Seni Rupa & Desain

Mengenal Apa Itu Infografis, Cara Mengemas Teks ke Dalam Visual

apa itu infografis

Komunikasi visual yang baik tak hanya dinilai dari segi desainnya saja loh, tetapi juga dari ketepatan informasi yang disampaikan. Membuat desain infografis adalah salah satu solusinya. Apa itu infografis dan apa saja jenis-jenisnya? Mari simak selengkapnya di sini!

Menyampaikan data dan informasi yang dicetak di atas kertas HVS tentu sudah biasa. Tapi kalau begini terus sih lama-lama bisa bikin kamu bosan.  Apalagi kalau harus berhadapan dengan klien. Bisa-bisa mereka malah tidak tertarik dengan data yang kamu ajukan.

Sebagai seorang desainer yang bekerja di bidang industri kreatif, kamu harus memutar otak untuk selalu produktif membuat sesuatu yang menarik dan fungsional. Mungkin kamu harus cobain yang namanya infografis. Mau menyampaikan informasi yang berat sekalipun akan terlihat menarik kalau disajikan dengan menggunakan desain ini. Nah, seandainya kamu tertarik untuk membuat infografis, kami punya penjelasan singkatnya nih. Mulai dari apa itu infografis, manfaatnya, dan jenis-jenisnya. Silakan dibaca! 

Apa Itu Infografis?

Infografis berasal dari bahasa Inggris, yaitu infographics. Istilah ini terdiri dari dua kata, yaitu “information” dan “graphics”. Singkatnya, infografis diartikan sebagai sebuah informasi yang disampaikan lewat susunan desain grafis.Atau secara garis besar, infografis adalah representasi visual dari sebuah data atau informasi yang disajikan dengan ringkas, jelas, dan to the point

 infografis adalah 1

Contoh desain infografis (sumber: venngage.com)

Desain ini dibuat dengan menggunakan kumpulan gambar, bagan, teks, dan warna-warna yang menarik saat dipandang. Kemudian semua komponen tersebut dibuat sesederhana mungkin agar dapat dimengerti dengan mudah.

Namun meski terlihat sederhana, perlu diingat bahwa visual di dalam infografis harus lebih fun dan engaging ke audiens. Jadi gak hanya membaca, tetapi mereka juga bisa mengingat konten buatanmu. Beberapa tahun terakhir, infografis telah berkembang menjadi media komunikasi massa loh. Tampilannya yang kece membuat siapa saja jadi gak mager lagi kalau disuruh membaca. 

Ini juga berhubungan dengan cara belajar efektif yang sudah pernah kami bahas di artikel sebelumnya. Infografis masuk ke dalam salah satu daftar cara supaya kamu lebih cepat dan mudah saat mempelajari suatu materi.

Baca Juga :   6 Tips Cara Membuat Poster Kreatif untuk Anak Desain
About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Channel YouTube Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Melakukan Room Makeover Ala KDrama!

Seni Rupa & Desain

7 Font YouTube Thumbnails Agar Terlihat Unik dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Concept Art, Apa Itu? Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Concept Art

Seni Rupa & Desain

Banyak yang Susah Membedakan, Sudah Tahu Beda Typeface dan Font?

Leave a Reply

Your email address will not be published.