Creativepreneur and Career

Apa Itu CRM? Yuk Kenali Lebih Dalam!

crm

CRM yang merupakan singkatan dari Customer Relationship Management adalah salah satu software penting yang dapat membantu perkembangan bisnis kalian. CRM merupakan sitem yang dapat mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan yang dapat memadukan proses antara manusia dengan teknologi.

Pernahkan diantara kalian yang menggunakan software CRM? Atau mungkin Anda baru pernah dengar apa itu CRM? Biar Nggak panjang lebar, Yuk simak ulasan dibawah ini.

Memahami Customer Relationship Management (CRM)

Sumber Gambar : sasanadigital.com

Apabila kalian adalah orang yang bertanggung jawab langsung dengan customer (customer service atau pemilik bisnis), kalian pasti pernah menyadari bahwa sangatlah tidak mudah dalam menjaga hubungan dengan pelanggan.

Hal ini dapat terjadi karena proses perjalanan, kebutuhan, ataupun masalah yang dapat dialami oleh mereka yang berbeda antara pelanggan satu dengan pelanggan lainnya.

Ada pelanggan yang baru memesan, sedang nego harga, atau sedang melakukan kembali pembelian produk kalian.

Jika pelanggan kalian hanya 1 atau 2, mungkin kalian belum dapat menemui masalah yang berarti. Tapi bagaimana dengan pelanggan kalian yang sudah mencapai puluhan, ratusan, bahkan ribuan? Bagaimana cara kalian dalam mengatur jalnnya transaksi setiap cstomer? Karena itulah CRM atau

Customer Relationship Management Ini Dibuat!

Sumber Gambar : kajianpustaka.com

CRM merupakan salah satu sistem yang dibuat untuk mengelola interaksi yang terjadi antara perusahaan dengan pelanggan agar dapat menjalin hubungan baik dan bisa membantu kalian dalam meningkatkan keuntungan untuk perusahaan kalian.

CRM akan menyimpan informasi yang lengkap data pelanggan dapat menjalin hubungan baik antara perusahaan dengan pelanggan melalui penjualan secara up selling dan cross selling.

Dengan menjalankan sistem CRM dengan tepat, maka kalian dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, mengurangi biaya, time to market, dan meningkatkan efisiensi kerja.

Semua hal diatas sangat berpengaruh dalam peningkatan profit (keuntungan) bagi perusahaan kalian.

Prinsip dan Cara Kerja CRM

Sumber Gambar : pointstar-consulting.com

CRM mempunya prinsit yang terletak pada kemauan bisnis agar dapat meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan tanpa menambah beban biaya dan waktu. Data pelanggan yang dapatmemberikan profil dan karakter. Selain tahu karakter pelanggannya, perusahaan harus memilih bvagaimana cara berinteraksi yang tepat agar dapat menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Berikut 5 langkah bagaimana cara CRM bekerja agar bisa menciptakan loyalitas pelanggan dan dapat berdampak pada bisnis kalian.


  1. Ciptakan Perputaran Komunikasi

Sumber Gambar : sleekr.co

Antara pemasar dan pelanggan harus bisa menciptakan komunikasi/interaksi. Bagaimana cara kalian bisa menciptakan perputaran komunikasi antar perusahaan dengan pelanggan.

  1. Melakukan Customer Profiling

Sumber Gambar : acorel.nl

Kenali terlebih dahulu profile dari pelanggan kalian, lakukan segmentasi pasar. Dengan cara mengenal pelanggan tersebut akan membuat kalian mampu menciptakan benefit dan program yang sesuai dengan keinginan mereka.

  1. Gunakan Data Pelanggan

CRM

Sumber Gambar : accurate.id

Pada mulanya data pelanggan merupakan acuan pertama pada program CRM untuk selalu membuat program/benefit dasarnya selalu menggunakan data.

  1. Bertanya Need&Want Pelanggan

CRM

Sumber Gambar : merizahendri.com

Ini merupakan dasar agar mampu menciptakan layanan pelanggan yang sesuai dengan keinginan butuhkan pelanggan.

Nih caranya, saat kita berinteraksi melalui telfon, survei, atau berinteraksi secara langsung untuk selalu menciptakan pertanyaan apa yang menjadi keinginan atau kebutuhan dari pelanggan.

  1. Customer Knowledge

CRM

Sumber Gambar : commbox.io

Jika sudah bisa mengetahui apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan pelanggan, ubah informasi pelanggan menjadi knowledge. Knowledge tersebut dapat digunakan untuk membuat program, benefit, ataupun layanan yang nantinya akan diberikan.

Jika kalian menggunakan Costumer Relation Management yang tidak terlalu rumit, kalian akan mengetahui bahwa cara kerja CRM sangatlah sederhana. Secara garis besar, CRM akan membantu Anda untuk menandai semua customer kalian berdasarkan proses yang sedang mereka jalani.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Sukses Bikin Video ASMR Eating di YouTube untuk Pemula

Creativepreneur and Career

6 Ide Konten Tanpa Wajah, Cocok untuk Introvert yang Ingin jadi YouTuber

Creativepreneur and Career

7 Pekerjaan Part Time Bidang Musik yang Cocok untuk Mahasiswa atau Pegawai Kantoran

Creativepreneur and Career

Jurusan yang Harus Kamu Ambil Kalau Ingin jadi Game Designer

Leave a Reply

Your email address will not be published.