Game & Teknologi

Cara Kerja Algoritma Instagram di Tahun 2020, Wajib Tahu!

Cara-kerja-Algoritma-instagram-di-tahun-2020

Bagi generasi muda, Instagram adalah platform yang bisa kamu manfaatkan buat berbagi gambar dan video seru. Nah, selain itu, kamu juga bisa menjadikannya sebagai platform gratis buat mempromosikan usahamu, lho. Tapi, untuk itu kamu wajib menguasai cara kerja algoritma Instagram. Tiap saat, algoritma aplikasi ini memang terus berubah. Supaya usaha promosimu lancar dan tepat sasaran, kamu wajib tahu cara kerja algoritma Instagram di tahun 2020. Yuk, simak bareng!

Apa Sih, Algoritma?

apa-itu-algoritma-instagram

Ilustrasi tampilan Instagram (Sumber: ucare.inhersight.com)

Saat kamu duduk di bangku sekolah, pastilah pernah belajar tentang algoritma. Algoritma adalah satu set rumus perhitungan yang digunakan buat menyelesaikan masalah dan memberikan solusi yang akurat. Di dunia nyata, banyak banget media sosial yang menggunakan sistem algoritma ini. Termasuk, platform Instagram favoritmu. Dengan menggunakan algoritma, feeds Instagrammu bakal menampilkan konten-konten yang sesuai dengan minat, aktivitas, dan interaksi selama berada di dalam aplikasi tersebut.

Seberapa Sering Cara Kerja Algoritma Instagram Berubah?

perubahan-algoritma

Ilustrasi aplikasi Instagram (Sumber: slashgear.com)

Kamu mungkin mengira kalau algoritma Instagram bakal berubah setiap minggu. Padahal, kenyataannya nggak demikian. Perubahan algoritma media sosial ini didasarkan lewat seberapa banyak data yang diperoleh setiap menit. Bayangin, deh! Sistem algoritma itu menggunakan teknologi AI atau mesin pintar buat mempelajari pola perilaku atau konten-konten trending, yang kemudian disajikan buat kamu.

Jenis-Jenis Algoritma Instagram Inti

jenis-algoritma

Ilustrasi jenis algoritma (Sumber: scenicsuitcase.com)

Instagram punya 2 jenis sistem algoritma yang biasa dipakai. Sistem algoritma tersebut terbagi jadi dua, yaitu: news feed algorithm dan stories algorithm. Buat mengetahui keduanya, kamu bisa baca ulasan lebih detailnya berikut ini.

News Feed Algorithm

news-feed-algorithm

Ilustrasi news feed algorithm (Sumber: unlockunit.com)

Algoritma ini bekerja dengan terus meng-update postingan di feeds Instagrammu. Ada 4 faktor kunci yang bisa memengaruhi algoritma ini, yaitu: minat pengguna terhadap konten-konten yang disajikan, hubungan antara kamu dengan followers, momentum kamu mengunggah postinganmu, dan seberapa sering kamu masuk ke dalam aplikasi tersebut. Buat pembahasan lebih lengkapnya, bisa kamu simak di bawah ini:

1. Minat Pengguna Terhadap Konten

minat-pengguna-konten-instagram

Ilustrasi pengguna aplikasi Instagram (Sumber: img.tek.id)

Ketika kamu tap ikon “hati” pada konten yang kamu sukai, aksi itu bakal masuk ke dalam database Instagram. Oleh mesin algoritma Instagram, data itu akan diproses, sehingga di kemudian hari Instagram bakal menampilkan konten-konten serupa langsung ke Instagram feeds milikmu. Nggak cuma itu, Instagram juga bakal mendata aktivitas yang kamu lakukan. Misalnya, saat kamu berkomentar di kolom komentar milik temanmu, Instagram bakal memasukkannya ke dalam rumus algoritma. Singkatnya, Instagram bakal menyajikan konten-konten yang menurut perhitungannya akan kamu sukai.

