Musik

Alat Musik Ritmis, Rahasia di Balik Beat yang Asyik Buat Goyang

Saat mendengarkan sebuah lagu, kamu pasti akan mengenali beberapa alat musik yang dimainkan di dalamnya. Namun ternyata, tidak semua alat musik menghasilkan jenis bunyi musik tertentu karena masing-masing alat musik memiliki fungsinya sendiri. Salah satu jenis alat musik atau instrumen yang biasa dipakai yaitu alat musik ritmis. Alat musik ini tidak memiliki atau tidak dapat menghasilkan bunyi nada tertentu. Terdengar aneh tapi kenyataannya memang demikian. Instrumen ritmis justru bisa dikatakan sebagai pelengkap alat musik lainnya untuk menentukan ritme lagu dan mengatur tempo. Ciri-ciri instrumen ritmis berupa alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul dan dikocok. Salah satu instrumen ritmis yang paling mudah ditemui yaitu gendang.

Fungsi Alat Musik Ritmis dalam Sebuah Lagu atau Musik

Meskipun tidak dapat menghasilkan nada tertentu, alat musik ritmis ternyata memiliki fungsi yang tidak kala penting. Berikut ini ada tiga fungsi dari alat musik ritmis yang umum digunakan.

1. Pengatur Tempo

Sumber: pexels.com

Fungsi utama dari alat musik ritmis yaitu untuk mengatur tempo sebuah musik atau lagu. Kamu tentu mengenal ada musik yang memiliki tempo cepat dan lambat. Nah, cepat lambatnya tempo bisa diatur menggunakan ketukan dari instrument-instrumen ritmis. Untuk sebuah lagu band modern, ketukan ini biasanya berasal dari drum. 

2. Tanda Bagian Lagu

Sumber: pexels.com

Suatu lagu yang utuh pasti memiliki beberapa bagian seperti intro dan reff. Masing-masing bagian ini memiliki ciri nada dan irama musik yang berbeda. Kamu bisa dengan mudah mengenali bagian-bagian ini dengan bantuan dari instrumen ritmis. Ketika kamu menyanyi, kamu juga akan lebih mudah mengetahui kapan kamu bisa masuk ke dalam bagian tertentu misal bagian verses. Untuk lebih peka, kamu bisa menggunakan versi minus one untuk bernyanyi.

3. Penanda Gerakan Koreografi

Sumber: pexels.com

Beberapa lagu baik bertempo lambat atau cepat digunakan untuk mengiringi sebuah koreografi. Setiap gerakan koreografi akan terasa kurang pas jika tidak ada hentakan bunyi dari instrumen ritmis. Selain koreografer atau penari menggunakan hitungan gerakan dalam hati, mereka juga bisa menggunakan alat musik ritmis sebagai penanda pergantian gerakan.

Contoh Alat Musik Ritmis yang Sering Dimainkan

1. Kendang

Sumber: pexels.com

Siapa suka mendengar musik dangdut atau koplo? Jika didengarkan dengan seksama, ada iringan bunyi kendang yang membuat lagu semakin asyik untuk bergoyang. Kendang yang terbuat dari kayu berongga dan di ujungnya ditutup dengan kulit sapi ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan.

2. Rebana

Sumber: pexels.com

Rebana lebih akrab dimainkan di acara-acara hajatan dan bernuansa religi. Seringkali rebana dijadikan alat musik utama dalam sebuah lagu religi. Rebana hanya memiliki satu sisi yang ditutup dengan kulit hewan. Kemudian di bagian samping adaa yang dilengkapi dengan kecrekan atau simbal kecil dan tidak. 

3. Tamborin

Sumber: pexels.com

Tamborin menjadi alat yang lebih sederhana berupa simbal-simbal kecil untuk menghasilkan bunyi gemerincing. Saat ini, sudah banyak musisi modern yang membawa tamborin saat bernyanyi di panggung.

4. Drum

Sumber: pexels.com

Alat musik yang satu ini memiliki banyak bagian yang menghasilkan bunyi yang berbeda-beda. Ada simbal, bass drum, hingga tom-tom. Kamu memerlukan stik drum untuk memainkan simbal dan bagian bagian bass lainnya kecuali tom-tom yang menggunakan kaki.

5. Marakas

Sumber: pexels.com

Alat musik ini cukup sederhana dengan dengan satu gagang dan bagian bola di atasnya. Untuk memainkannya cukup dikocok sehingga bunyi bisa keluar. Alat musik ini asyik untuk dipakai pengiring alat musik lainnya.

Alat musik ritmis tidak hanya sebagai pelengkap hiburan tapi membawa fungsi tersensiri untuk membuat musik jadi makin asyik. Setiap ketukan lagu akan semakin terasa dan mudah diidentifikasi karena kehadirannya. Yuk, mainkan alat musik ritmismu!

About author

Related posts
Musik

Penyesalan Tulus Tentang Mengenal Seseorang Dalam Makna Lagu "Interaksi"

Musik

Lagu Terbaru Coldplay x Selena Gomez Yang Relatable Dengan Generasi Z

Musik

5 Lagu Day 6 untuk Mewakili Kegalauan Anda yang Gengsian

Musik

10 Soundtrack Drama Korea Paling Membekas di Ingatan Penonton!