Creativepreneur and Career

Analisis SWOT, Wajib Dipahami Sebelum Mulai Berbisnis

analisis Swot

Kamu pasti sudah pernah dengar tentang analisis SWOT. Ini adalah salah satu faktor paling penting dalam membangun suatu bisnis. Begitu kamu melakukan analisis ini dengan tepat, maka kamu bisa membangun dan bahkan mengembangkan bisnismu. Nggak cuma itu aja, kamu pun jadi tahu posisi bisnismu di pasar. Juga cara tepat untuk mengatasi masalah yang menerpa. Sekarang, mari sama-sama kita simak ulasan selengkapnya tentang analisis ini.

Pengertian

analisis Swot

Pengertian SWOT (Sumber : Unsplash.com)

SWOT adalah singkatan dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman). Jadi, analisis SWOT adalah analisis yang dilakukan untuk mengenal keempat hal tersebut. Tujuannya untuk membantu pemilik usaha dalam mengelola kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Lalu, keempat faktor tersebut bisa digabungkan dengan data yang sudah terorganisir.

Dengan begitu, ini bisa dilihat dengan jelas oleh semua stakeholder yang berkaitan dengan bisnis tersebut. Sebab, analisis ini menyajikannya ke dalam bentuk kisi-kisi yang sederhana. Nah, yang membuat teknik SWOT ini adalah Albert Humphrey. Dia sebelumnya memimpin proyek riset di Universitas Stanfor pada tahun 1960-1970-an. Waktu itu, dia menggunakan referensi, berupa data-data dari perusahaan besar, termasuk Fortune 500.

Faktor-Faktor

Analisis SWOT

Faktor-faktor SWOT (Sumber : Unsplash.com)

Untuk penerapan analisis SWOT, ada dua faktor penting yang berpengaruh. Ini adalah faktor internal dan faktor eksternal. Kedua faktor inilah yang membantu kamu untuk mengumpulkan data, yang berasal dari analisis yang telah kamu buat.

Faktor internal – Analisis SWOT yang merupakan bagian dari faktor internal adalah Strength (kekuatan) dan Weakness (kelemahan).

Strength (kekuatan) berupa komponen yang bisa memberikan kelebihan atau keuntungan pada bisnismu.

Weakness (kelemahan) berupa komponen yang merupakan kelemahan di dalam bisnis kamu.

Faktor eksternal – Analisis SWOT yang merupakan bagian dari faktor internal adalah Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman).

Opportunities (peluang) memudahkanmu dalam mengetahui peluang yang bisa kamu manfaatkan, dalam mengembangkan perusahaan.

Baca Juga :   Promosikan Bisnismu Secara Online Lewat Situs-Situs Berikut Ini, Yuk!

Threats (ancaman) membuat kamu mengetahui dan mengenali berbagai ancaman yang mungkin akan kamu hadapi dalam menjalankan bisnis.

Manfaat

(Sumber : Unsplash.com)

Secara sederhana, analisis ini penting sebagai strategi yang dapat membantu kamu, mencapai visi atau tujuan bisnis. Kalau kamu pelaku UKM, maka analisis ini bermanfaat dalam membantu membaca kondisi internal dan internal bisnis. Dengan begitu, kamu bisa menjadikannya referensi, dalam pengajuan proposal kepada investor, untuk memperoleh modal usaha. Sebab, kamu memahami minat, potensi dan peluang pasar, yang bermanfaat untuk pengembangan usaha.

Contoh Penerapan

Analisis SWOT

Sumber : Unsplash.com

Biar lebih mengerti tentang penerapannya, simak contoh SWOT berikut ini:

Belanja.com adalah bisnis online di bidang fashion. Kini, sedang dilakukan pengembangan bisnis dengan membuat analisis SWOT. Berikut adalah hasilnya:

Strengths – Bisnis ini punya branding kuat. Keunikannya adalah menjual pakaian second yang masih bagus. Ini juga berpengaruh positif dengan mengurangi sampah lingkungan. Pengelolaannya yakni setiap stakeholder punya kemampuan manajemen bisnis dan berpengalaman.

Weakness – Modal masih kurang dengan menggunakan self financing. Reputasi juga kurang. Kemudian, alat penunjang bisnis juga masih kurang.

Opportunities – Target pasar terus tumbuh, karena makin banyak orang belanja online barang second. Bisa mengembangkan lokasi penjualan lewat media online seperti sosmed. Konsumen terus mengalami pertumbuhan karena orang semakin peduli dengan lingkungan.

Threats – Ancaman utama adalah kompetisi dengan bisnis serupa yang sudah punya pelanggan setia. Lalu, masalah saat pembukaan bisnis, mungkin konsumen nggak suka model pakaiannya. Terakhir, masalah dalam pembuatan konten, yaitu belum ada tenaga ahlinya. Jadi hasilnya nggak bisa sebaik kompetitor yang menggunakan bantuan tenaga ahli.

 

Secara garis besar, seperti itulah analisis SWOT. Kamu udah semakin paham tentang pengertiannya, juga contoh penerapannya. Dari sini, semoga kamu bisa lebih terbantu dalam menggunakan analisis ini, untuk mengembangkan bisnismu.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ini Dia Ide Bisnis untuk Anak Muda di Bidang Jasa Paling Recommended Tahun 2021!

Creativepreneur and Career

Pengen Sukses Berbisnis Tanpa Perang Harga? Simak Tipsnya Disini

Creativepreneur and Career

Ingin Pikat Pembaca Lewat Copywriting? Ini Cara Bikin Headline yang Menarik!

Creativepreneur and Career

Kuatkan “Mind, Body, and Soul” Kamu Dengan Berjalan-jalan dan Berbelanja di Virtual World Creatifest 2021