Kamu bisa banget menggunakan teknik algoritma dari Instagram ini buat kebutuhan bisnismu. Kamu bisa merencanakan konten dan caption yang kira-kira bakal mengundang banyak orang buat memberikan “like” pada postinganmu. Semakin banyak postingan yang mereka sukai, akan semakin sering pula konten produkmu muncul di timeline mereka.

2. Hubungan Antara Kamu dengan Followers

hubungan-dengan-followers

Ilustrasi engagement dengan followers (Sumber: cdn.images.express.co.uk)

Sistem algoritma Instagram juga keren banget, lho. Mereka bisa memprediksi hubungan antara kamu dengan followers-mu cukup dari aktivitas tagging foto atau lewat kolom komentar. Misalnya, kamu sering bertukar komentar dengan seseorang yang juga follow kamu di Instagram. Algoritma Instagram bakal langsung memprediksi bahwa hubungan antara kamu dengan follower-mu jatuh di dalam kategori “Keluarga dan Teman”.

Semakin sering kamu berinteraksi dengan mereka, baik lewat komentar maupun DM IG, maka akan semakin sering pula konten-konten yang mereka tampilkan muncul di dalam Instagram feeds-mu. Makanya, kamu harus berusaha menjaga agar tingkat engagement antaramu dengan followers tetap tinggi. Dengan begitu, konten yang kamu tawarkan bakal muncul terus di feeds Instagram mereka.

3. Momen Saat Postingan Tersebut Dibuat

momen-postingan-instagram

Ilustrasi postingan Instagram (Sumber: lowdown.carphonewarehouse.com)

News feed algorithm juga memperhitungkan momen saat kamu mengunggah konten terbaru. Ini karena Instagram ingin menyajikan konten-konten terbaru dan fresh buat para penggunanya. Untuk itu, kamu harus tahu waktu terbaik buat posting konten yang kamu buat. Dengan mengunggah konten di jam-jam terbaik itu, kesempatan buat dapatkan “likes” pasti semakin meningkat. Ini tentunya penting banget buat aktivitas promosi digitalmu.

4. Frekuensi Pengguna Membuka Aplikasi

frekuensi-pengguna-membuka-aplikasi

Ilustrasi orang membuka aplikasi Instagram (Sumber: piunikaweb.com)

Coba perhatikan, seberapa sering kamu membuka aplikasi Instagram? Semakin sering kamu buka aplikasi ini, Instagram biasanya bakal menyajikan konten feed yang lebih bersifat kronologis. Tujuannya adalah, karena Instagram ingin menyajikan konten-konten terbaru setelah kamu login terakhir kali. Lain halnya kalau kamu tergolong jarang login ke akun Instagrammu. Maka, biasanya Instagram bakal menampilkan konten-konten random yang sekiranya menarik minatmu.

Instagram Stories Algorithm

instagram-stories

Ilustrasi Instagram Stories (Sumber: gadgettendency.com)

Selain news feed algorithm, Instagram juga pakai stories algorithm. Algoritma ini menunjukkan story dari orang-orang yang paling sering berinteraksi denganmu. Bisa jadi itu dalam bentuk pertukaran komentar atau chat di DM IG, atau bisa juga karena kamu sering melihat stories yang mereka buat. Semakin sering mereka mengunggah story, maka story mereka pun akan tetap bertengger paling atas di feeds Instagrammu.

Kamu bisa menggunakan algoritma stories ini dengan cara mengunggah produk-produk yang kamu jual dalam bentuk story. Hal ini nggak cuma memberikan informasi tentang produk terbaru buat calon konsumenmu, tapi juga bisa memenangkan algoritma Instagram buat mempromosikan konten-kontenmu.

Itulah ulasan tentang cara kerja algoritma Instagram di tahun 2020. Selamat mencoba!

About author

Related posts
Game & Teknologi

Cara Kreatif Pakai GIF di Instagram Story Biar Makin Menarik

Game & Teknologi

Anti Ribet-Ribet Club, Begini Cara Back Up Konten Instagram

Game & Teknologi

Rekomendasi Terbaik Situs Text to Speech Gratisan dalam Bahasa Indonesia

Game & Teknologi

Cara Schedule Story Instagram Cocok Buat Akun Bisnis