Creativepreneur and Career

Apa Peran Key Opinion Leader dalam Bisnis dan Bedanya dengan Influencer?

Key Opinion Leader (KOL) belakangan ini semakin banyak dibutuhkan oleh perusahaan atau pemilik bisnis untuk menerapkan strategi digital marketing secara lebih efektif. Tapi, sebenarnya siapa, sih, mereka itu? Kenapa kita butuh bantuan mereka? Dan apa bedanya mereka dengan influencer?

Nah, biar nggak salah kaprah, langsung aja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, yuk, GenKs?

Siapa Key Opinion Leader (KOL)?

Sumber Gambar : thewsh.globalblue.com

Key Opinion Leader (KOL) merupakan seseorang dengan skill tertentu, bisa dengan pengetahuan maupun kemampuannya, yang pendapatnya didengarkan dengan baik oleh masyarakat luas, sehingga bisa memberikan pengaruh cukup besar.

Well, KOL juga bisa dikatakan orang yang dipercaya dan dihormati banyak orang karena punya pengetahuan mendalam mengenai bidang tertentu. Karena pengetahuannya itulah, mereka bisa meningkatkan kepercayaan orang lain terhadap dirinya, guys.

Contohnya, seorang dokter gigi yang me-mention produk perawatan gigi A sangat recommended untuk menjaga kesehatan gigi. Nah, tentu mau nggak mau kita bakal lebih percaya pada apa yang dikaatkan dokter gigi ini ketimbang kalau pendapat yang sama dikatakan orang lain, kan?

Sepenting Apa Peran Key Opinion Leader (KOL) untuk Promosi Bisnis?

Sumber Gambar : socialpubli.com

Eits, jangan salah, Key Opinion Leader (KOL) itu nggak sama dengan influencer, lho, guys. Karena otentisitas atau keaslian mereka di real world juga berbeda. Apabila mereka mengatakan suatu produk itu baik sesuai dengan pengetahuan, pengalaman dan profesinya, maka orang yang mempercayai rekomendasi KOL jauh lebih banyak ketimbang yang diberikan influencer.

Skill yang Dimiliki Key Opinion Leader (KOL) yang Sangat Berpengaruh

Sumber Gambar : healthyeatingclinic.com.au

#1: Profesi atau Pengalaman Khusus

Key Opinion Leader

Sumber Gambar : redcomm.co.id

Seperti yang disebutkan sebelumnya, KOL adalah orang dengan profesi, pengetahuan atau pengalaman khusus di suatu bidang. Malah bisa dikatakan, mereka ahli di bidang tersebut. Biasanya KOL cuma mau berkolaborasi atau kerja sama dengan merek atau produk yang benar-benar relevan dengan profesi atau pengalaman khusus mereka doang.

Mereka akan memberikan alasan logis melalui konten yang masuk akal dan terpercaya berbekal keahlian dan pengetahuan mereka untuk menyebutkan bahwa brand atau produk itu emang benar-benar bisa dipercaya.

#2: Punya Skill Nyata dan Sudah Terbukti

Key Opinion Leader

Sumber Gambar : cgtn.com

Lantaran punya skill nyata dan benar-benar terbukti, nggak heran kalau KOL bisa bikin konten berisi deskripsi suatu produk atau brand dengan lebih baik. Biasanya, nih, konten-konten mereka juga akan disertai pendapat pribadi berdasarkan skill atau pun pengalaman mereka sendiri.

Sebagai contoh, jika ada dua jenis iklan kecap yang bisa membantu siapa pun membuat masakan lebih sedap dan menggugah selera. Iklan yang pertama direkomendasikan artis atau selebgram, sedangkan iklan pertama direkomendasikan chef yang namanya udah populer banget sebagai chef. Iklan mana yang lebih kamu percaya, nih, Genks?

#3: Bisa Meningkatkan Kredibilitas Brand

Sumber Gambar : audioxpress.com

Gimana, berdasarkan penjelasan dari dua poin di atas, sudah bisa kita ambil kesimpulan bahwa suatu brand atau produk yang direkomendasikan oleh orang yang memang menggeluti bidang profesi tersebut, atau seenggaknya punya skill dan pengetahuan yang benar-benar relevan dengan produk yang direkomendasikan, pastinya ulasan mereka jauh lebih meyakinkan.

Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap sosok yang memberikan rekomendasi dengan lebih baik, sangat tinggi. Jadi, kamu sebagai pemilik usaha atau pemilik brand bisa mengajak mereka bekerja sama untuk mempromosikan produk atau brand-mu, sekaligus membantumu meningkatkan kredibilitas perusahaan.

Nah, sekarang waktunya mencari siapa Key Opinion Leader (KOL) yang tepat untuk bisnismu, deh, GenKs.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Hal Penting Buat Diperhatikan Saat Career Shifting ke Digital Marketing

Creativepreneur and Career

Apa Itu 1:1 Meeting Serta Manfaatnya untuk Hubungan dalam Pekerjaan

Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!