Hobi & Kriya

7 Tips&Trick Mengelola Limbah Masker Menjadi Pot Untuk Hiasan Ruangan

Teman – teman pasti sudah gak asing nih sama yang namanya masker. Karena untuk kegiatan kita sehari -hari masker sendiri menjadi kebutuhan kita untuk mencegah penyebaran COVID-19. Tapi apakah teman -teman tahu bahwa sampah masker menjadi sangat mengkhawatirkan untuk lingkungan kita. Sampah masker sensdiri sudah mencapai 129 miliar atau 3 juta masker per menit selama sebulan (Xu and Ren 125) dan membutuhkan waktu ratusan tahun untuk teurai. Maka dari itu Langkah kecil mengelola limbah masker akan berdampak besar untuk bumi kita. Yuk belajar mengelola limbah masker menjadi pot menjadikan Langkah kecil kita untuk bumi yang lebih baik.

1. Jangan Lupa Menggunakan Alat Pelindug Diri

Sumber Gambar : http://www.alodokter.com

Pertama – tama, kita harus memakai alat pelindung diri seperti masker dan sarung tangan untuk mematuhi peraturan dari kemenkes. Protokol kesehatan diperlukan agar kita terhindar dari virus yang mungkin masih menempel pada limbah masker yang akan kita kelola. Karena seperti kita tahu bahwa limbah masker merupakan Limbah B3 atau bahan beracun berbahaya.

2. Kumpulkan Limbah Masker

Sumber Gambar : waste4change.com

Untuk membuat pot dari limbah masker pastinya kita membutuhkan limbah masker sebagai material utama. Kumpulkan limbah masker yang menjadi konsumsi pribadi sehingga kita bisa memastikan bahwa masker bekas yang kita gunakan berasal dari orang yang sehat dan tidak bergejala. Semakin banyak warna dari maskermu akan menjadikan potmu semakin menarik dan unik.

3. Disinfek Limbah Maskermu!

Sumber Gambar : tempo.co

Jangan lupa sebelum masuk ke dalam pengelolaan, diiinfektan maskermu menggunakan semprotan disinfektan karena masker merupakan limbah B3 atau bahan beracun berbahaya. Sehingga harus dipastikan bahwa limbah tersebut bersih melalui penyeprotan disinfektan. Namun, kita juga bisa membersihkan limbah masker dengan mencuci masker dengan cairan disinfektan atau pemutih. Lalu dikeringkan di bawah sinar matahari.

4. Siapkan Bahan Yang Akan Digunakan Dalam Mengelola Limbah Masker

Sumber Gambar : dokumen pribadi

Bahan yang perlu dipersiapkan dalam mengelola limbah masker menjadi pot seperti: limbah masker, cetakan silicon pot, resin, katalis, gelas aqua bekas, stik es krim, gunting, dan timbangan. Persiapkan material terlebih dahulu sehingga akan mempermudah saat pencobaan. Namun kamu juga bisa mengganti material resin menggunakan bahan pengikat lain seperti semen. Hal ini akan menciptakan tampilan yang berbeda untuk potmu.

5. Pengelolaan Masker

Sumber Gambar : Dokumen Pribadi

Pisahkan masker dari kawat dan tali masker. Lalu gunting permukaan sekitar dari masker sehingga masker akan menjadi lembaran yang siap diolah. Pada eksperimen ini kita akan menggunakan lapisan terluar dan terdalam.

6. Suwir Masker

Sumber Gambar : Dokumen Pribadi

Lapisan masker sudah terpisah menjadi beberapa bagian yaitu, Lapisan paling dalam, tengah, dan luar. Pada eksperimen ini lapisan dalam dan terluar yang akan dipakai. Suwir-suwir masker menjadi seperti benang menggunakan tangan. Pencampuran warna tiap lapisan akan memberikan efek cantik pada pot.

7. Pencampuran Resin

Mengelola Limbah Maskar

Sumber Gambar : Dokumen Pribadi

Pada tahap ini, resin dan katalis mulai dicampur sesuai dengan takaran resin itu sendiri. Untuk takaran pada eksperimen ini menggunakan 1: 2. Campur resin dan katalis menggunakan gelas aqua dan aduk dengan stik es krim hingga tidak ada lagi gelembung dan terasa hangat. Setelah resin terasa hangat masukkan bagian suwiran masker ke dalam resin dan aduk hingga rata.

8. Mencetak

Mengelola Limbah Maskar

Sumber Gambar : Dokumen Pribadi

Siapkan cetakan silicon berbentuk pot. Lalu masukkan campuran resin dan suwiran masker ke dalam cetakan. Lalu ratakan bagian atas dari cetakan pot dan pastikan setiap lubang terisi agar pot rata tak bergelombang. Setelah step ini, kita tinggal menunggu resin menjadi kering dan pot siap digunakan

9. Pot Siap Digunakan dan Menjadi Hiasan.

Mengelola Limbah Maskar

Sumber Gambar : Dokumen Pribadi

Masukan tanah dan tumbuhan yang kamu suka ke dalam pot dan pot siap menjadi hiasan di meja belajar atau dimanapun kamu ingin hias. Limbah masker yang mungkin sudah tidak lagi berguna atau dibuang, bisa menjadi benda yang lebih bermanfaat.

Semoga dengan adannya tips ini semakin banyak orang dapat mengelola limbah masker menjadi benda yang lebih bermanfaat. Dengan Langkah kecil kita mengelola limbah masker dapat berdampak besar untuk orang dan lingkungan sekitar kita. Yuk kelola limbah masker kita menjadi lebih
bermanfaaat , untuk bumi yang lebih baik.

Sumber :

https://www.farmaku.com/artikel/penggunaan-sarung-tangan-latex/

https://waste4change.com/blog/waste-management-emergency-during-the-covid-19-pandemic/

https://koran.tempo.co/read/metro/461890/masker-sekali-pakai-merupakan-limbah-berbahaya

https://link.springer.com/content/pdf/10.1007/s11783-021-1413-7.pdf

Penulis :  Olivia Tantiono | Program Studi Desain Interior Universitas Kristen Petra
About author

Related posts
Hobi & Kriya

Tips Membuat Area Belajar Anak Menjadi Nyaman, Agar si Kecil Betah Belajar

Hobi & Kriya

Ciptakan Fasilitas Belajar Unik untuk Anak di Rumah Berbahan Eceng Gondok

Hobi & Kriya

Ide Vas Bunga Tanah Liat Yang Wajib Kamu Coba Buat!

Hobi & Kriya

Gading Serpong Olympic XI : EUPHORIA

Leave a Reply

Your email address will not be published.