Creativepreneur and Career

Apa Itu Brand Identity dan Seberapa Penting Keberadaannya dalam Sebuah Bisnis

brand identity

Seperti halnya seorang manusia, sebuah perusahaan pun memiliki identitas yang dapat memvisualisasikan dan mendeskripsikan nama, tujuan atau bahkan brand dan produk yang mereka ciptakan. Hal semacam itu dalam dunia bisnis dikenal dengan istilah brand identity. Lalu apa itu brand identity secara detail? Ingin tahu jawabannya, berikut adalah penjelasannya.

Apa Itu Brand Identity?

Sumber Gambar : n2u.com.vn

Brand identity adalah sebuah identitas perusahaan atau brand tertentu yang levelnya lebih tinggi dibandingkan dengan sebuah logo atau bahkan produk yang diciptakan. Brand identity dapat dikatakan sebagai sebuah kesan umum yang muncul dan diperkenalkan ke publik sebagai atribut merek yang dapat dikenali secara langsung dan untuk membedakan brand atau perusahaan tersebut dengan kompetitornya.

Dalam artian yang paling sederhana, brand identitas itu mirip sebuah kepribadian yang tersemat dalam tubuh perusahaan atau sebuah brand. Brand identity muncul ketika sebuah perusahaan atau brand mampu menciptakan ikatan emosional antara mereka dengan konsumen. Dengan lahirnya ikatan tersebut, maka menjadi penentu keputusan konsumen untuk melakukan pembelian.

Seberapa Penting Brand Identity dalam Sebuah Bisnis?

Sumber Gambar : seocalling.com

Seperti yang dijelaskan di atas, brand identity adalah sebuah media komunikasi perusahaan atau brand dengan pasar. Hal tersebut merupakan aset pertama dan terpenting yang wajib dimiliki agar dapat layanan atau produk dapat dikenal dan kemudian digunakan oleh pelanggan. 

Seberapa penting sebuah identitas brand dalam sebuah bisnis? Jawabannya adalah sangat penting sekali. Di tengah pasar yang sangat kompetitif seperti sekarang, apabila brand yang kamu miliki tidak mempunyai identitas, maka dapat dengan mudah tergilas oleh brand-brand besar dan hilang tidak dikenali oleh konsumen.

Jadi, dengan brand identity ini, brand yang kamu miliki dapat memiliki posisi di pasar. Untuk masalah di urutan berapa di pasar, maka ditentukan oleh banyak faktor, seperti kualitas layanan atau produk, engagement dengan konsumen dan lain sebagainya. Jika sebuah brand nggak punya identitas, maka brand tersebut juga nggak bakal punya tempat di pasar.

Bagaimana Menentukan Brand Identity?

brand identity

Sumber Gambar : brandingstrategyinsider.com

Pada dasarnya, untuk menentukan identitas brand meliputi banyak hal. Akan tetapi ada 2 yang paling mendasar dan terpenting. Yaitu core value dari perusahaan atau brand dan kedua adalah target pasarnya. Sebuah brand yang bagus adalah berdasarkan dari kedua hal tersebut. 

Sebuah perusahaan atau brand wajib menentukan dan memiliki core value sebelum mereka berdiri. Contohnya saja, Mercedes-Benz, Volvo atau juga Porsche memiliki produk yang melambangkan kemewahan dan kecepatan yang dibalut dengan keamanan. Atau juga Adidas, Nike dan New Balance menekankan pada kualitas, kekuatan, fleksibilitas dan fashion untuk produk mereka. Hal itulah yang disebut core value.

Sedangkan target pasar dalam hal ini adalah perseorangan atau kelompok tertentu yang cukup sensitif terhadap sebuah status diri dan membutuhkan produk yang dapat menaikkan imej mereka di sebuah komunitas lingkup kecil atau di sebuah masyarakat. Seperti contohnya, seorang pebisnis akan lebih memilih membawa produk mewah seperti Louis Vuitton agar mereka dapat dipandang lebih ketika berada di tengah banyak orang.

Dengan mengetahui apa itu identitas brand, seberapa penting keberadaannya dalam sebuah bisnis sampai dengan bagaimana cara menentukannya. Maka brand yang kamu miliki akan mampu bersaing dengan kompetitor. Sekaligus mendapatkan posisi di pasar serta mendapatkan pelanggan-pelanggan potensial yang loyal nantinya.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Apa Itu Pinned Post Instagram dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Creativepreneur and Career

5 Skill Penting yang Wajib Dikuasai Content Creator untuk Dapatkan Peluang Sebesar-besarnya

Creativepreneur and Career

Tips Sederhana Tapi Ampuh dalam Membuat Headline Instagram yang Menarik dan Eye-catching

Creativepreneur and Career

Tahap-Tahap Fase Bisnis Kuliner untuk Memulainya