Creativepreneur and Career

Apa Itu Pinned Post Instagram dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Bukan satu hal yang aneh lagi jika mengatakan bahwa Instagram sekarang ini adalah salah satu sosial media yang sangat digandrungi banyak orang. Dikarenakan itu, pihak Instagram pun terus melakukan update fitur dan layanan agar penggunanya dapat lebih nyaman dan tidak beralih ke sosial media lainnya. Salah satu fitur yang cukup baru adalah sekarang ini kamu dapat melakukan pinned post Instagram atau menancapkan postinganmu agar terus berada di atas dari semua unggahan yang ada. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut.

Apa Itu Pinned Post Instagram?

Sumber Gambar : techwiser.com

Seperti yang sedikit dijelaskan di atas, pinned post di Instagram adalah memindahkan postingan yang dikehendaki dan ditancapkan untuk terus berada di bagian atas dari semua unggahan yang pernah dilakukan. Jadi dengan cara ini, pengunjung akun Instagrammu akan melihat postingan tersebut untuk kali pertama.

Nggak hanya itu saja, sebuah postingan yang di-pin, maka dapat menjadi pelambang bahwa unggahan itu merupakan yang terpenting dan terfavorit. Sehingga bisa membuat pengunjung lebih tahu apa yang akan dan ingin mereka telusuri juga lihat dari semua postinganmu.

Satu hal yang menarik adalah kamu nggak perlu punya follower yang banyak atau harus berstatus akun bisnis untuk dapat menggunakan fitur ini karena Instagram telah membuat layanannya tersebut dapat dipakai semua pemilik akun Instagram.

Cara Menggunakan Pinned Post di Instagram

Sumber Gambar : techwiser.com

Cara untuk menggunakan fitur satu ini cukup mudah, tapi ada beberapa step yang wajib kamu lakukan.

  1. Buka Instagram
  2. Cari foto atau postingan yang pernah kamu unggah atau kamu juga dapat memakai foto baru yang baru akan kamu upload
  3. Klik 3 titik di sebelah kanan atas
  4. Pilih “Pin to your profile” atau “Sematkan ke profil”
  5. Selesai

Setelah kamu berhasil melakukannya, coba refresh akunmu. Nantinya kamu akan melihat postingan yang telah disematkan atau ditancapkan muncul di bagian atas. Sebagai informasi, kamu hanya bisa melakukan penyematan sebanyak maksimal 3 foto saja. Jadi ketika kamu sudah pin 3 foto, maka hasilnya adalah ada 3 gambar yang tertata rapi dan terus tertancap di bagian atas dari semua postinganmu.

Untuk “unpinned” atau menghilangkan tanda penyematan itupun, kamu hanya perlu melakukannya hal yang sama seperti saat menyematkan di awal. Dan setelah kamu melakukannya, maka postingan akan kembali ke awal atau ke urutan sesuai dengan kapan kamu mengunggahnya dulu.

Apakah Reel Juga Dapat Di-pinned?

Sumber Gambar : i.pcmag.com

Ya, nggak hanya foto saja, fitur penyematan ini juga berlaku untuk Reel atau unggahan dalam bentuk video di Instagram. Caranya pun sama seperti foto. Hanya saja, jika kamu ternyata nggak menemukan tulisan “Pin to your profile” atau “Sematkan ke profil,” maka yang perlu kamu lakukan adalah mengupdate Instagrammu itu terlebih dahulu.

Siapa Saja yang Dapat Melihat Sematan di Instagram?

Sumber Gambar : bustle.com

Selama akun Instagrammu tidak dikunci atau digembok, maka siapa saja, bukan hanya followermu saja, dapat melihat sematan tersebut. Jadi, bila akunmu digunakan untuk bisnis atau yang bertujuan menjaring orang atau pengikut, ada baiknya untuk tidak menguncinya dan dapat melakukan pinned post untuk postingan-postingan yang dianggap penting agar nggak tertumpuk di bawah.

Bagaimana menarik bukan? Fitur pinned post ini kali pertama dimunculkan di sosial media milik Meta, yaitu Facebook dan karena Instagram juga masih satu bendera, maka layanan tersebut hadir juga untuk digunakan seluruh penggunanya.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Membuat Portofolio Desain Interior yang Menarik

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis, Pahami Dulu Perbedaan Paten, Merek dan Hak Cipta

Creativepreneur and Career

6 Point Penentu Keberhasilan Bisnis Kuliner Yang Wajib Dioptimalkan!

Creativepreneur and Career

Manfaat Optimasi E-Commerce Buat Jangka Panjang Bisnis Online