GenK LIFE

Apa Benar Hujan-Hujanan Bisa Bikin Sakit? Simak Disini!

Inget gak, zaman dulu kalo ada hujan pasti langsung main air dan hujan-hujanan. Tapi kalo udah gede kena hujan dikit aja udah pilek, jadinya kita malah berusaha banget buat menghindari hujan. Tapi apa benar kalau hujan yang membuat kita sakit? Apalagi awal-awal hujan dianggap mengandung banyak penyakit. Nah, karena terjadi hujan membuat tubuh mengeluarkan energi yang berlebih. Apabila daya tahan tubuh sedang melemah, tentunya tubuh tidak mampu menghindari perubahan suhu yang drastis. Hal inilah yang menyebabkan kesehatan kita jadi menurun. Akibat dari hujan-hujanan muncul berbagai penyakit. Seperti pilek, batuk, gatal-gatal, demam dan lainnya. Tapi sebenarnya hujan juga tidak akan menimbulkan masalah pada kesehatan apabila kondisi badan dan imun kita baik. Yuk simak fakta-fakta mengenai, apa benar hujan-hujanan bisa bikin sakit?

  1. Hujan tidak akan membuat sakit apabila imun kuat

Sumber Gambar : detik.net

Sering kali kita sudah berprasangka buruk dahulu jika seseorang kehujanan pasti akan sakit. Eits, belum tentu! Seseorang yang sedang kehujanan memang membuat pakaiannya menjadi basah akibat terkena hujan. Hal ini yang membuat badan jadi kedinginan dan juga kehilangan banyak suhu panas. Apabila kondisi ini memberikan tekanan pada tubuh yang berakibat memberikan peluang besar untuk terinfeksi virus. Jadi, jika imun kuat karena memakan makanan sehat, aktivitas fisik yang kuat dan juga olahraga yang teratur tentunya akan membuat imun kamu jadi kuat. Hal ini mendukung terjaganya dari berbagai penyakit. 

2. Virus lebih mudah menular pada ruangan yang tertutup

Sumber Gambar : kompas.com

Virus akan lebih mudah menularkan pada ruangan yang tertutup, hal ini dikarenakan ada orang atau teman yang berada dalam ruangan lalu bersin di ruang tertutup tersebut jelas akan menyebarkan virus-virus ke seisi ruangan. Jadi, kemungkinan tertular sangat tinggi. 

3. Menghindari Air Kotor 

hujan-hujanan bisa bikin sakit

Sumber Gambar : cloudfront.net

Apabila sedang terjadi hujan, banyak air yang menggenangi jalan-jalan dan banyak juga selokan yang tersumbat. Hal itu membuat tumbuhnya bakteri dan virus yang membuat tempat-tempat tersebut menjadi sarang kuman. Nah, untu itu menggunakan jas hujan saat keluar agar melindungi tubuh kita dari hujan dan menghindari pula dari tercipratnya air hujan. 

4. Kelembaban saat Hujan 

hujan-hujanan bisa bikin sakit

Sumber Gambar : Merdeka.com

Saat sedang kehujanan, pasti semua jadi basah. Untuk itu hindari memakai pakaian ketat seperti jeans, kaos, dan pakaian ketat lainnya karena jamur sangat mudah tumbuh dan senang berada di tempat yang lembab. Dengan memakai pakaian ketat, berate kamu telah memberikan izin mereka untuk tumbuh di baju kamu. Nah makanya setelah kamu terkena hujan langsung ganti baju untuk menghindari adanya virus yang menempel pada permukaan baju. 

5. Memakai Masker dan Makan-Makanan yang Bersih 

hujan-hujanan bisa bikin sakit

Sumber Gambar : id.rayhaber.com

Jika sudah hujan-hujanan tentunya resiko penyakit begitu mudah masuk. Nah, apabila ingin menghindari tidak tertular virus dan sakit. Biasakan keluar menggunakan masker terutama saat musim hujan. Kemudian juga jangan lupakan makan-makanan yang bersih juga saat keluar, karena makanan yang bersih tentunya akan menghindari tertularnya banyak virus. 

Nah, itu tadi beberapa fakta dan informasi mengenai hujan-hujanan bisa bikin sakit. Jadi apabila kalian keluar usahakan memakai jas hujan dan perlengkapan lainnya saat keluar rumah ya guys, walaupun belum tentu sakit karena imun setiap orang berbeda-beda. Nah, semoga membantu!

About author

Related posts
GenK LIFE

7 Hal Yang Perlu Diketahui Soal Menstruasi! Para Wanita Wajib Tau!

GenK LIFE

Generasi Milenial Wajib Tahu, Ini 5 Tips Mencapai Financial Freedom di Usia Belia

GenK LIFE

Kenali Anticipatory Anxiety, Kelainan Yang Membuatmu Overthinking

GenK LIFE

Kaum Rebahan Wajib Tau, Ini Dia Gerakan Olahraga Ringan Selama di Kasur!

Leave a Reply

Your email address will not be published.