Seni Rupa & Desain

Mengenal Aliran Seni Japonisme, Akar Kesenian dari Jepang

aliran-seni-japonisme

Apa jadinya hidup tanpa seni? Seni sudah mengakar dalam kehidupan kita. Apalagi, dalam kebudayaan Jepang yang terkenal sangat berseni. Salah satunya yakni aliran seni Japonisme. Contoh karya seni dengan Japonisme yang paling awal adalah lukisan James McNeill Whistler yang berjudul Caprice in Purple. Istilah Japonisme pertama kali diperkenalkan oleh kritikus seni Prancis, Philippe Burty pada tahun 1872.

Japonisme mengacu pada fashion untuk seni Jepang di Barat dan pengaruh Jepang terhadap kesenian dan desain Western, yang terjadi pasca kembali dibukanya Jepang untuk perdagangan dunia pada tahun 1853.

lukisan-Whistler

Ilustrasi Lukisan Whistler (Sumber: cdn.kastatic.org)

Dalam lukisan Whistler, terlihat seorang wanita Eropa duduk di lantai sambil mengenakan kimono sutra dengan bordiran, dia sedang mengamati cetakan balok kayu karya seniman Jepang Hiroshige. Ada berbagai hiasan dekoratif bernuansa Jepang dan China di sekeliling wanita tersebut, termasuk sekat lipat khas Jepang berwarna emas yang berukuran besar.

Fashion Seni Dekoratif

Ketertarikan masyarakat Barat terhadap seni Jepang di akhir abad ke-19 dipengaruhi oleh fashion Eropa pada seni dekoratif Chinese dan Timur Tengah, yang disebut Chinoiserie dan Turquerie. Seorang art dealer bernama Siegfried Bing merupakan salah satu seniman yang menerapkan aliran seni Japonisme di Paris.

Aliran-Seni-Japonisme-sebagai-Fashion-Seni

Ilustrasi Aliran Seni Japonisme sebagai Fashion Seni Dekoratif (Sumber: cdn.kastatic.org)

Dia menjual karyanya di tokonya La Porte Chinoise, sekaligus mempromosikan karya-karya tersebut di majalahnya yang berjudul Le Japon Artistique, diterbitkan pada tahun 1888 sampai 1891. Bing juga seorang pendukung Art Nouveau, style dekoratif fin-de-siècle khas Prancis yang sangat dipengaruhi oleh Japonisme.

Pedoman Seniman Modern

Aliran-Seni-Japonisme-sebagai-Pedoman-Seniman-Modern

Aliran Seni Japonisme sebagai Pedoman Seniman Modern (Sumber: cdn.kastatic.org)

Aliran seni Japonisme melebur dengan seni modern Barat yang artistik dan berpengaruh besar terhadap lukisan serta seni grafis Barat. Oleh karena itu, kesenian Jepang memengaruhi kesenian modern dengan cara yang mirip seperti ketika seni dan artefak Afrika dan Oceanic menjadi pengaruh beberapa abad lalu. Banyak seniman akhir abad ke-19 yang nggak cuma mengagumi dan mengoleksi Japanese print, tapi juga mengadopsi gaya dan komposisinya.

Baca Juga :   Macam-Macam Aliran Seni Rupa yang Harus Kamu Ketahui
About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Channel YouTube Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Melakukan Room Makeover Ala KDrama!

Seni Rupa & Desain

7 Font YouTube Thumbnails Agar Terlihat Unik dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Concept Art, Apa Itu? Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Concept Art

Seni Rupa & Desain

Banyak yang Susah Membedakan, Sudah Tahu Beda Typeface dan Font?