GenK LIFE

Kerap Alami Afternoon Slump? Gini Cara Mengatasinya!

afternoon-slump

Buang Jenuh dan Tambah Asupan Energi dengan Musik

putar musik untuk tambah energi

Sumber: youmatter.world

Musik punya kekuatan besar untuk memengaruhi kita. Dari banyaknya manfaat mendengarkan musik, salah satunya bikin kita merasa lebih baik sehingga lebih semangat dan konsentrasi dalam mengerjakan sesuatu, lebih kreatif, sanggup keluar dari zona nyaman dan tetap produktif selama jam-jam membosankan.

Faktanya, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of music Therapy, disebutkan bahwa dengan mendengarkan musik favorit bisa menurunkan ketegangan, membuatmu lebih bahagia dan produktif selama berada dalam situasi stres di tempat kerja.

Tapi bukan berarti semua musik itu bagus dan berguna dalam mengatasi afternoon slump. Untuk tugas ringan, dengarkanlah lagu-lagu yang pernah kamu dengarkan sebelumnya. Untuk tugas yang berulang atau membosankan, lebih bagus musik yang kamu kenal dan sukai. Sementara untuk kamu yang mencoba belajar, musik instrumental adalah pilihan terbaik. Dan kalau ingin menyelesaikan tugas-tugas yang menantang secara kognitif, musik klasik dan instrumental terbukti bisa meningkatkan performa.

Jadwalkan Kerja Bareng-Bareng Lebih Banyak di Sore Hari

produktif bareng teman

Sumber: shackletontowers.com

Baik kamu adalah seorang introvert atau ekstrovert, bekerja bareng dengan orang lain bisa membantu meningkatkan energi, lho. Wah, ini bisa dijadikan solusi buat mengatasi afternoon slump, nih. Ketika kamu didera kelelahan di sore hari, sangat mudah menghabiskan berjam-jam lamanya untuk membaca e-mail atau mencoba menulis dokumen. Tapi percayalah, ketika kamu bekerja dengan rekan kantor, nggak bakal deh, kamu terjebak lingkaran setan itu.

Tapi gimana kalau kita nggak bisa melakukan trik ini di kantor? Jangan khawatir, ada teknik cerdas yang bisa kamu praktikkan untuk merasakan manfaat serupa, kok. Adalah teknik Pomodoro. Nah, aturan dalam pomodoro adalah, kamu bekerja dengan penuh semangat selama 25 menit dan istirahat selama 5 menit sebelum lanjut ke sesi berikutnya. Kenapa demikian? Karena manusia nggak dirancang untuk bisa bekerja terus menerus sepanjang hari dengan energi penuh.

Rangsang Tubuh untuk Memproduksi Energi Tambahan

energi tambahan untuk cegah kantuk

Sumber: blog.vikingdirect.ie

Last but not least, cara mengatasi afternoon slump adalah dengan merangsang tubuhmu untuk memproduksi ekstra energi. Banyak kok, caranya. Bisa dengan memasang diffuser yang diisi essential oil untuk memicu relaksasi, mengunyah permen karet yang terbukti dapat meningkatkan konsentrasi, atau bisa juga dengan minum kopi maupun teh aromatik.

Nah, dengan tips di atas, kamu nggak perlu lagi takut pada kedatangan afternoon slump yang mengganggu produktivitas kerjamu, deh. Simak juga nih, tips untuk meningkatkan produktivitasmu selama di kantor maupun rumah!

About author

Related posts
GenK LIFE

Menjaga Hidrasi Kulit dengan Glow Better Coconut Series. Yuk Ketahui Urutan Pakainya!

GenK LIFE

10+ Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 untuk Keluarga, Teman hingga Pacar

GenK LIFE

Kenali 5 Jenis Jerawat dan Tips Mengatasinya Agar Tidak Membekas

GenK LIFE

Olahraga Saat Puasa? Why Not! Ini Jenis Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan di Bulan Ramadan