakan pintu geser dengan mekanisme geser sebagai pembatas antar ruang, dan pada furnitur yang menggunakan pintu atau bidang untuk menutup bagian dalam furnitur tersebut seperti contohnya lemari dan kabinet.

6 . Gunakan pola garis dalam interior

Sumber Gambar : floortrendsmag.com

Anda pasti pernah mendengar tentang teori tentang seseorang yang menggunakan baju berpola strip atau garis – garis vertikal akan membuat dia terlihat lebih tinggi. Ilusi garis ini juga berlaku dalam interior lho.

Misalnya mengaplikasikan pola garis horizontal pada lantai dengan menggunakan vinyl kayu, maka ruangan anda akan terkesan lebih lebar dan luas. Atau gunakan gorden atau tirai besar pada jendela untuk memberi kesan ruang vertikal yang lebih tinggi.

7 . Pencahayaan yang baik

Sumber Gambar : certified-lighting.com

Pencahayaan dalam interior membantu menciptakan kesan dan nuansa ruang. Dan jika anda ingin memberi kesan luas pada ruangan yang kecil dan terbatas, anda harus mendapatkan pencahayaan yang cukup. Seperti pencahayaan alami dari jendela ataupun pencahayaan artifisial atau buatan. Ruangan yang terang akan memberi kesan yang luas dan lapang.

Ruangan terbatas bukanlah menjadi alasan ruang tersebut tidak nyaman dan tidak berfungsi dengan baik, tetapi pemilihan dan penataan interior di dalamnya yang mempengaruhi kondisi dengan kualitas ruangan tersebut.

Jadi, bagi anda yang memiliki ruang hunian yang terbatas semoga 7 tips diatas dapat membantu anda menciptakan ruang hunian anda terlihat lebih luas dan tentunya nyaman saat digunakan.

Penulis : Antonius Evan Wibowo (Mahasiswa Jurusan Desain Interior, Universitas Kristen Petra Surabaya)
About author

Related posts
Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!