GenK LIFE

Apa Itu Meme? Budaya Komunikasi Kekinian Anak Milenial

apa itu meme

Meme Sebagai Bentuk Komunikasi Gaya Baru

apa itu meme 2

Meme sebagai gaya komunikasi baru (sumber: pexels.com)

Selain tujuan penggunaannya sebagai sumber lelucon, meme juga mulai berkembang sebagai bagian dari budaya komunikasi digital dengan gaya baru, GenK. Maraknya penggunaan meme sebagai medium untuk menyampaikan informasi mirip dengan berkembangnya tren pemakaian emoji dengan 1001 artinya.

Penyampaian informasi melalui media gambar atau pictograph seperti pada emoji, membawa kita pada era komunikasi baru yang turut berkembang bersama dengan kemajuan teknologi.

Gambar dipilih sebagai medium yang tepat karena secara alami otak manusia dapat lebih mudah memproses sesuatu yang disajikan secara visual dibanding hanya berupa tulisan misalnya.

Untuk meme sendiri, penggunaan gambar yang menarik didukung oleh kalimat yang kontekstual yang disusun sedemikian rupa agar dekat dengan para pembaca. Alhasil, meme menjadi booming di kalangan pengguna internet yang memang didominasi oleh anak muda yang serba update tentang berbagai macam hal.

Penyampaian informasi melalui meme dianggap lebih berhasil karena penyajiannya yang singkat dan cocok untuk gaya hidup zaman sekarang yang memang serba cepat dan praktis.

Ditambah lagi gaya bahasa yang digunakan juga lebih ringan dan memang mirip dengan gaya bahasa yang umum dipakai sehari-hari. Apalagi dengan sentuhan humor khas yang bersifat sarkastik dan hiperbola.

Banyak orang tidak memiliki waktu untuk membaca teks yang panjang dan membosankan untuk mengerti suatu pesan yang ingin disampaikan. Untuk itulah meme yang menggunakan gambar-gambar unik dengan informasi relevan dengan kehidupan kita menjadi mudah untuk diterima para pengguna internet.

Meme dan Budaya Kekinian

apa itu meme 3

Contoh meme yang diambil dari adegan di film (sumber: storypick.com)

Dengan perkembangan teknologi yang ada sekarang, perubahan sosial menjadi salah satu dampak yang tidak mungkin bisa dihindari. Perubahan sosial yang dimaksud adalah pada budaya yang berkembang di era digital dengan integrasi internet ke dalam kehidupan kita.

Budaya yang berkembang dalam di dunia baik digital maupun di dunia nyata bisa saling bertukar dan berinteraksi satu sama lain. Apa yang terjadi di dunia nyata bisa dibawa ke dalam dunia maya dan menjadi nilai baru yang diterapkan di sana.

Meme termasuk salah satu budaya internet yang berkembang dan telah menyatu dengan kehidupan kita di dunia nyata. Hal ini tidak terlepas dari kekuatan yang dibawa oleh meme itu sendiri dalam konteksnya yang relevan dengan dunia nyata.

Peristiwa yang terjadi di sekitar kita bisa diangkat untuk menjadi bahan meme berikutnya yang memiliki potensi untuk viral. Semakin dekat sebuah isu yang diangkat dengan situasi dalam keseharian kita, maka semakin tinggi pula meme yang dibuat untuk bisa viral. 

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *