GenK LIFE

Kerap Alami Afternoon Slump? Gini Cara Mengatasinya!

afternoon-slump

Nggak disangkal, semangat dan fokus bisa merosot tajam usai istirahat makan siang. Bahkan orang paling termotivasi pun bisa merasa begitu lelah tak terkira setelah tengah hari. Hal ini tentu sangat berpengaruh pada produktivitas.Entah karena disebabkan kurang tidur atau kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan berat, yang jelas kondisi yang dikenal dengan istilah afternoon slump ini erat kaitannya dengan kemampuanmu dalam menyelesaikan sesuatu.

Perlu diketahui kalau ada banyak faktor yang berkontribusi pada energi, motivasi serta fokus sepanjang hari. Lantas gimana caranya tetap produktif?

Sesuaikan Jadwal dan Biasakan Dirimu Menjaga Produktivitas

atur jadwal dan produktivitas

Sumber: talentedladiesclub.com

Hari-hari kita terdiri dari puncak dan lembah energi. Di awal hari biasanya kita berada di puncak semangat. Semakin siang, energi mulai berkurang hingga akhirnya hanya tersisa sedikit jelang sore. Karena itu sebagian besar orang memutuskan untuk menyelesaikan tugas berat secepatnya sebelum afternoon slump datang. Tapi ada juga yang justru menundanya karena merasa lebih terpacu ketika mengerjakannya mepet dengan deadline.

Rahasia agar produktivitasmu terjaga adalah dengan mengenali ritme alami tubuhmu. Latihlah setiap hari agar kamu bisa tetap berada dalam kondisi terbaik sepanjang hari. Ada rumus yang bisa kamu praktekkan, yakni 1-3-5. Apa itu? Selesaikan 1 tugas besar ketika energimu berlimpah, kemudian bisa dilanjutkan dengan 3 tugas yang punya kesulitan sedang, lalu akhiri dengan 5 tugas ringan di akhir hari.

Bergerak, Bergerak dan Bergerak!

bersepeda atasi afternoon slump

Sumber: hr-swiss.ch

Olahraga adalah salah satu hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga energi penuh sepanjang hari. Rutin berolahraga juga membantumu lebih fokus. Berdiri dan meregangkan tangan tinggi-tinggi bisa membantumu melepaskan ketegangan saat duduk di depan meja dan menatap layar dari pagi. Bisa juga coba olahraga ringan yang bisa dilakukan di kantor.

Kalau memungkinkan, kamu bisa berjalan-jalan sebentar atau mungkin bersepeda saat jam istirahat. Pergi ke luar kantor dan beraktivitas sejenak terbukti bisa membantumu menjaga produktivitas hingga jam kerja berakhir, lho. Coba aja deh, 5 atau 10 menit berjalan beberapa blok di luar gedung kantor dan rasakan bedanya.

Buang Jenuh dan Tambah Asupan Energi dengan Musik

putar musik untuk tambah energi

Sumber: youmatter.world

Musik punya kekuatan besar untuk memengaruhi kita. Dari banyaknya manfaat mendengarkan musik, salah satunya bikin kita merasa lebih baik sehingga lebih semangat dan konsentrasi dalam mengerjakan sesuatu, lebih kreatif, sanggup keluar dari zona nyaman dan tetap produktif selama jam-jam membosankan.

Faktanya, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of music Therapy, disebutkan bahwa dengan mendengarkan musik favorit bisa menurunkan ketegangan, membuatmu lebih bahagia dan produktif selama berada dalam situasi stres di tempat kerja.

Tapi bukan berarti semua musik itu bagus dan berguna dalam mengatasi afternoon slump. Untuk tugas ringan, dengarkanlah lagu-lagu yang pernah kamu dengarkan sebelumnya. Untuk tugas yang berulang atau membosankan, lebih bagus musik yang kamu kenal dan sukai. Sementara untuk kamu yang mencoba belajar, musik instrumental adalah pilihan terbaik. Dan kalau ingin menyelesaikan tugas-tugas yang menantang secara kognitif, musik klasik dan instrumental terbukti bisa meningkatkan performa.

Jadwalkan Kerja Bareng-Bareng Lebih Banyak di Sore Hari

produktif bareng teman

Sumber: shackletontowers.com

Baik kamu adalah seorang introvert atau ekstrovert, bekerja bareng dengan orang lain bisa membantu meningkatkan energi, lho. Wah, ini bisa dijadikan solusi buat mengatasi afternoon slump, nih. Ketika kamu didera kelelahan di sore hari, sangat mudah menghabiskan berjam-jam lamanya untuk membaca e-mail atau mencoba menulis dokumen. Tapi percayalah, ketika kamu bekerja dengan rekan kantor, nggak bakal deh, kamu terjebak lingkaran setan itu.

Tapi gimana kalau kita nggak bisa melakukan trik ini di kantor? Jangan khawatir, ada teknik cerdas yang bisa kamu praktikkan untuk merasakan manfaat serupa, kok. Adalah teknik Pomodoro. Nah, aturan dalam pomodoro adalah, kamu bekerja dengan penuh semangat selama 25 menit dan istirahat selama 5 menit sebelum lanjut ke sesi berikutnya. Kenapa demikian? Karena manusia nggak dirancang untuk bisa bekerja terus menerus sepanjang hari dengan energi penuh.

Rangsang Tubuh untuk Memproduksi Energi Tambahan

energi tambahan untuk cegah kantuk

Sumber: blog.vikingdirect.ie

Last but not least, cara mengatasi afternoon slump adalah dengan merangsang tubuhmu untuk memproduksi ekstra energi. Banyak kok, caranya. Bisa dengan memasang diffuser yang diisi essential oil untuk memicu relaksasi, mengunyah permen karet yang terbukti dapat meningkatkan konsentrasi, atau bisa juga dengan minum kopi maupun teh aromatik.

Nah, dengan tips di atas, kamu nggak perlu lagi takut pada kedatangan afternoon slump yang mengganggu produktivitas kerjamu, deh. Simak juga nih, tips untuk meningkatkan produktivitasmu selama di kantor maupun rumah!

About author

Related posts
GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

GenK LIFE

Penting, Kenali Macam-Macam Istilah dalam Aplikasi Beasiswa