Fotografi

Tingkatkan Kualitas Jepretan Foto dengan Mengenal Rule of Thirds

rule of third

Halo, kamu yang lagi mencoba lebih mendalami dunia fotografi, udah tahu tentang Rule of Thirds atau RO3 belum, nih? RO3 ini merupakan salah satu aturan dasar komposisi dalam seni fotografi yang paling terkenal dan masih banyak digunakan oleh para fotografer profesional sekali pun. So, untuk fotografer pemula sepertimu yang baru coba-coba teknik jeprat-jepret, ada baiknya berkenalan dengan aturan sepertiga ini, deh. Dianggap sebagai salah satu yang termudah untuk meningkatkan keterampilan fotografimu secara instan, RO3 bisa membantumu menangkap gambar dengan menarik dan seimbang secara visual. Yuk, kenalan lebih dalam tentang RO3 dan bagaimana penerapannya dalam berbagai gaya fotografi.

Apa Itu The Rule of Thirds dalam Fotografi?

rule of thirds

sumber: capturelandscapes.com

Rule of Thirds membantu menangkap subjek foto dengan teknik pemecahan gambar atau pembagian gambar menjadi tiga, agar hasilnya lebih seimbang dan menyenangkan untuk dilihat. Untuk menerapkan aturan sepertiga, kamu harus membagi subjek foto menjadi tiga, dengan mengambil garis lurus secara vertikal dan horizontal sehingga kamu punya sembilan bagian yang sama. Kalau melihat ke display kamera, kamu akan mendapati ada 4 titik bertemu di tengah. Kali pertama digemakan dalam dunia seni lukis, RO3 mengharuskan setiap lukisan, termasuk foto, untuk memiliki semua elemen secara seimbang, di mana sepertiga bagiannya terdiri dari tanah dan air, sementara dua per tiga bagiannya untuk udara dan langit.

Untungnya kamu terlahir di era serba modern seperti sekarang ini, di mana kamera diproduksi dengan berbagai fitur-fitur canggih. Salah satunya fitur RO3 ini. Kamu tinggal mengaktifkannya ketika akan menjepret suatu subjek, dan voila, kamu dapat gambar keren yang terlihat lebih menarik dan seimbang. Yuk, terapkan RO3 dalam berbagai gaya fotografi dengan teknik berikut:

1. RO3 dalam Landscape Photography

menerapkan RO3

sumber: photographylife.com

Kamu bisa menerapkan aturan sepertiga pada landscape photography dengan mengikuti beberapa panduan sederhana. Untuk memulai, sejajarkan garis cakrawala dengan salah satu garis horizontal. Nggak harus sejajar persis, karena inti dari RO3 adalah keseimbangan. Eits, tapi bukan berarti kamu meletakkan garis cakrawala di tengah bingkai, lho.

rule of thirds dalam landscape photography

sumber: pinimg.com

Jika dalam bidikan ada elemen lain, tempatkan ia di dekat salah satu dari pertemuan empat titik. Bisa di bagian tengah sebelah kanan, kiri, atas atau bawah. Temukan perspektif yang menarik menurutmu. Jangan harap bisa langsung mendapatkan jepretan oke punya bak seorang pro kalau ini adalah yang pertama untukmu.

2. RO3 dalam Portraits Photography

RO3 dalam fotografi portrait

sumber: bidunart.com

Yups, kamu bisa menggunakan RO3 pada semua jenis foto yang kamu ambil. Termasuk potret. Hanya dengan mengikuti aturan sepertiga ini, kamu sendiri bahkan akan terkejut dengan hasil jepretanmu, di mana foto yang sederhana bisa terlihat begitu menakjubkan, berdasarkan penempatan subjek.

RO3 dalam portrait photography

sumber: modula.com

Akan ada saatnya, ketika kamu mengambil foto dengan subjek berada di tengah. Jangan khawatir kalau itu terjadi. Cobalah menangkap subjek yang mencondongkan tubuh ke kedua sisi. Dengan begitu jepretanmu akan memberikan lebih banyak daya tarik visual.

3. RO3 dalam Street Photography

rule of thirds dalam street photography

sumber: studiobinder.com

Well, nggak jauh berbeda dengan aturan sepertiga pada foto landscape dan portrait. Untuk membuat hasil jepretanmu lebih keren, cobalah meletakkan subjek pada salah satu dari empat titik pertemuan. Tetap berpegang teguh pada keseimbangan elemen. Dan jangan takut untuk terus dan terus bereksperimen mencari sudut terbaik menangkap gambar.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi bagus atau tidaknya sebuah foto. Karena mau bagaimana pun, fotografi itu bersifat subjektif. Seorang fotografer berpengalaman pasti tahu bagaimana caranya menangkap gambar yang disusun dengan sempurna. Mereka akan mempertimbangkan penempatan objek dan subjek serta titik fokus secara menyeluruh. So, kamu bisa belajar fotografi dari sang fotografer pro dengan mempraktekkan aturan sepertiga alias Rule of Thirds dalam jepretanmu. Buktikan kamu juga punya keahlian tangan emas layaknya seorang pro! Siap?

About author

Related posts
Fotografi

Foto Biasa Jadi Lebih Menarik dengan Teknik Focus Stacking

Fotografi

Bagus Banget! Berikut Cara Pewarnaan Foto Dengan Teknik Sepia Tone

Fotografi

3 Tips Unik dalam Wedding Videography, Dijamin Hasilnya Ciamik!

Fotografi

Bisnis Newborn Photography, Menarik dan Menjanjikan