GenK STORY

Anak Rantau Wajib Lakukan 5 Persiapan Sebelum Ramadhan Berikut

Bulan Ramadhan sudah tiba, waktunya bergembira dengan kedatangan bulan paling suci untuk umat muslim ini. Hayo, hal apa yang paling kamu tunggu saat bulan Ramadhan? Tarawih? Ngabuburit? Takjil? Waktu sahur? Atau menjelang waktu lebaran nanti? Apapun itu, setiap orang punya caranya sendiri untuk menyambut bulan Ramadhan saat nanti akan berpuasa. Khusus kamu para anak rantau yang sedang berjuang menggapai mimpi, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut bulan suci nanti. Apa saja tuh? Yuk simak ulasan lengkapnya di sini!

1. Atur Alarm 

Sumber: pixabay.com

 

Bangun sahur bagi para anak rantau pasti akan menjadi tantangan tersendiri. Ketika sedang berada di perantauan, kamu perlu belajar mandiri untuk bangun sahur dan menghidupkan bulan Ramadhan dengan maksimal. Apalagi untukmu yang sedang bekerja atau kuliah nih, tentunya gak pengen melewatkan sahur untuk suplai energi saat berpuasa seharian dong. Nah, salah satu cara agar bisa bangun sahur tepat waktu adalah dengan memasang alarm sebanyak mungkin. 

Khususnya jika kamu tergolong orang yang kesulitan untuk bangun, apalagi saat sedang tertidur pulas di tengah malam. Trik lain yang juga bisa kamu coba adalah dengan memasang lagu atau ringtone alarm seperti musik rock yang bakal mengganggu waktu tidurmu. Pastikan juga kalau HP kamu diletakkan di area yang cukup jauh dari jangkauan agar tak mudah dimatikan saat alarm berbunyi nanti. 

2. Stok Makanan

Sumber: pixabay.com

Menyediakan beberapa makanan di kamar di kamar selama bulan Ramadhan penting loh, apalagi di tengah pandemi virus corona kini. Terbatasnya akses ke berbagai tempat akibat pengurangan jumlah transportasi umum dan ojek membuatmu harus menyetok bahan-bahan makanan untuk puasa. Hal ini setidaknya bisa meminimalisir hal-hal yang tidak kalian inginkan, misalnya ketika waktu bangun sahur kamu terlalu mepet, ketika uang mulai menipis, atau bahkan ketika kamu tiba-tiba sakit. Nah, jadi kamu tetap harus membeli persediaan makanan, minuman, dan jangan lupa persediaan obat-obatan. 

3. Tidur Lebih Awal

Sumber: pixabay.com

Selama bulan Ramadhan, para anak rantau pastinya tetap menjalankan aktivitas seperti menyelesaikan tugas kantor atau kuliah, meski dikerjakan dari rumah saat momen work from home yang marak kini. Usahakan tidur lebih awal, karena meski aktivitasmu terbatas hanya di rumah, kamu mesti tetap menyimpan tenaga dan mengatur jadwal tidur yang baik kesehatan tubuh selalu terjaga dengan baik. 

About author

Related posts
GenK STORY

Butala 2022: Mulai dari Aku - Online Interactive Talk Show

GenK STORY

Dorno Si Kucing Ngeselin

GenK STORY

Mengenal Lebih Dekat Grace Tahir, Anak Konglomerat Mayapada Group!

GenK STORY

Ikut Pertukaran Pelajar Daring Itu Rasanya Flat