GenK LIFE

7 Tips Aman Buat Kamu yang Suka Belanja Online

Perkembangan teknologi internet saat ini mengiringi banyaknya bermunculan aplikasi atau situs baru, salah satunya situs belanja online atau e-Commerce. Penjual kini jadi lebih mudah untuk membangun toko online yang menjual dan menawarkan aneka barang juga jasa.

Kemudahan ini juga tentu membuat kita sebagai konsumen tertarik apalagi jika situs belanja tersebut memberikan banyak promo. Misalnya tawaran harga miring, cashback, hingga promo gratis ongkis hampir setiap harinya. Hal ini tentu membuat tingkat konsumsi jadi semakin tinggi.

Agar kamu nyaman dalam berbelanja pada situs online, sebenarnya ada beberapa tips belanja online yang bisa kamu terapkan dari HaloMoney sebagai berikut:

1. Lakukan riset terhadap situs belanja online

Ilustrasi cek informasi. (Sumber: pexels)

Hal yang pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan riset terhadao situs belanja online. Salah satunya adalah dengan mencari informasi lengkap penjual atau pemilik toko online. Kamu bisa melihat secara detail melalui kontak yang tertera seperti Pin BBM, Messager dan lainnya.

Kamu juga bisa mencoba melakukan pencarian dengan Google dengan mencari berbagai ulasan toko. Apabila banyak keluhan dengan layanan toko, sebaiknya jangan melakukan transaksi disana. Pilihlah situs belanja yang mendapat apresiasi positif, dan hindari situs belanja yang mendapat bintang satu atau mendapat komplain dan kekecewaan dari konsumen di akun media sosialnya maupun di situsnya.

2. Baca kebijakan yang berlaku

Ilustrasi belanja online. (Sumber: pexels)

Kamu juga harus mengecek semua kebijajan yang berlaku di situs online. Jangan sampai ada poin yang menyebutkan bahwa pengelola situs web tersebut boleh memberikan data pribadi konsumen ke pihak lain. Hal penting lainnya yang harus kamu perhatikan adalah kebijakan pengembalian barang.

Pastikan kamu boleh mengembalikan barang apabila mendapatkan barang yang cacat atau tidak sesuai. Terlebih saat membeli kamu juga tidak melihat langsung barang tersebut. Kamu bisa meminta gabti dengan barang yang baru ataupun pengembalian uang.

About author

Related posts
GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD