GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Investasi Sejak Muda

Di era modern ini, banyak orang yang sudah mulai menyadari betapa pentingnya investasi untuk berbagai keperluan hidupnya masing-masing. Apalagi para generasi milenial yang terus meningkatkan kapasitas diri dalam urusan melek topik investasi. Dengan berbagai kemudahan yang bisa diakses oleh kehadiran teknologi, siapapun bisa memulai investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan pribadinya sendiri. Eits, tapi sebenarnya apa sih alasan kenapa kamu harus memulai investasi sejak dini? Yuk simak jawabannya di sini! 

1. Persiapan Masa Tua yang Lebih Cerah 

Sumber: pexels.com

Alasan memulai investasi yang pertama adalah untuk mempersiapkan masa tua kamu yang lebih cerah nantinya. Memasuki usia senja, meskipun keinginan untuk bekerja masih ada dan ingin terpenuhi, tapi fisik sudah tidak mampu memenuhi lagi. Di usia senja otomatis penghasilan yang didapat pun akan berkurang dibandingkan dengan masa-masa usia produktif seperti saat ini. Maka berinvestasi sejak muda merupakan cara untuk membantu mempersiapkan masa tua yang lebih cerah. Investasi yang direncanakan dan dimulai sejak sekarang tentunya akan membantu mencukupi kebutuhan di kemudian hari. Ibaratkan nih, menanam sedikit-sedikit biar nantinya jadi bukit dan pastinya bisa bikin kamu lebih lega saat menjalani masa-masa tua tanpa perlu membebani orang lain. 

2. Wujudkan Kebebasan Finansial  

Sumber: pexels.com

Salah satu tujuan dari investasi adalah mewujudkan rencana keuangan berupa kebebasan finansial. Hal ini merupakan keadaan di mana seseorang tidak harus lagi bekerja keras, tetapi telah memiliki penghasilan pasif yang bisa terus didapatkan. Hayo, siapa sih yang gak mau punya kebebasan finansial secara total dengan penghasilan yang terus mengalir lancar ke tabungan kamu? Kebebasan finansial ini pun hanya salah satu dari beragam rencana keuangan. Setiap orang mempunyai rencana keuangannya masing-masing. Untuk mewujudkan hal ini, maka investasi sedini mungkin pun jadi solusi.

3. Waktunya Uang yang Bekerja 

Sumber: pexels.com

Jika kamu bertanya tentang alasan memulai investasi pada pakar keuangan manapun pasti akan setuju, “Jangan hanya bekerja untuk uang, tapi biarkan uang yang bekerja untuk kamu.” Caranya adalah dengan berinvestasi. Ketika kamu membelanjakan uang yang dimiliki untuk membeli produk investasi, nilainya akan tumbuh seiring berjalannya waktu. Apalagi jika kamu melakukannya secara konsisten. Lain halnya ketika uang dibiarkan di dalam rekening. Dengan tingkat inflasi rata-rata 5% per tahun, uang kamu di bank akan berkurang nilainya sebanyak 5% dalam satu tahun. Investasi akan membuat kekayaan kamu terbangun dengan sendirinya.

4. Melatih Kedisiplinan Diri 

Sumber: pexels.com

Ketika berada di usia muda, setiap orang bisa saja haus akan hiburan. Sayangnya, untuk menikmatinya sering kali menghabiskan banyak dana sehingga pengeluaran pun menjadi tidak terkontrol. Siapa nih di antara kalian yang kerap menggelontorkan uang dalam jumlah besar setiap bulannya khusus untuk keperluan hiburan? Sebaliknya, dengan berinvestasi sedini mungkin, setiap orang bisa menjadi lebih disiplin dalam hal pengelolaan keuangan. Uang yang dimiliki pun tidak akan habis begitu saja dan hasilnya bisa dituai di kemudian hari. Ketika hal ini dilakukan secara terus menerus, rasa disiplin pun akan tumbuh dalam diri sendiri. Bukan hanya tambah disiplin, tapi pastinya juga bisa tambah kaya dong. 

5. Meningkatkan Nilai Aset dan Kekayaan Diri 

Sumber: pexels.com

Investasi secara otomatis dapat meningkatkan nilai aset serta kekayaan yang dimiliki oleh seseorang. Aset yang dimaksud disini tidak terbatas pada gedung ataupun properti lainnya, tetapi uang yang dimiliki atau tersimpan sebagai dana investasi juga dapat digolongkan sebagai aset. Aset berupa ini jika disisihkan untuk investasi tentunya akan berkembang semakin banyak. Berkembangnya aset tentunya berbanding lurus dengan berkembangnya kekayaan yang dimiliki.

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya