Seni Rupa & Desain

Aliran Seni Gothic, Sering Dengar Namanya tapi Sudahkah Tahu Sejarahnya?

aliran-seni-gothic

Elemen Penting Desain Gothic

elemen penting desain gothic

Sumber: unsplash.com

Dalam desain aliran seni gothic, bentuk awalnya dipengaruhi oleh gaya Romanesque. Kemudian desain ini berubah digantikan oleh fokus yang baru dengan lebih menonjolkan garis-garis. Sementara itu, lengkungan dan penopangnya yang menjulang tinggi, memungkinkan terbukanya dinding untuk jendela kaca warna, sudah didesain dengan gambar tembus pandang yang indah dan inspiratif. Desainnya sendiri dipengaruhi oleh seni Alkitab. Ini semua benar-benar lebih dari sekadar lukisan dinding atau seni mosaik.

Semua karya seni ini menciptakan atmosfer humanistik yang menggugah dan berbeda dengan apa yang digunakan pada masa Romanesque. Jadi, pada akhir abad ke-14, terwujudlah gaya gothic yang lebih sekuler dan dikenal dengan International Gothic yang kemudian menyebar ke kawasan Burgundy, Bohemia dan Italia utara.

Gothic Sebagai Seni Religius

gothic sebagai seni religius

Sumber: britannica.com

Aliran seni gothic merupakan seni religius yang eksklusif. Gothic menjadi sebuah medium powerful dalam menumbuhkan kekuatan Gereja di Roma. Ini tidak hanya menginspirasi masyarakat umum, tapi juga para pemimpin sekuler. Gothic juga benar-benar memperkuat koneksi yang stabil antara agama dan seni. Di mana, gothic menjadi salah satu pondasi Italian Renaissance (1400-1530). Ada sejumlah seniman abad pertengahan yang terkenal dengan karyanya yang bergaya gothic, yaitu Giovanni Pisano dan Simone Martini dari Sienese School of Painting.

Seni Gothic Berkembang Menjadi Patung dan Lukisan

seni gothic berkembang jadi patung dan lukisan

Sumber: speel.me.uk

Sepanjang sejarahnya, aliran seni gothic juga memengaruhi patung dan lukisan. Gothic menjadi aliran seni yang digunakan untuk pembuatan patung dan lukisan oleh para seniman terutama di abad pertengahan. Awalnya, gothic biasa digunakan untuk arsitektur gereja dan seni Alkitab hingga akhirnya terus berkembang mengikuti perkembangan zaman.

Seniman Gothic yang Terkenal dan Berpengaruh

seniman gothic terkenal dan berpengaruh

Sumber: dailyartmagazine.com

Seniman pematung gothic yang terkenal di antaranya yaitu Veit Stoss (c. 1447-1533), Tilman Riemenschneider (c.1460-1531) dan Gregor Erhart (c. 1460-1540). Sementara, seniman pelukis gothic yang terkenal yakni Pietro Lorenzetti (1320-1345) dan Ambrogio Lorenzetti (1319-1348).

Demikian sekilas sejarah tentang aliran seni gothic. Dalam fashion, gothic identik dengan warna gelap, kesan misterius, mistis dan eksotis. Di baliknya, ada sejarah yang benar-benar merupakan asal mulanya, yakni gaya fashion yang memang terinspirasi dari style abad pertengahan. Sementara, akar gothic merupakan seni religius pada masa Renaissance awal.

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ide Konten Digital Marketing Untuk Promosi Media Sosial Perusahaan Desain Interior

Seni Rupa & Desain

Beberapa Peluang Usaha dari Pemanfaatan Limbah Kayu Sisa Industri

Seni Rupa & Desain

Inovasi Produk Daur Ulang Plastik, Penting Gak sih?

Seni Rupa & Desain

Penerapan Coastal Style Pada Hunian