Seni Rupa & Desain

Aliran Primitivism, Selami Lebih Dalam Keunikan dan Daya Tariknya

aliran-primitivism

Klasik, romantisme, realisme, naturalisme, impresionisme, ekspresionisme, abstrak, kubisme, surealisme, gothik, mungkin adalah aliran-aliran seni yang paling sering kamu dengar. Dari 20 macam aliran seni yang ada, aliran primitivism merupakan salah satu yang nggak kalah populer dan menarik dengan ciri khasnya sendiri, lho.

Wah, Apa Artinya Aliran Primitivisme?

Apa Artinya Aliran Primitivisme

Ilustrasi contoh lukisan aliran primitivisme (Sumber: dam-13749.kxcdn.com)

Sesuai dengan asal katanya, yakni ‘primitif’, aliran seni ini emang dikenal primitif, sederhana, belum maju dan jauh dari segala hal yang berbau modern. Itulah pengertian aliran primitivism secara singkat. Aliran primitivisme sifatnya spontan, bersahaja dan nggak terikat dengan teknik-teknik profesionalisme, baik dalam proses pembuatannya atau pun proses pewarnaannya. Uniknya lagi, aliran seni satu ini nggak kenal dengan yang namanya latihan untuk membuatnya, lho. Jauh berbeda dengan aliran seni lainnya, ya?

Lalu Kayak Gimana sih, Aliran Primitivism dalam Dunia Seni?

Aliran Primitivisme dalam Dunia Seni

Ilustrasi primitivisme dalam seni (Sumber: d2jv9003bew7ag.cloudfront.net)

Kalau dibandingkan dengan aliran seni lainnya, aliran primitivisme ini punya keunikan yang jadi daya tarik khasnya, lho. Nggak perlu memperhatikan alat, bahan, teknik ataupun proporsional bentuk, pembuatan seni beraliran primitivisme ini sifatnya spontan. Sesuai dengan kemauan sang pelukis.

Biasanya bentuk-bentuk dalam lukisan aliran primitivism ini cenderung ekspresif dan sama sekali bukan tiruan dari bentuk-bentuk yang ada di alam sekitar. Maka nggak heran kalau hasil lukisannya pun sangatlah sederhana. Eits, tapi jangan salah, karena dari kesederhanaan itulah aliran primitivisme ini menyimpan nilai magis dan sakral yang nggak ada di lukisan-lukisan beraliran lainnya.Itulah ciri khas dan keunikan yang dimiliki seni beraliran primitivisme.

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Tips Mendesain Karakter, Yuk Dicoba!

Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Motion Graphic Menarik dengan Mengikutsertakan 4 Poin Penting di Dalamnya

Seni Rupa & Desain

Apa Itu Golden Ratio dan Dapatkah Diaplikasikan ke Desain Logo?

Seni Rupa & Desain

Tutorial Anaglyph di Adobe Photoshop Anti-Ribet yang Bisa Kamu Coba Sendiri di Rumah