GenK LIFE

Apa Itu Alcohol Swab dan Kenapa Jadi Langka di Tengah Wabah Corona?

Di tengah wabah corona yang semakin meluas sekarang ini, ada berbagai hal yang juga menjadi viral. Salah satunya adalah dengan kelangkaan barang-barang tertentu seperti peralatan medis. Sebelumnya, hand sanitizer dan masker menjadi dua barang yang langka untuk ditemukan. Hal ini terjadi sebagai upaya mengantisipasi masuknya virus corona.  Jikapun ada, harga yang ditawarkan  justru jadi mahal berkali-kali lipat.

Tak hanya masker, alat medis lain yang menjadi langka adalah sarung tangan. Tenaga medis pasti sangat membutuhkan benda ini sebagai salah satu benda wajib yang digunakan dalam pekerjaannya di bidang kesehatan. Namun, karena beberapa hal viral dan kepercayaan untuk menjaga kebersihan, orang-orang terus ikut memburu benda ini. Salah satu alat medis terbaru lain yang ikut viral karena mulai langka adalah alcohol swab.

Ilustrasi alcohol swab. (Sumber: getty image)

Alcohol swab ini mendadak menjadi viral dan digunakan sebagai alternatif karena kelangkaan terhadap masker dan hand sanitzer. Masyarakat bahkan menggunakan tisu alkohol ini sebagai bahan untuk membersihkan beberapa barang, salah satunya adalah ponsel. Agar tidak keliru dan berspekulasi sendiri, ada baiknya kita tahu mengenai alcohol swab ini.

Apa itu Alcohol Swab

Ilustrasi penggunaan alcohol swab. (Sumber: getty image)

Alcohol swab merupakan salah satu alat kesehatan yang berupa kapas atau tisu alkohol. Tisu alkohol ini juga mengandung antiseptik yang umumnya digunakan untuk mempersiapkan area kulit sebelum mendapatkan injeksi. Alkohol yang ada di dalam tisu ini berguna sebagai pencegahan infeksi bakteri pada kulit yang dapat terjadi karena proses penyuntikan.

Tak hanya sebagai pre-injeksi, tisu alkohol ini juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan luka, pengambilan darah, melepas jahitan, pemasangan IV ataupun tindakan lainnya yang memerlukan antisepsi. Tisu alkohol ini mengandung isopropil alkohol sebesar 70% yang berfungsi untuk mencegah dan membunuh pertumbuhan kuman di kulit.

Walaupun tisu alkohol ini terbilang praktis, namun ada beberapa peringatan juga loh dalam penggunaannya. Karena mengandung alkohol, penggunaan tisu ini haruslah hati-hati karena bahannya yang mudah terbakar. Tak hanya itu, tisu ini juga hanya bisa digunakan di permukaan kulit terluar bukan untuk luka dalam apalagi sampai dikonsumsi.

Hal lain yang harus diperhatikan dalam penggunaan tisu ini adalah baik digunakan di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Kita tidak boleh menghirup udara yang sudah terpapar dengan bahan ini karena bisa beracun. Tisu ini juga akan bisa berbahaya jika sampai mengenai mata.

Efek samping dan cara penggunaan Alcohol Swab

Setiap penggunaan sesuatu, terkadang pasti akan ada efek samping yang akan kita rasakan, begitu juga dengan alcohol swab ini. Beberapa efek samping yang dapat dirasakan dalam penggunaannya seperti gatal-gatal, kulit kering, kulit merah, iritasi kulit hingga sensasi terbakar pada kulit.

Selain itu, apabila sampai mengalami sesak nafas, pembengkak pada wajah, bibir, lidah ataupun tenggorokan, kita harus segera menghubungi petugas medis terdekat agar segera mendapat penanganan yang tepat. Efek samping lain mungkin saja akan bisa kita rasakan apabila tak sengaja menelan ataupun mengoleskannya ke bagian hidung dan mata.

Ilustrasi kulit kering. (Sumber: pexels)

Ada beberapa hal yang harus kita tahu juga perihal tata cara penggunaan tisu alkohol ini. Setiap lembarnya, tisu ini hanya diperkenankan untuk pemakaian satu kali dan harus dibuang setelahnya. Oleskan atau gosokkan tisu ini sesuai dengan kebutuhan kita untuk membersihkan patogen kulit.

Ingatlah bahwa tisu ini mengandung isopropil alkohol yang mudah terbakar, sehingga jangan sampai digunakan di tempat yang panas atau tempat yang dekat dengan api. Apabila tak sengaja terkena mata, hidung, dubur ataupun vagina, segeralah untuk bilas dengan air agar tak menimbulkan efek yang tak diinginkan.

Seperti yang kita tahu, alcohol swab ini merupakan salah satu perlengkapan media yang penting. Sehingga akan lebih baik bagi kita untuk mengutamakan barang ini kepada mereka yang lebih membutuhkan. Untuk upaya pencegahan corona sendiri bukankah sudah ada upaya lain yang lebih efektif?

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya