Game & Teknologi

Apa Itu Twitter Spaces dan Cara Menggunakannya untuk Keuntungan Bisnis?

Ingin mempromosikan bisnismu dengan lebih optimal? Bagi pengguna iOS mungkin nggak asing lagi dengan platform audio sosial bernama Clubhouse yang sempat naik daun. Tapi karena sifatnya yang eksklusif, nggak semua orang bisa memanfaatkannya. Untungnya Twitter mengerti kebutuhan kamu semua dengan meluncurkan fitur terbarunya, Twitter Spaces.

Twitter Space itu apa, sih? Gimana bisa fitur dari platform jejaring sosial dengan 200 jutaan pengguna harian aktif di seluruh dunia ini memberikan manfaat untuk para pemilik bisnis? Simak jawabannya di bawah ini:

Pengertian Twitter Spaces

Sumber Gambar : journal.com

Yuk, kenalan dengan fitur terbaru dari Twitter yang memungkinkan penggunanya dengan 600+ followers melakukan streaming audio dengan user lainnya. Diperkenalkan setahun lalu, tepatnya pada November 2020, Twitter Spaces memang terinspirasi dari Clubhouse.

Manfaat Twitter Spaces untuk Bisnis

Sumber gambar : socialnetlink.org

Berikut ini adalah manfaat yang ditawarkan fitur Twitter yang satu ini untuk bisnismu:

  1. Bikin Event Anti Ribet-Ribet Club

Sumber Gambar : Twitter

Berkat Twitter Spaces nggak ada lagi yang namanya keruwetan pikiran untuk mengatur acara offline. Cukup beberapa klik, kamu sudah bisa menyelenggarakan event secara online. Selain nggak pake ribet, fitur ini juga hemat biaya, karena bisa digelar secara gratis-tis. Jadi, anggarannya bisa kamu pakai untuk menggandeng pembicara profesional.

2. Reputasi Brand Meningkat Tajam

Sumber Gambar : mediatoolkit.com

Online presence atau citra brand bisa dibangun lewat gelaran acara diskusi panel seputar topik hangat di industri bisnismu di Twitter Spaces. Sebanyak 97% pebisnis mengungkapkan reputasi brand sangat berpengaruh pada management online presence. Nah, diskusi panel akan membuatmu terlihat sebagai ahlinya bidang bisnismu, guys. Jadi, di mata mereka reputasi brand-mu juga akan semakin kuat.

3. Menambah Insight Bisnis

Sumber Gambar : darden.virginia.edu

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti diskusi panel seputar bidang bisnismu yang diadakan brand kompetitor, lho, guys. So, kamu bisa mengetahui seperti apa pengalaman pelanggan merk pesaing dari segala aspek. Nah, berbekal informasi-informasi tersebut itulah kamu bakal mengetahui gimana caranya membuat produk yang lebih baik lagi dari yang ada sekarang, guys.

Galilah informasi seputar produk kompetitor, penjualan mereka dan teknik marketing yang diterapkan. Dengan semakin kayanya insight bisnismu, kamu jadi punya banyak inspirasi untuk strategi marketing atau pun konten marketing-mu.

4. Dapat Feedback seputar Produk Baru

Sumber Gambar : smallbusinessbonfire.com

Katakan saja, nih, GenKs, kamu baru saja merilis produk baru, pastinya kamu butuh feedback dari pelanggan potensial, kan? Dengan begitu, kamu jadi bisa tahu apa langkah yang harus diambil selanjutnya.

Nah, Twitter Spaces menyediakan ruang obrolan dengan format tanya jawab untuk mengetahui seperti apa sih, feedback dari para pelanggan seputar produk barumu. Ini adalah cara yang lebih efektif ketimbang harus melakukan survei lewat email.

Gimana Cara Menggunakan Twitter Spaces untuk Keuntungan Bisnis Kamu

Sumber Gambar : alphr.com

Seperti diungkapkan sebelumnya, Twitter spaces bisa sangat berguna untuk meningkatkan brand awareness dan juga angka penjualan produkmu. Gimana caranya?

  1. Thought Leadership
Twitter Spaces

Sumber Gambar : business2community.com

Buatlah konten thought leadership atau event online bareng pakar untuk membahas berbagai topik seputar industri yang kamu jalani. Bentuk acaranya bisa seperti diskusi panel hingga webinar.

2. Q&A dan AMA

Twitter Spaces

Sumber Gambar : throughlinegroup.com

Sesi Question and Answer (Q&A) dan Ask Me Anything (AMA) ala-ala influencer di Instagram juga bisa digelar di Twitter Spaces, lho, GenKs. Nilai plusnya, kamu bisa berinteraksi secara real time.

3. Peluncuran Produk

Twitter Spaces

Sumber Gambar : amazonaws.com

Twitter adalah ruang terbaik untuk mengumumkan peluncuran produk baru. Caranya gampang banget, kamu tinggal mengundang pelanggan setiamu ke event online yang membahas spesifikasi produk terbarumu.

4. Giveaway

Sumber Gambar : dutchgirlinlondon.com

Ide penggunaan Twitter Spaces selanjutnya adalah mengadakan giveaway dengan tema tertentu, seperti pengenalan platform baru, peluncuran hasil riset atau rencana perluasan pasar.

Nah, gimana, GenKs? Sudah siap memanfaatkan Twitter Spaces untuk bisnismu?

About author

Related posts
Game & Teknologi

5 Situs Virtual Exhibition yang Cocok Kamu Datengin Buat Ngilangin Penat!

Game & Teknologi

Yuk Simak, Cara Bikin Wireframe Website dengan Mudah!

Game & Teknologi

Mengulik Progressive Web App, Rahasia Website Lebih Ngebut!

Game & Teknologi

Pemilik Bisnis Online Wajib Tahu Gimana Cara Membuat Chatbot WhatsApp