GenK LIFE

7 Alasan Kenapa Cewek Harus Cobain Solo Travelling

alasan cewek solo travelling

Travelling menjadi salah satu hobi yang banyak digemari orang Indonesia. Zaman sekarang tak jarang kamu menemukan perempuan yang solo travelling ke berbagai penjuru dunia. Namun sebagian lainnya masih ragu-ragu untuk berangkat sendiri atau tidak, tentunya dengan berbagai alasan di belakangnya. Kamu termasuk yang mana nih? Kalau kamu masih ragu, di sini kami akan membagikan beberapa alasan kenapa cewek harus cobain solo travelling. Traveler cewek itu kece abis dan selama perjalanan bisa sekalian self-healing. Kalau gitu langsung saja kita simak beberapa alasannya berikut ini. 

Punya Waktu untuk Refleksi Diri

alasan cewek solo travelling

Selama perjalanan hanya berteman dengan diri sendiri (sumber: unsplash.com)

Saat pergi solo travelling siapa lagi temanmu kalau bukan dirimu sendiri. Duduk berjam-jam di kursi penumpang sambil melihat pemandangan yang terpampang di jendela bikin pikiranmu menerawang ke mana-mana. Bisa saja kamu jadi memikirkan tentang kehidupan, apa saja yang sudah kamu lakukan selama ini, resolusi hidup seperti apa lagi yang ingin kamu capai, dan masih banyak lagi. Manfaatkan momen ini untuk merefleksi diri selagi keluar dari rutinitas pekerjaan yang padat. 

Belajar Menikmati Waktu Sendirian

alasan cewek solo travelling

Jalan-jalan ke pusat perbelanjaan (sumber: unsplash.com)

Sebagian orang senang berkegiatan sendiri, tetapi sebagiannya tidak. Pendapat bertolak belakang ini biasanya disampaikan oleh orang dengan kepribadian introvert dan extrovert sesuai hasill tes kepribadian MBTI mereka. Pemikiran bahwa bepergian sendiri bakal terasa membosankan sepertinya harus segera disingkirkan nih, karena kenyataan justru berkata sebaliknya. Melakukan short escape dari rutinitas padat sehari-hari merupakan pilihan yang tepat. Carilah tempat yang kamu sukai untuk menghabiskan waktu sendirian. Misalnya pergi menjelajah ke Huta Siallagan di kawasan Danau Toba yang menyimpan banyak cerita atau sekadar menikmati indahnya pemandangan di sekitar danaunya.

Melihat Keindahan dari Perspektifmu

alasan cewek solo travelling

Menikmati keindahan alam (sumber: unsplash.com)

Ketika travelling dengan seorang teman, perhatianmu akan terbelah dua. Kamu jadi bingung mau menikmati keindahan dari perspektifmu atau malah temanmu. Belum lagi cewek rela selfie berjam-jam demi feed Instagram keren. Namun, hal ini tidak akan terjadi jika kamu memilih solo travelling. Dijamin fokusmu tidak akan terbagi sehingga bisa menikmati setiap detail yang ada pada tempat tersebut. Yakin masih belum tertarik solo travelling?

Saatnya Keluar dari Zona Nyaman

Percaya diri setelah keluar dari zona nyaman (sumber: unsplash.com)

Tidak percaya diri menjadi salah satu alasan kenapa cewek tidak mau pergi sendirian. Inilah saat yang tepat untuk keluar dari zona nyamanmu. Pertama-tama pilihlah lokasi yang memang sering kamu kunjungi, tapi kali ini coba pergi sendirian yah. Lakukan terus-menerus sampai timbul sugesti bahwa ternyata kamu juga bisa melakukannya sendiri seperti orang-orang. Barulah setelah itu kamu bisa memilih lokasi yang lebih jauh. Ke luar negeri mungkin?

Bebas Menentukan Daftar Perjalanan

Menentukan destinasi wisata (sumber: unsplash.com)

Alasan kenapa cewek harus solo travelling yang berikutnya yaitu bisa bebas menentukan kapan dan di mana kamu akan berlibur. Menyamakan pendapat dari beberapa kepala tidaklah mudah, terkadang sampai menimbulkan cekcok berkepanjangan. Malas banget kan kalau waktu liburanmu malah diisi dengan cekcok bersama teman-teman cewekmu. Solo travelling menawarkan hal yang berbeda nih, di mana kamu bisa bebas menentukan sendiri susunan daftar perjalanannya. Apakah kamu mau berangkat pakai bus, kereta, atau jalan kaki. Semua keputusan ada di tanganmu.

Bertemu Teman Baru dari Seluruh Penjuru Dunia

alasan cewek solo travelling

Bertemu teman baru di perjalanan (sumber: unsplash.com)

Tidak perlu takut solo travelling, karena kamu akan terkejut saat melihat betapa ramahnya solo traveler lainnya. Kesamaan pengalaman yang sedang dirasakan membuat kamu memiliki perasaan tenang ketika melakukannya bersama mereka. Setidaknya kamu bisa memperoleh satu orang atau dua orang teman selama perjalanan, bisa jadi mereka berasal dari mancanegara. Contohnya saat kamu memutuskan berangkat ke destinasi wisata di Bali yang di mana-mana penuh dengan turis asing.

Merasa Bahagia Setelah Berhasil Melakukannya

Lanjut liburan ke lokasi berikutnya (sumber: unsplash.com)

Setelah punya pengalaman solo travelling, tingkat kepercayaan dirimu untuk bepergian sendirian tidak perlu diragukan lagi, naik sampai berkali-kali lipat! Kemudian muncul rasa bahagia setelah berhasil melakukan solo travelling pertamamu. Kamu juga jadi lebih mandiri dan tidak sabar merasakan pengalaman baru yang tidak kalah seru dari liburan sebelumnya. Sekarang tentukan destinasi wisata favoritmu, tentukan tanggal berangkat, dan pesan tiket akomodasi serta penginapan. Selamat liburan yah!

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya