Game & Teknologi

7 Tips Belajar UI UX Design, Newbie Wajib Tahu

UI dan UX designer belakangan adalah salah satu profesi yang cukup familiar. Kamu bisa nemuin banyak banget lowongan sebagai UI UX designer di luar sana, GenKs. Nggak heran semakin ramai orang yang tertarik mendalami bidang satu ini. Nah, buat kamu-kamu para newbie yang kepo ingin belajar UI UX design, ikuti tips-tips berikut, dan dijamin masa depanmu di dunia perdesainan makin cerah.

  1. Pelajari Dulu Prinsip-Prinsip UI UX Design

Sumber Gambar : amazonaws.com

Hal utama yang jadi cakupan UI atau user interface adalah seluruh aspek visual yang ditampilkan dalam situs web. So, tips pertama yang harus dilakukan jika ingin belajar tentang UI design, ya, dengan mengenali apa aja, sih, prinsip dari UI design itu sendiri.

Ada pun beberapa prinsip dari UI design, yakni warna, balance, contrast hingga typography. Pelajarilah dasar-dasar dan psikologi warna. Selain itu, kamu juga harus bisa bikin desain yang seimbang dengan memperhatikan kontras dan juga font huruf.

  1. Cari Tahu tentang Proses Kreatif dari Profesi UI/UX Designer

Sumber Gambar : hacktiv8.com

Selanjutnya, pelajari tentang seluruh rangkaian proses kreatif dari profesi sebagai desainer UI UX. Mulai dari discover, yakni melakukan riset, mencari inspirasi dan ngumpulin ide-ide. Kemudian define, di mana UI/UX designer harus bisa mendefinisikan ide-ide mereka. Lalu ada proses develop atau pengembangan ketika seorang desainer mulai merancang konsep dan mengujinya sampai dapat hasil yang diinginkan. Dan yang terakhir, delivery. Di tahap ini desainer harus memproduksi serta menyelesaikan proyeknya.

  1. Kumpulkan Referensi Desain Sebanyak Mungkin

Sumber Gambar : wearejh.com

Jangan berhenti mencari dan ngumpulin berbagai referensi desain. Ini adalah poin penting saat kamu ingin belajar UI UX design dengan baik, guys. Pelajarilah kelebihan dan kekurangan dari desain-desain yang ada. Atau kamu juga bisa menambah referensi dengan banyak-banyak baca artikel seputar UI/UX design untuk menambah pengetahuan. Selain itu, dengan membaca artikel desain UI UX, kamu jadi tahu tren apa yang lagi booming.

  1. Mulai Belajar Software yang Dibutuhkan UI/UX Designer

Sumber Gambar : soocadigital.com

Mulai dari Adobe XD, Balsamiq, Sketch dan masih banyak lagi software lainnya yang biasanya dipakai seorang UI UX designer. Nah, kalau ingin mahir mendesain UI UX, pastikan kamu mulai belajar gimana cara pakai alat-alat tersebut. Gunakan salah satu tool untuk menyalurkan ide-ide kreatifmu dan cari tahu apa, aja, sih, fitur-fitur yang dimiliki software tertentu dan apa kekurangannya. Jadi, kamu nggak kagok sewaktu dapat job nantinya.

  1. Ikut Kelas UI UX Design

Sumber Gambar : studyworkgrow.com.au

Cara terbaik selanjutnya untuk mahir belajar UI UX design adalah dengan mendaftar kelas khusus atau mengikuti bootcamp. Langkah ini dapat membuka peluang bagimu untuk bertumbuh dan berkembang sebagai seorang UI UX designer yang jago. Karena di tempat-tempat seperti ini kamu akan dapat pengajaran dan panduan langsung dari para pakar serta praktisi ternama di bidang UI UX. Selain itu, dengan ikut pelatihan kamu juga bisa ngerasain secara langsung semangat dan antusiasme yang ada di bidang UI UX.

  1. Ajak Teman Seperjuangan Berdiskusi Bersama

belajar UI UX design

Sumber Gambar : medium.com

Carilah teman diskusi dengan bergabung di komunitasnya para UI UX designer. Jadi, kamu bisa langsung bertanya dan berdiskusi jika ada kesulitan. Nggak cuma bisa dapat banyak ilmu baru, di sini kamu juga dapat menjalin koneksi yang penting dalam karir profesional sebagai desainer UI/UX.

  1. Bangunlah Portofolio versi Terbaikmu

belajar UI UX design

Sumber Gambar : purdue.edu

Dan yang terakhir, mulailah membangun portofolio. Ini menjadi langkah yang nggak kalah penting dari rangkaian proses belajar UI UX design. Membuat portofolio adalah trik jitu untuk mengembangkan skill serta kreativitasmu dalam bidang desain. Selain itu, kebanyakan perusahaan ingin tahu sehebat apa kemampuan pelamar saat membuka rekrutmen UI UX designer.

Gimana, GenKs, siap belajar UI UX design dan terjun lebih dalam ke dunia perdesainan, kan?

About author

Related posts
Game & Teknologi

6 Tips Mudah untuk Bikin Kid Friendly Website, Cek di Sini!

Game & Teknologi

Perbandingan Perbedaan Adobe Illustrator Vs CorelDRAW, Mana yang Lebih Unggul?

Game & Teknologi

Pakai Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik, Biar Kamu Semakin Produktif

Game & Teknologi

Front End Developer vs. Back End Developer, Apa Sih Bedanya?