Seni Rupa & Desain

Mengenal Aliran Seni Tonalism yang Diterapkan pada Lukisan

aliran-seni-tonalism

Ada banyak aliran seni terutama untuk lukisan, tonalism salah satunya. Aliran seni tonalism adalah perubahan seni yang terjadi di Amerika Serikat pada era 1870-an dengan karakteristik lanskap berkabut dan beratmosfer, serta palet warna yang lembut dan tenang. Mari kita simak sekilas tentang aliran seni ini.

Fakta Tentang Tonalism

Fakta-Tentang-aliran-seni-Tonalism

Contoh lukisan yang bergaya tonalism (Sumber: drawpaintacademy.com)

Masa perubahan seni ini berlangsung di antara tahun 1870 hingga 1915. Sebagian besar proses perubahannya terjadi di Amerika Serikat. Namun, ada juga Australian Tonalism yang muncul di era 1910-an. Aliran seni ini terinspirasi dari lanskap yang terlihat moody dan beratmosfer yang digambar oleh para seniman Sekolah Barbizon, seperti contohnya berikut ini.

lanskap-oleh-para-seniman-Sekolah-Barbizon

Lukisan tonalism oleh seniman Sekolah Barbizon (Sumber: drawpaintacademy.com)

Seniman aliran seni tonalism nggak berfokus untuk membuat lukisan yang akurat dan rapi sempurna, melainkan menciptakan gambar yang bercerita atau menyampaikan suatu ide. Mereka meyakini adanya “art for art’s sake”.

Selain itu, musik juga sangat memengaruhi tonalism. Para seniman tonalism yang terkenal sering menggunakan referensi musikal untuk karya mereka. Salah satunya James McNeill Whisler yang menamai sejumlah karyanya dengan istilah musikal, seperti Arrangement in Grey and Black No.1 dan Nocturne in Black and Gold: The Falling Rocket. 

Kemudian, dalam aliran seni tonalism, lanskap dan alam adalah subjek utama. Namun, potret asli suatu subjek juga biasa dijadikan objek lukisan dari masa ke masa. Sementara, untuk pelukisnya, para tonalists mirip seperti impressionist, di mana mereka suka menggambarkan efek cahaya. Terutama seperti sinar rembulan atau cahaya buram saat fajar atau senja. Banyak karya seni tonalist menampilkan kontras yang kuat antara suatu hamparan tanah gelap dan moody, dengan “pendar” dari sumber cahaya di sekitarnya yang digambarkan sebagai background. Contohnya seperti lukisan George Inness di bawah ini.

Lukisan-George-Inness

Lukisan George Inness (Sumber: drawpaintacademy.com)

Karakteristik Tonalism

Lukisan karya tonalist biasanya memiliki karakteristik seperti berikut ini:

  • Atmosfer yang moody dan dramatis.
  • Sapuan kuas yang lepas dan terlihat jelas.
  • Kurangnya detail atau rendering yang halus, terutama dalam gambar yang gelap.
  • Warna lembut atau kusam (kuning, hijau, oranye, cokelat dan abu-abu).
  • Kontras yang kuat antara terang dan gelap, atau buram dan saturated, biasanya untuk mengarahkan perhatian penikmat lukisan ke sumber cahaya yang ada pada gambarnya.
  • Kurangnya makna atau cerita tersembunyi dalam lukisan.
  • Fokus yang kuat terhadap alam.

Seniman Aliran Tonalism

Meskipun art movement ini kurang populer, tapi banyak seniman kenamaan yang lahir dari aliran seni tonalism. Di antaranya adalah James Abbott McNeill Whistler, George Inness, Arthur Frank Mathews, Albert Pinkham Ryder, Ralph Albert Blakelock, Thomas Wilmer Dewing, dan Julian Alden Weir.

Contoh Karya Aliran Seni Tonalism

Salah satu karya seniman tonalist yang terkenal adalah lukisan James Whistler yang bertajuk Arrangement in Grey and Black No. 1: Portrait of the Artist’s Mother, tahun 1871.

Contoh-Karya-Tonalism

Arrangement in Grey and Black No. 1: Portrait of the Artist’s Mother, tahun 1871.  (Sumber: drawpaintacademy.com)

Ini adalah lukisan ibu Whistler yang sekaligus merupakan salah satu karyanya yang paling ikonik. Nama lukisannya menunjukkan referensi dari musik. Kita bisa melihat Whistler membuat komposisi bentuk dan warna abu-abu dan hitam seperti komposer yang mengaransir not musik.

Nah, itulah sekilas ulasan tentang aliran seni tonalism. Karya lukisan tonalism ini cukup unik serta menunjukkan ekspresi bebas dari sapuan kuasnya. Justru karena nggak adanya goresan kuas yang sangat detail dari lukisan ini, kita bisa meresapi cerita yang ingin disampaikan dengan lebih mendalam. Kemudian, karena nggak ada makna terselubung, penikmat lukisannya juga mudah menangkap persepsi di dalam lukisan tonalism.

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Daftar Aplikasi Ilustrasi Gratis Di Laptop, Cocok Buat Belajar!

Seni Rupa & Desain

Problematika Interpretasi Seni Rupa para Apresiator Muda

Seni Rupa & Desain

Cara Desain Poster di Canva untuk Bikin Konten Keren dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Tips Mendesain Karakter, Yuk Dicoba!