Creativepreneur and Career

Apa Itu 1:1 Meeting Serta Manfaatnya untuk Hubungan dalam Pekerjaan

Dalam dunia kerja ada banyak istilah penting, salah satunya 1:1 meeting. Bukan tanpa alasan meeting ini dinamakan demikian. Udah gitu, jenis meeting seperti ini emang sepenting itu buat kenyamanan di tempat kerja. Kita simak aja ulasannya berikut ini.

Apa Itu 1:1 Meeting

Sumber Gambar : entrepreneur.com

1:1 meeting atau one-on-one atau one-to-one meeting adalah pertemuan rutin antara dua orang di dalam organisasi, biasanya ini buat manajer dan karyawan. Kegunaannya buat memberikan feedback, menjaga semangat bekerja, menyelesaikan masalah, serta membantu para peserta meeting buat berkembang sesuai dengan posisi pekerjaan mereka.

Meeting ini terasa spesial karena bebas dan benar-benar fokus terhadap karyawan. Jadi, berasa ngobrol dengan teman, dan bukan fokus terhadap status maupun posisi atasan dan bawahan. Makanya meeting ini dianggap penting karena menjadi dasar kepercayaan, sekaligus membangun hubungan yang bisa bikin semua pihak tetap produktif.

Keuntungan 1:1 Meeting Buat Karyawan

Sumber Gambar : inc.com

Tentunya ada keuntungan 1:1 meeting buat masing-masing individu di tempat kerja, mulai dari karyawan, manajer, sampai bisnis itu sendiri. Buat karyawan, keuntungannya yaitu bisa memberikan feedback dan arahan yang dibutuhkan, biar lebih mudah untuk sukses dalam posisi pekerjaan tersebut, sekaligus dapat mengembangkan karier. 

Sementara, manajer yang mendengarkan apa yang disampaikan karyawannya, serta memberikan arahan yang tepat, bisa jadi partner untuk karyawan tersebut dalam meraih sukses.

Keuntungan 1:1 Meeting Buat Manajer

1:1 meeting

Sumber Gambar : hubspot.com

Sebagai manajer, rapat 1:1 bisa membantu mengembangkan setiap anggota tim, menyelesaikan masalah lebih dini, sekaligus meningkatkan ketahanan kerja karyawan. Buat memaksimalkan potensi yang dimiliki orang-orang di timnya, seorang manajer harus nyambung dan relate dengan setiap individu, jadi menjalin hubungan dekat.

Nggak ada jalan pintas buat membangun hubungan yang real. Artinya, hubungan tersebut emang perlu proses biar bisa terbentuk dan terjaga. 

Obrolan one-on-one membantu menciptakan wadah dan kepercayaan, yang memudahkan manajer dan karyawan buat berbagi pikiran. Jadi sama-sama tahu apa yang dipikirkan, sehingga lebih mudah mengambil tindakan yang bisa bikin happy sekaligus produktif.

Keuntungan 1:1 Meeting Buat Bisnis

1:1 meeting

Sumber Gambar : fachrul.id

Kesuksesan bisnis tergantung pada upaya manajer untuk menjaga hubungan dengan anggota timnya. Jadi, 1:1 meeting yang sehat itu nggak hanya bagus untuk individu, tapi juga memberikan pengaruh besar buat keberlangsungan bisnis tersebut.

Selain kesuksesan manajer yang memengaruhi suksesnya suatu bisnis, 1:1 meeting secara rutin merupakan cara tepat buat meningkatkan engagement. Ketika setiap karyawan punya kesempatan buat bertanya tentang arah dan tujuan perusahaan, dan gimana pekerjaan mereka bisa memberikan kontribusi, maka mereka bakalan semakin peduli dengan perusahaannya. 

Selain itu, engagement biasa dikenal sebagai indikasi yang menunjukkan retention dan produktivitas. Jadi, engagement yang bagus juga bikin karyawan betah dan produktif.

Tips 1:1 Meeting Buat Peserta Rapat

1:1 meeting

Sumber Gambar : peoplebox.ai

Ada sedikit tips buat ketemuan di meeting one-on-one, berikut tipsnya:

Seberapa Sering Ketemu

Banyak manajer memikirkan sendiri, seberapa sering one on one meeting yang ideal itu. Apakah tiap bulan atau setiap minggu. Langkah pertama, simpel aja, pastikan one on one meeting jadi kebiasaan. Kalau udah, idealnya meeting one-on-one diadakan setiap 1-2 minggu dengan durasi per pertemuan 30-60 menit.

Kapan dan di Mana Ketemu

Paling ideal buat bertemu dengan bertatap muka, terutama supaya bisa berkomunikasi dengan baik. Jadi, kapan pun bisa, meeting ketemuan langsung aja. Baru kalau berhalangan, jangan dibatalkan, tapi diganti jadi meeting lewat video.

Oke itu tadi sekilas tentang 1:1 meeting. Nah, sekarang udah paham pengertiannya sekaligus manfaatnya, benar kan. Tinggal dijadwalkan aja buat meeting rutin.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Jurusan yang Harus Kamu Ambil Kalau Ingin jadi Game Designer

Creativepreneur and Career

6 Penerbit yang Menerima Naskah Penulis Pemula dari Seluruh Indonesia

Creativepreneur and Career

4 Skill Wajib yang Harus Dikuasai untuk jadi Penyiar Radio

Creativepreneur and Career

5 Ide Bisnis Fashion Masa Kini dengan Modal Sedikit Tapi Bisa Cuan Banyak