Seni Rupa & Desain

Aliran Seni Naive Art, Genre Polos dengan Sejuta Daya Tariknya

aliran-seni-naive-art

Kata naif memiliki arti mengarah pada sesuatu yang kurang pengalaman, nggak punya penilaian atau kebijaksanaan, serta sesuatu yang alami dan nggak memiliki pengaruh apapun. Nah, aliran seni naive art pun nggak terlepas dari arti kata naif ini sendiri. Dapat dikatakan bahwa seni naïf ini nggak punya dasar pendidikan atau aturan dalam pembuatannya. Sebagai contoh, saat melukis para seniman nggak menggunakan kesadaran anatomi, tanpa mengenal teknik maupun perspektif, melainkan lebih mengutamakan kesederhanaan, jelas, polos, bahkan terkesan kekanak-kanakan. Hmm, kayak gimana sih, aliran seni naive itu?

Karakteristik Aliran Seni Naïve Art, Penuh Warna, Detail dan Unik

Karakteristik-Aliran-Seni-Naïve-Art

Salah satu karya naive art dengan karakteristiknya (Sumber: davidcharlesfox.com)

Seni naif adalah segala bentuk seni visual bikinan individu yang kekurangan atau menolak pendidikan ataupun bimbingan konvensional yang diterima oleh seniman profesional. Seni naif sama sekali nggak sesuai dengan tren dominan dalam seni pada masanya. Aliran karya seni ini lebih mengarah pada karya seni yang penuh warna, sebab itulah naive art sering disebut aliran yang polos, jujur dan kekanak-kanakan.

Selain menggunakan beragam warna yang cenderung cerah, aliran karya seni ini juga memiliki ciri atau karakteristik yang mendetail. Detail dalam setiap sudut aliran seni naive art bener-bener detail banget. Baik itu dalam penggunaan warna dan elemen lainnya.

Ciri Aliran Seni Naive Art 

karakteristik-aliran-seni-naive art

Ciri aliran seni naive art yang penuh dengan warna (Sumber: assets.catawiki.nl)

Intensitas sangat dibutuhkan di sini. Ketepatan garis nggak bisa diremehkan. Figur dalam lukisan biasanya diperlihatkan wajah penuh atau profil yang sangat ketat. Mereka jarang menutupi sebagian besar wajah dan hampir nggak pernah melukis sosok seluruhnya dari belakang.

Melanggar aturan pada dasarnya adalah apa yang dilakukan oleh seniman aliran naif, mungkin secara nggak sadar, menghasilkan karya yang nggak akurat. So, nggak heran jika hasilnya mungkin sekilas tampak nggak simetris. Eits, tapi justru disitulah letak ciri khas dan daya tarik aliran seni naive art.

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Tips Mendesain Karakter, Yuk Dicoba!

Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Motion Graphic Menarik dengan Mengikutsertakan 4 Poin Penting di Dalamnya

Seni Rupa & Desain

Apa Itu Golden Ratio dan Dapatkah Diaplikasikan ke Desain Logo?

Seni Rupa & Desain

Tutorial Anaglyph di Adobe Photoshop Anti-Ribet yang Bisa Kamu Coba Sendiri di Rumah