GenK LIFE

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Berpikir Kritis

berpikir kritis

1. Mampu Membuat Keputusan yang Baik

Panduan Cara Berpikir Kritis - kreativv ID 1

Membuat keputusan untuk menyelesaikan pekerjaan (sumber: pexels.com)

Sadarkah kamu kalau setiap hari kamu dituntut untuk selalu membuat keputusan? Baik dari keputusan besar sampai keputusan sederhana untuk keberlangsungan hidup sehari-hari? Apalagi kalau kamu sudah bekerja, di mana kamu dituntut untuk terus membuat keputusan yang berkaitan dengan pekerjaan. Bisa gawat kalau kebablasan deadline karena terlalu lama mengambil keputusan dan bisa lebih gawat lagi kalau kamu salah mengambil keputusan.

Ini bukan berarti kamu serba salah, hanya kurang tepat saja kok. Sesuai dengan ciri pemikir kritis, kamu mampu mengambil keputusan dari masalah yang rumit sekalipun dengan menggunakan strategi yang sudah diatur sedemikian rupa. Kamu terbiasa untuk mengumpulkan data dan fakta terlebih dahulu sebelum menarik kesimpulan. Berarti berpikir kritis dapat membuat kamu menjadi pribadi yang lebih cerdas.

Baca Juga :   Bridge of Life: Kalimat Positif Pemberi Harapan Hidup di Atas Sungai Han

2. Lolos dari Hoax

Panduan Cara Berpikir Kritis - kreativv ID 2

Tidak percaya dengan hoax yang berkembang di masyarakat (sumber: pexels.com)

Bakal panjang banget kalau bahas soal hoax. Apalagi di zaman sekarang penyebaran hoax semakin mudah dan bisa langsung menjadi topik yang tren di kalangan masyarakat. Padahal berita tersebut belum pasti kebenarannya. Jangan sampai kamu menjadi salah satu orang yang menyebarkan hoax, karena hoax bisa merugikan diri sendiri dan orang banyak. Terlebih sekarang banyak warganet yang langsung bercuit di akun media sosialnya tentang segala hal dan informasi yang baru mereka dapatkan hanya demi viral untuk mendapatkan likes dan retweet dari massa. 

Lalu bagaimana cara supaya tidak mudah termakan hoax? Solusinya yakni dengan menerapkan pola pikir kritis. Sesuai dengan ciri-ciri yang sudah disebutkan di atas, orang yang berpikir kritis mampu mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan data dan fakta yang valid. Orang yang berpikir kritis tidak akan menarik kesimpulan hanya dari opini dan asumsi orang lain deh.

3. Lebih Mudah Menjadi Orang Sukses

Panduan Cara Berpikir Kritis - kreativv ID 3

Menjadi pemimpin (sumber: pexels.com)

Percaya tidak kalau berpikir kritis adalah kunci orang-orang sukses? Di setiap bidang pekerjaan, baik itu pengacara, dokter, reporter, desainer, dan lain-lain, dibutuhkan soft skills. Salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Terutama di bidang pekerjaan yang lebih didominasi dengan kegiatan menganalisis sesuatu.

Dengan berpikir kritis, kamu bisa memecahkan masalah, membuat strategi, berpikir kreatif, dan bisa menyampaikan ide kepada rekan kerja atau kolega dengan cara yang meyakinkan serta mudah dimengerti. Dari sini saja dapat dilihat kalau berpikir kritis dapat membantu kamu untuk meraih kesuksesan dengan cepat dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjan.

Baca Juga :   Alasan Kenapa Kamu Harus Tahu Toxic Positivity
About author

Related posts
GenK LIFE

5 Rekomendasi Podcast Lucu Indonesia yang Ampuh Banget Ngilangin Stres

GenK LIFE

Mengenal “Duck Syndrome”, Kamu yang Ambisius Sering Mengalaminya

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Cancel Culture, Tren Toxic Memboikot Orang Beramai-Ramai

GenK LIFE

Kamu Ngerasa Ragu Dengan Prinsip Hidupmu? Coba Pahami Hal Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.