Creativepreneur and Career

7 Tips Digital Marketing Untuk Para Pemula

Tips Digital Marketing

Sebelum kita membahas tentang tips digital marketing, ada baiknya baiknya kita pahami dulu pentingnya pemasaran online. Perbedaan utama saat memasarkan secara klasik dan modern adalah kecepatan dan keluasan jangkauannya. Namun apabila menggunakan cara tradisional, door to door misalnya, untuk menjangkau 100 audiens akan memerlukan waktu sangat lama.

Cara lebih cepat adalah menyewa iklan pada stasiun televisi, akan tetapi harganya lumyan mahal, terutama tampil di prime time. Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, melahirkan sosial media, dari situ seseorang bisa berkomunikasi serta terhubung dengan berbagai pihak di seluruh penjuru dunia.

Hal ini berdampak positif tidak hanya bagi pengguna sosial media, tetapi juga pemilik bisnis. Melalui keleluasaan tersebut, pemilik bisnis akan bisa lebih mudah menjangkau target marketnya tanpa harus membayar mahal – mahal.

Selain itu, dengan tools yang tersedia saat ini, bisa mengembangkan dan membatasi target audiensnya, sehingga lebih tepat sasaran. Bahkan ada anekdot, apabila Anda ingin sukses dalam berbisnis, maka hanya tinggal membicarakan berapa anggaran tiap harinya untuk beriklan. Karena semakin besar anggaran iklannya, berarti potensi kesuksesannya juga akan semakin tinggi.

Meskipun setiap orang menyadari bahwa digital marketing terutama untuk menjangkau audiens dan mengkonversinya menjadi konsumen, tetapi tidak setiap orang mampu mengoptimalkannya. Bahkan terkadang cenderung menghabiskan uang saja, berikut tipsnya.

  1. Memahami Kebutuhan Audiens

Sumber Gambar : Katarasa.id

Memahami kebutuhan audiens merupakan bagian terutama, disaat Anda dapat memahami kebutuhan audiensnya, maka Anda bisa mendapatkan perhatian dari audiensnya. Perhatian tersebut akan mendorong munculnya keinginan dan akan mengarahkan mereka agar menjadi pelanggan.

  1. Membuat Iklan yang Menarik

Sumber Gambar : tommcifle.com

Iklan juga menjadi Icon yang akan sangat membantu anda agar dapat dikenal banyak orang. Iklan yang akan ditampilkan juga harus dapat menarik perhatian audiens. Dimulai dari menggugah interest audiens atau memberikan solusi. Biasanya iklan menghibur dan memancing emosi akan lebih berdampak positi dalam penjualan produk – produknya.

  1. Fokus Pada Konten Berkualitas

Sumber Gambar : Maxmanroe.com

Iklan yang dapat menarik perhatian audiensnya akan mempercepat pertumbuhan dalam penjualan, Namun harus dibarengi dengan konten-konten yang berkualitas. Apabila iklannya menceritakan sedikit informasi tentang produknya, maka konten pendukungnya harus bisa menjelaskan produknya secara detail.

  1. Memiliki Tim yang Kompeten

Tips Digital Marketing

Sumber Gambar : Duniakaryawan.com

Tips digital marketing berikutnya adalah anda diharuskan untuk dapat memiliki tim konten dan ads yang kompeten dalam bidangnya. Meskipun pemasaran sudah menggunakan teknologi digital, akan tetapi seluruh prosesnya harus dijalankan secara manual oleh tim berkompetensi tinggi dan juga memiliki pengalaman yang lebih.

  1. Memilih Platform yang Tepat

Tips Digital Marketing

Sumber Gambar : Shiftindonesia.com

Pemasaran yang ideal juga harus dibarengi dengan platform yang tepat, contohnya apabila tujuannya pemsarannya pada anak – anak muda, instagram menjadi pilihan yang terbaik, atau tujuan pemasarannya pada orang tua, facebook menjadi pilihannya dan apabila titik pemasarannya tertuju pada akademisi dan perusahaan, linked in adalah solusinya.

  1. Melakukan Evaluasi Pada Setiap Strategi Pemasarannya

Strategi bisa saja berjalan optimal atau bisa tidak berjalan secara optimal, langkah yang tepat mengatasinya adalah dengan melakukan evaluasi mingguan seminggu sekali melakukan evaluasi. Melalui evaluasi, dapat mengetahui sebab – sebab keberhasilan atau sebab – sebab kegagalan strateginya.


  1. Integrasikan Semua Channel

Tips Digital Marketing

Sumber Gambar : Quora.com

Di poin sebelumnya, kita sudah sempat menyinggung berbagai channel pemasaran seperti blog , media sosial, iklan.

Meski tak mudah, coba integrasikan channel–channel yang kamu pakai. Untuk menjelaskan fungsi trik pemasaran digital ini, Kami akan memberikan contoh.

Misalnya, tim media sosial sedang melakukan campaign A. Sayangnya, campaign ini tak “diumumkan” lewat blog atau iklan digital. Secara otomatis, informasinya tak tersebar luas. Audiens juga jarang menemukannya.

Padahal, kata kata Marketing Insider Group, frekuensi pesan sangat memengaruhi proses konversi audiens menjadi pengguna. Jadi, coba integrasikan berbagai channel, ya. Untuk memudahkan proses ini, coba buat digital marketing plan.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Membuat Portofolio Desain Interior yang Menarik

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis, Pahami Dulu Perbedaan Paten, Merek dan Hak Cipta

Creativepreneur and Career

6 Point Penentu Keberhasilan Bisnis Kuliner Yang Wajib Dioptimalkan!

Creativepreneur and Career

Manfaat Optimasi E-Commerce Buat Jangka Panjang Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *