GenK LIFE

Kerap Alami Afternoon Slump? Gini Cara Mengatasinya!

afternoon-slump

Nggak disangkal, semangat dan fokus bisa merosot tajam usai istirahat makan siang. Bahkan orang paling termotivasi pun bisa merasa begitu lelah tak terkira setelah tengah hari. Hal ini tentu sangat berpengaruh pada produktivitas.Entah karena disebabkan kurang tidur atau kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan berat, yang jelas kondisi yang dikenal dengan istilah afternoon slump ini erat kaitannya dengan kemampuanmu dalam menyelesaikan sesuatu.

Perlu diketahui kalau ada banyak faktor yang berkontribusi pada energi, motivasi serta fokus sepanjang hari. Lantas gimana caranya tetap produktif?

Sesuaikan Jadwal dan Biasakan Dirimu Menjaga Produktivitas

atur jadwal dan produktivitas

Sumber: talentedladiesclub.com

Hari-hari kita terdiri dari puncak dan lembah energi. Di awal hari biasanya kita berada di puncak semangat. Semakin siang, energi mulai berkurang hingga akhirnya hanya tersisa sedikit jelang sore. Karena itu sebagian besar orang memutuskan untuk menyelesaikan tugas berat secepatnya sebelum afternoon slump datang. Tapi ada juga yang justru menundanya karena merasa lebih terpacu ketika mengerjakannya mepet dengan deadline.

Rahasia agar produktivitasmu terjaga adalah dengan mengenali ritme alami tubuhmu. Latihlah setiap hari agar kamu bisa tetap berada dalam kondisi terbaik sepanjang hari. Ada rumus yang bisa kamu praktekkan, yakni 1-3-5. Apa itu? Selesaikan 1 tugas besar ketika energimu berlimpah, kemudian bisa dilanjutkan dengan 3 tugas yang punya kesulitan sedang, lalu akhiri dengan 5 tugas ringan di akhir hari.

Bergerak, Bergerak dan Bergerak!

bersepeda atasi afternoon slump

Sumber: hr-swiss.ch

Olahraga adalah salah satu hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga energi penuh sepanjang hari. Rutin berolahraga juga membantumu lebih fokus. Berdiri dan meregangkan tangan tinggi-tinggi bisa membantumu melepaskan ketegangan saat duduk di depan meja dan menatap layar dari pagi. Bisa juga coba olahraga ringan yang bisa dilakukan di kantor.

Kalau memungkinkan, kamu bisa berjalan-jalan sebentar atau mungkin bersepeda saat jam istirahat. Pergi ke luar kantor dan beraktivitas sejenak terbukti bisa membantumu menjaga produktivitas hingga jam kerja berakhir, lho. Coba aja deh, 5 atau 10 menit berjalan beberapa blok di luar gedung kantor dan rasakan bedanya.

Baca Juga :   Meningkatkan Produktivitas dengan To Don’t List
About author

Related posts
GenK LIFE

Sering Overthinking? Ini Tips Meditasi yang Ampuh Jaga Pikiranmu Tetap Fokus

GenK LIFE

Buat Yang Lagi Intermitten Fasting, Ini Dia Minuman Yang Boleh Dikonsumsi!

GenK LIFE

Gak Cuma Sakti di Film dan Manga, Ini Dia Fakta Mengenai Ninja!

GenK LIFE

Jangan Percaya Dengan Kabar Hoax! Ini Fakta Dan Mitos Vertigo