Fotografi

Tingkatkan Kualitas Jepretan Foto dengan Mengenal Rule of Thirds

rule of third

2. RO3 dalam Portraits Photography

RO3 dalam fotografi portrait

sumber: bidunart.com

Yups, kamu bisa menggunakan RO3 pada semua jenis foto yang kamu ambil. Termasuk potret. Hanya dengan mengikuti aturan sepertiga ini, kamu sendiri bahkan akan terkejut dengan hasil jepretanmu, di mana foto yang sederhana bisa terlihat begitu menakjubkan, berdasarkan penempatan subjek.

RO3 dalam portrait photography

sumber: modula.com

Akan ada saatnya, ketika kamu mengambil foto dengan subjek berada di tengah. Jangan khawatir kalau itu terjadi. Cobalah menangkap subjek yang mencondongkan tubuh ke kedua sisi. Dengan begitu jepretanmu akan memberikan lebih banyak daya tarik visual.

3. RO3 dalam Street Photography

rule of thirds dalam street photography

sumber: studiobinder.com

Well, nggak jauh berbeda dengan aturan sepertiga pada foto landscape dan portrait. Untuk membuat hasil jepretanmu lebih keren, cobalah meletakkan subjek pada salah satu dari empat titik pertemuan. Tetap berpegang teguh pada keseimbangan elemen. Dan jangan takut untuk terus dan terus bereksperimen mencari sudut terbaik menangkap gambar.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi bagus atau tidaknya sebuah foto. Karena mau bagaimana pun, fotografi itu bersifat subjektif. Seorang fotografer berpengalaman pasti tahu bagaimana caranya menangkap gambar yang disusun dengan sempurna. Mereka akan mempertimbangkan penempatan objek dan subjek serta titik fokus secara menyeluruh. So, kamu bisa belajar fotografi dari sang fotografer pro dengan mempraktekkan aturan sepertiga alias Rule of Thirds dalam jepretanmu. Buktikan kamu juga punya keahlian tangan emas layaknya seorang pro! Siap?

About author

Related posts
Fotografi

Foto Biasa Jadi Lebih Menarik dengan Teknik Focus Stacking

Fotografi

Bagus Banget! Berikut Cara Pewarnaan Foto Dengan Teknik Sepia Tone

Fotografi

3 Tips Unik dalam Wedding Videography, Dijamin Hasilnya Ciamik!

Fotografi

Bisnis Newborn Photography, Menarik dan Menjanjikan